FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

5 Tips Aman Bulan Madu Saat Hamil

Setiap ibu hamil memang diharuskan untuk selalu rileks dan bahagia agar janin di dalamnya mendapat energi positif. Untuk mewujudkannya, berlibur atau babymoon bisa jadi cara yang tepat. Namun jangan lengah, berlibur saat hamil butuh perhatian ekstra agar tetap aman. 

5 Tips Aman Bulan Madu Saat Hamil

ANDA mungkin sering melihat foto-foto pasangan yang sedang bulan madu saat hamil di sosial media. Ya, belakangan ini bulan madu saat hamil atau yang dikenal dengan istilah babymoon memang sedang tren di kalangan masyarakat.

Babymoon merupakan waktu bagi pasangan untuk menikmati waktu berdua sebelum kelahiran bayi kecil di tengah-tengah kehidupan mereka. Tentunya ini bisa menjadi suatu kegiatan yang baik dan bermanfaat bagi ibu hamil.

Walaupun babymoon sangat bermanfaat, namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum pergi agar kehamilan tetap sehat meski sedang berada dalam perjalanan jauh.

Jangan sampai karena terlalu bersemangat melakukan babymoon justru kegiatan ini membuat kesehatan Anda menurun. Jika ingin melakukan babymoon, ada baiknya Anda mengikuti tips-tips aman bulan madu saat hamil berikut ini:

1. Mendapat izin dari dokter sebelum pergi

Hal pertama yang harus Anda miliki sebelum melakukan perjalanan romantis dengan pasangan saat hamil adalah izin dari dokter. Hal ini sangat penting mengingat dokter mengetahui betul keadaan Anda baik atau tidak untuk melakukan perjalanan jauh.

Jangan pernah menganggap remeh hal ini dan nekat berlibur tanpa izin dari dokter ya. Sebab Anda tidak akan bisa mengetahui apa yang mungkin terjadi dalam perjalanan.

Berliburlah dengan izin dari dokter kandungan agar Anda bisa menikmati perjalanan secara tenang dan menyenangkan. Jangan sampai Anda merepotkan orang lain karena memaksakan pergi saat hamil.

Sementara itu waktu yang paling nyaman untuk bulan madu saat hamil adalah ketika trimester kedua. Pada saat itu, mual yang Anda rasakan di trimester pertama sudah hilang. Itu tandanya Anda dan pasangan akan bisa menikmati liburan seru dengan nyaman dan aman.

Pulo Cinta The Secret Island, Rp 3.810.000,- ; Beli di sini

2. Cari tempat berlibur yang nyaman, aman, dan minimalkan waktu bepergian

Sepakatilah liburan Anda dengan baik bersama pasangan. Mulai dari pemilihan tempat hingga akomodasi. Karena kondisi Anda sedang hamil, ada baiknya pilih tempat yang dekat-dekat saja, seperti tempat wisata di dalam negeri mungkin sudah cukup.

Lagipula, akan tidak nyaman jika Anda berada di dalam pesawat, kereta, atau mobil dalam waktu yang cukup lama. Jangan lupa juga hindari mengunjungi tempat yang berbahaya bagi ibu hamil, seperti tempat dengan wabah virus tertentu.

Jika anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, cobalah untuk mengkonsultasikan diri ke dokter apakah butuh melakukan vaksinasi atau tidak. Serta, pastikan juga untuk tidak terlalu lama transit selama di perjalanan atau waktu bepergian naik mobil lebih dari 10 jam.

3. Pastikan fasilitas kesehatan di tempat liburan Anda mudah dijangkau

Setelah menentukan tempat liburan seru yang ingin dikunjungi, cobalah untuk mencari tahu rumah sakit atau dokter kandungan terdekat di sana.Catatlah nama rumah sakit, alamat, dan info kontak rumah sakit.

Hal ini untuk berjaga-jaga jika ada suatu hal yang tidak diinginkan terjadi saat Anda berlibur bersama pasangan. Jangan sampai perjalanan romantis berubah menjadi malapetaka, karena Anda tidak tahu harus memeriksakan diri kemana.

Baca juga: Pentingkah Melakukan Babymoon?

4. Periksa pembatasan yang ada sebelum bepergian

Sebelum mengambil moda transportasi, sebaiknya periksa dulu persyaratan bagi ibu hamil, khususnya untuk pesawat terbang atau kapal pesiar. Sebab, setiap maskapai dan kapal tentu memiliki peraturan yang berbeda-beda.

Jika Anda bepergian dengan pesawat, maka periksalah maskapai yang digunakan untuk memastikan bahwa ibu hamil boleh naik pesawat tersebut. Kebanyakan dokter mengatakan aman-aman saja bagi ibu hamil untuk naik pesawat hingga usia kandungan 36 minggu.

Tetapi penerbangan memiliki berbagai pembatasan, termasuk kebijakan yang berbeda untuk perjalanan domestik dan internasional. Jalur pelayaran juga memiliki batasan.

Cari tahu informasi mengenai hal ini sebelum melakukan pemesanan tiket. Jangan sampai anda sudah membeli tiket namun persyaratan tak bisa dipenuhi.

Jambuwuluk Oceano Gili Trawangan, Rp 2.334.000,- ; Beli di sini

5. Ketahui dengan benar tips aman bepergian menggunakan mobil

Jika bepergian menggunakan mobil, pastikan memasang sabuk pengaman dengan benar, yaitu tepat pada tulang bahu, pinggul, dan perut bagian bawah. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi rem mendadak agar perut Anda terlindungi dengan baik.

Selama perjalanan, pastikan juga mobil berhenti setiap 2 jam agar Anda bisa bergerak dan merileksasikan tubuh. Hal ini dilakukan agar sirkulasi darah tetap lancar dan tidak terjadi pembekuan darah.

Luruskan kaki dan keluarlah dari mobil secara perlahan, agar terhindar dari kram perut. Jangan lupa hirup udara segar sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Sediakan stok makanan dan minuman yang cukup di mobil, jangan sampai Anda kelaparan atau kekurangan cairan.


Walaupun sedang berlibur, tetaplah perhatikan makanan yang Anda santap ya. Pilihlah tempat makan yang terjamin kebersihan dan aman bagi ibu hamil. Hindari konsumsi makanan mentah, seperti shushi, telur setengah matang, kerang mentah, dan lain-lain.

Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang saat liburan. Serta, jangan lupa selalu banyak minum air. Selamat menikmati babymoon!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi