Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE ONGKIR 11-30 November, tanpa minimum order khusus Jawa & Bali.

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

5 Tanda Hormon Anda Bergejolak Dalam Tubuh Anda

Sebagai wanita, hormon kita menentukan kita. Tahukah Anda bahwa dari masa remaja sampai menopause, irama hormon kita dapat menentukan suasana hati, energi, kecantikan, dan perasaan sehat secara umum. Namun ternyata, peran hormon dalam kesehatan wanita sering dilupakan dan kita, sebagai wanita, sering kali merasa bingung dengan apa yang sedang terjadi dalam tubuh kita.

5 Tanda Hormon Anda Bergejolak Dalam Tubuh Anda

SEBELUM Anda mengira bahwa kesehatan berikut ini sebagai bagian kehidupan normal yang tidak menguntungkan, mulailah perhatikan dan pertimbangkan bahwa mereka bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda mengalami masalah hormon.

Kelelahan

Dengan kehidupan yang menuntut kita untuk menjadi serba cepat, rasa lelah seakan menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Namun rasa lelah ini juga bisa terjadi karena adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh Anda.

Wanita menggambarkan kelelahan dengan berbagai cara. "Saya tidak bisa terbangun dari tempat tidur pada pagi hari," atau "Saya merasa kelelahan pada sore hari," adalah keluhan umum yang sering kali terjadi.

Intinya, jika Anda merasakan perubahan tingkat energi Anda, jangan mengabaikannya. Periksakanlah kadar hormon Anda. Hormon estrogen, tiroid, insulin, progesteron, dan adrenal Anda semuanya memiliki peranan untuk membuat tubuh merasa lelah.

Baca juga : 8 Alasan Mengapa Anda Kurang Berenergi

Insomnia

Bagi sebagian orang, kelelahan berkaitan dengan perubahan pola tidur. Hormon juga berperan dalam mengatur pola tidur dan banyak wanita mengalami gangguan tidur karena perubahan tingkat hormon.

Rendahnya tingkat hormon progesteron biasanya dapat memicu terbangunnya Anda di tengah malam, sedangkan rendahnya kadar hormon estrogen dapat menyebabkan keringat berlebihan di malam hari dan hot flash atau rasa panas yang dirasakan tubuh.

Jadi, jika di suatu malam Anda menghitung terlalu banyak domba, bisa saja ini merupakan tanda bahwa sekarang saatnya untuk mengevaluasi dan mengatasi masalah hormon yang Anda alami!

Baca juga : Apa Itu Insomnia dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mudah Marah (Tersinggung)

Jika orang di sekitar Anda memerhatikan perubahan mood Anda, mungkin pemicu mudahnya Anda merasa tersinggung bukan lah sekedar hari yang berat di tempat kerja atau jalan yang macet, namun bisa saja karena masalah hormon di dalam tubuh Anda.

Banyak wanita melihat perubahan dalam mood mereka yang berkorelasi langsung dengan titik-titik tertentu dalam siklus haid mereka. 

Tangisan dan rasa kesal pramenstruasi tidak harus membuat Anda merasa cemas atau bahkan depresi bila masalah hormon dalam tubuh Anda dapat teratasi dengan baik.

Rambut Rontok

Tahukah Anda bahwa rambut ternyata dapat menandakan apa yang terjadi pada hormon dalam tubuh Ada.

Mungkin Anda sering mengalami rambut rontok dan tidak mengetahui apa penyebab rambut rontok. Perubahan kerapatan rambut atau tekstur, seiring dengan rambut rontok, merupakan indikator adanya gangguan hormon dalam tubuh.

Penipisan pada mahkota rambut bisa menjadi pertanda gangguan tiroid, sementara penipisan di daerah pelipis sering kali berasal dari kadar progesteron atau estrogen rendah.

Jika Anda memerhatikan setiap helai rambut semakin tipis, maka mungkin Anda memiliki terlalu banyak androgen, atau hormon DHT dalam tubuh Anda. Penyebab rambut rontok itulah yang sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang.

Baca juga : Jangan Remehkan Rambut Rontok

Bertambahnya Berat Badan

Sebagian wanita mungkin sangat memerhatikan berat badan mereka, perubahan berat secara mendadak merupakan tanda penting lain dari ketidakseimbangan hormon.

Berat badan di perut atau lengan bisa menjadi pertanda resistensi insulin. Keberatan di payudara sering dihubungkan dengan kadar estrogen dan berat di pinggul dan paha yang mungkin terkait dengan tiroid Anda.

Mempelajari hubungan hormon dengan kesehatan dapat membantu Anda untuk tetap bersemangat, energik, dan sehat. Jika Anda menderita salah satu gejala ini, sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter Anda dan dapatkan peningkatan hormon yang baik.

Nah, itu dia 5 tanda tubuh mengalami masalah pada hormon. Jadi, mulai sekarang jangan pernah mengabaikan apapun yang terjadi di dalam tubuh Anda. Perhatikan setiap hormon yang ada di dalam tubuh, seperti hormon estrogen, tiroid, dan yang lainnya. Jaga keseimbangan hormon agar tubuh tetap bisa beraktivitas dengan normal.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi