Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Susu Ngga Hanya Hewani Saja Lho!

Oleh: Asmaraku Shop | 4 menit membaca


Ada banyak alternatif untuk mengganti susu sapi. Anda bisa mengkonsumsi susu yang terbuat dari kedelai, beras, almond, gandum, atau rami. Lantas, apakah jenis susu tersebut lebih baik dari susu sapi? Nah, itu kembali lagi kepada manfaat yang Anda inginkan. Jika Anda tidak mengkonsumsi daging, maka Anda bisa memilih susu tinggi protein. Namun, apabila Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda bisa memilih jenis susu yang rendah kalori.

Jenis-Jenis Susu Non-Dairy

Terdapat berbagai jenis susu non-dairy yang memiliki perbedaan satu sama lain. Perbedaan ini berasal dari kandungan gizi dan nutrisi didalamnya. Langsung saja, berikut adalah beberapa jenis susu non-dairy:

  • Susu kedelai merupakan alternatif susu tinggi protein yang sebanding dengan susu sapi. Dalam satu cangkir susu kedelai terdapat 8-11 gram protein. Protein kedelai juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan memelihara kesehatan tulang agar tetap kuat. Jumlah konsumsi susu kedelai yang disarankan adalah tidak lebih dari 3 cangkir sehari.
  • Susu rami mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik. Satu porsi susu rami diklaim dapat menyediakan asupan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah ini 4 kali lebih banyak dari kandungan asam lemak omega-3 di susu kedelai dan 6 kali lebih banyak dari susu sapi. Namun, susu rami tidak termasuk jenis susu tinggi protein.
  • Susu almond adalah susu rendah kalori. Kandungan gula dan kalori pada susu almond lebih rendah dibanding jenis susu lainnya. Susu almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang biasa terdapat dalam minyak zaitun. Jenis susu ini termasuk susu yang rendah protein.
  • Susu gandum menawarkan sejumlah serat dan kandungan protein yang sedang, sekitar 4 gram protein per cangkir. Namun, jenis susu ini memiliki kandungan kalori dan gula sedikit lebih tinggi dibanding susu lainnya.
  • Susu beras adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki alergi terhadap semua jenis produk susu. Kandungan protein dalam susu beras rendah. Jenis susu ini juga cenderung lebih tinggi kalori dan gula.

Apa Susu Non-Dairy yang Tepat?

Kami menyarankan untuk menjaga konsumsi gula Anda ketika minum susu. Produk susu yang baik ialah mengandung gula di bawah 12 gram dan natrium di bawah 100 miligram. Secara keseluruhan, susu kedelai dan susu rami menawarkan manfaat gizi yang cukup besar dalam hal protein dan asam lemak omega-3. Disamping itu, susu almond juga merupakan opsi yang patut untuk dipertimbangkan. Susu gandum memang tinggi gula dan kalori, tetapi jenis susu ini kaya akan serat dan protein. Di urutan terakhir, ada susu beras yang tidak mengandung protein dan serat, serta susu beras termasuk dalam jenis susu yang tinggi gula dan kalori.

Bagaimana dengan Kandungan Kalsium dan Vitamin D?

Seperti yang kita ketahui, susu sapi memang menyediakan asupan kasium dan vitamin D, sementara itu susu non-dairy belum tentu menyediakan kalsium dan vitamin D. Nah, oleh karena itu sebelum membeli produk susu non-dairy pastikan untuk selalu membaca label informasi nilai gizi yang tertera di luar kemasan. Sebaiknya pilih produk susu non-dairy yang mengandung kalsium dan vitamin D.

Susu Non-Dairy Bisa Tinggi Gula dan Sodium

Beberapa produk susu tinggi protein atau non-dairy menambahkan banyak gula dan garam untuk memperkuat rasa. Hal ini mengubah susu menjadi seperti makanan penutup yang kuran sehat. Solusinya, pilih produk susu tanpa rasa. Hindari penambahan gula pada susu yang hendak dikonsumsi.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, produk susu yang baik tidak mengandung gula lebih dari 12 gram dan natrium tidak lebih dari 100 miligram.

Apa Jenis Susu Non-Dairy yang Memiliki Rasa Paling Nikmat?

Jawaban dari pertanyaan ini kembali lagi pada selera masing-masing orang. Namun, kini susu almond dianggap sebagai susu yang paling populer yang memiliki rasa lezat. Disamping itu, susu gandum dan susu kedelai juga cukup tenar, karena menawarkan rasa yang khas dan nikmat.

Cara Menikmati Susu Non-Dairy

Ada banyak cara untuk menikmati susu non-dairy sesuai selera. Ada seseorang yang gemar meminum langsung susu beras, tetapi kerap kali mencampurkan susu kedelai dengan serealnya. Namun, menurut kami cara yang tepat menikmati susu non-dairy adalah mendinginkannya dalam lemari es lalu meminumnya langsung. Nah, bagaimana cara Anda menikmati susu tinggi protein?

 

Artikel Terkait

Tips Memilih Susu Penambah Berat Badan

10 Menit Menuju Perut Sixpack



Sebelumnya: Ini Dia Manfaat Pakai Korset Pelangsing untuk Tubuh Anda


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli kategori_kesehatan, Beli Kesehatan

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com