FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

5 Tips Puasa Sehat Menurut Ahli Gizi

Agar puasa berjalan lancar, kondisi tubuh haruslah selalu dalam keaadaan prima. Untuk mencapai hal itu tentu dibutuhkan asupan makanan yang sehat dan sesuai kebutuhan tubuh.

5 Tips Puasa Sehat Menurut Ahli Gizi

KETIKA berpuasa selama kurang lebih 14 jam, organ-organ tubuh pun ikut beristirahat. Secara tak sadar, tubuh secara alamiah melakukan detoksifikasi atau membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh.

Hasilnya, setelah menjalani ibadah puasa kulit terlihat lebih bersih, tekanan darah dan gula darah menurun, serta fungsi organ menjadi lebih baik. Untuk mengoptimalkan proses tersebut, beberapa ahli gizi menyarankan untuk memperbanyak asupan makanan sehat ketika sahur maupun berbuka puasa.

Kebanyakan dari Anda mungkin akan meraih piring untuk langsung makan berat begitu waktunya buka puasa. Tapi, tahukah Anda apabila langsung makan berat setelah berjam-jam berpuasa, malah akan membuat sistem pencernaan “kaget” bahkan mengalami sakit perut?

Nah, untuk menjaga agar tubuh Anda tetap sehat selama puasa, yuk simak tips berpuasa yang sehat menurut beberapa ahli gizi, check this out!

1. Konsumsi Makanan Sehat

Setelah seharian berpuasa, makanan utama setelah sholat tarawih sebaiknya dengan komposisi nutrisi yang lengkap dan seimbang antara protein, karbohidrat dan lemak.

Jangan lupa juga mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya mineral, serat dan juga suplemen kesehatan untuk menjaga sistem pencernaan tubuh Anda saat berpuasa.

Nah, tips berpuasa yang paling penting yakni memperhatikan cara pengolahan makanan yang baik agar nutrisi yang terkandung pada makanan dapat diperoleh tubuh secara maksimal.

Hindari makanan cepat saji atau makanan yang sudah dimasak terlalu lama karena bisa saja kandungan vitamin dalam makanan tersebut sudah hilang selama proses pengolahan. 

 

 Wellness Multivitamin/Mineral 2-A-Day, Rp 490.000,- ; Beli di sini

2. Porsi Makanan Sesuai Kebutuhan Tubuh

Tips berpuasa selanjutnya adalah tak sekedar memilih makanan yang praktis dan mengenyangkan saja.

Sangat dianjurkan untuk memilih makanan yang tidak menyebabkan tubuh mudah lapar, contohnya Anda bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk menu sahur.

Hindari juga makanan seperti mie instan, olahan, makanan kaleng, gorengan dan makanan pedas. Untuk komposisi makan saat sahur, sebenarnya sama seperti pola makan setelah sholat maghrib. Yang membedakan ada pada porsi sayurannya.

Sebaiknya ketika makan sahur porsi sayuran sedikit ditingkatkan agar serat yang diterima oleh tubuh lebih banyak. Hal ini dapat memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Olahraga Ringan

Olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh, antara lain menjaga tubuh sehat dan bugar. Karena itu maka tak heran banyak orang yang tetap melakukan olahraga saat puasa untuk menjaga kondisi tubuhnya di bulan Ramadhan.

Melakukan olahraga saat puasa secara rutin bisa membuat tubuh tetap segar untuk menjalani aktivitas harian Anda, meskipun porsi olahraganya tentu berbeda dari yang biasanya ketika tidak sedang puasa.

Cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda pagi atau sore hari selama 30 menit atau ngabuburit jalan kaki menjelang buka puasa. Tidak disarankan untuk mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi, ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya karena keadaan perut yang kosong.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Selama Puasa

4. Konsultasi ke Dokter Sebelum Berpuasa

Mungkin beberapa orang diperbolehkan untuk tidak menjalani puasa apabila mereka sedang sakit, berusia lanjut, menyusui atau sedang hamil. Apabila Anda mengalami kondisi ini, tapi merasa mampu untuk tetap berpuasa, jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter.

Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kesehatan yang mungkin bisa muncul apabila Anda tetap berpuasa. Tanyakan juga apakah ada larangan makanan tertentu agar dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar.

Jangan lupa tanyakan juga apakah Anda perlu untuk mengonsumsi suplemen kesehatan tambahan guna menjaga kondisi tubuh saat berpuasa tetap sehat.

 

 Kinohimitsu J'pan D'Tox Juice Plum Detox, Rp 149.200,- ; Beli di sini

5. Jangan Melewatkan Sahur

Kegiatan sahur sama halnya dengan sarapan yang menjadi waktu makan terpenting dalam sehari. Sahur sangat diperlukan dan jangan sampai dilewatkan selama Anda menjalani ibadah puasa.

Melewatkan waktu sahur sama saja memperpanjang waktu puasa Anda, sehingga tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak. Akibatnya tubuh akan mudah lelah dan Anda akan mengalami dehidrasi yang begitu tinggi.

Umumnya, orang yang melewatkan kegiatan ini dikarenakan makan berlebihan saat berbuka puasa. Maka dari itu, makanlah sesuai kebutuhan tubuh Anda, dan ingat berhentilah makan sebelum kenyang.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi