We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

5 Langkah Atasi Gejala Menopause Secara Alami

Sepanjang hidupnya, wanita selalu mengalami perubahan yang diakibatkan oleh tingkat hormon. Mulai dari menstruasi saat remaja hingga akhirnya mengalami menopause. 

5 Langkah Atasi Gejala Menopause Secara Alami

MENOPAUSE merupakan kondisi alami yang akan terjadi pada tiap wanita berusia 40 tahun ke atas. Secara umum, menopause merupakan kondisi dimana produksi hormon progesteron pada wanita semakin sedikit. Seiring dengan hal tersebut, menstruasi yang dialami para wanita perlahan akan berhenti.

Selain hormon progesteron, pada saat wanita memasuki masa menopause, hormon estrogen dan testosteron dalam darah juga akan menurun. Sementara itu, jika dilihat melalui ciri eksternal, sebagian besar wanita yang akan mengalami menopause biasanya mengalami beberapa gejala tertentu seperti:

  • Risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Karena penurunan kadar estrogen yang menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunnya kadar kolesterol baik (HDL)
  • Menurun atau hilangnya gairah seksual
  • Gejala psikis dan emosional, seperti mudah tersinggung, perubahan mood secara tiba-tiba, gangguan tidur (insomnia) dan perasaan gelisah
  • Hilangnya kendali terhadap kandung kemih
  • Menstruasi tidak teratur dan mengalami nyeri pada area sendi
  • Vagina menjadi kering karena penipisan jaringan pada dinding vagina, sehingga ketika melakukan hubungan seksual bisa timbul rasa nyeri
  • Sering merasa lelah dan kepanasan

Gejala-gejala yang bisa timbul seperti di atas tentu sedikit banyak menggangu aktivitas para wanita. Terutama bagi kaum ibu yang masih memiliki segudang aktivitas seperti bekerja, serta mengurus rumah tangga dan anak. Padatnya aktivitas akhirnya membuat mereka tidak mengindahkan gejala menopause yang timbul. 

Baca juga: Kenali Gejala Menopause Dini

Padahal selama masa menjelang menopause, para wanita harus memperhatikan dirinya agar bisa mengatasi perubahan yang terjadi dengan baik. Bagi Anda para wanita yang sedang menuju masa menopause, berikut telah kami rangkum 5 cara mengatasi gejala menopause secara alami. 

1. Asupan Makanan yang Sehat

Cara mengatasi menopause yang paling utama adalah dengan memilih makanan yang sehat bagi tubuh Anda, karena asupan makanan yang baik adalah obat yang paling efektif.

Makanlah makanan dengan keseimbangan lemak baik seperti minyak zaitun dan alpukat serta mengandung karbohidrat kompleks macam sayuran, biji-bijian serta buah. Tidak hanya itu, baiknya Anda mengonsumsi makanan dengan protein tanpa lemak di setiap sarapan pagi. Selain itu, cobalah untuk makan tiga kali sehari dengan dua atau lebih makanan ringan yang sehat agar kadar gula darah tetap stabil.

Dapatkan Mustika Ratu Pre-Meno Care Kaplet dengan harga Rp 33.400,- Beli di sini

2. Mengkonsumsi Obat Herbal

Wanita seringkali tidak menyadari manfaat obat menopause tradisional yang dapat mengatasi gejala menopause. Tanaman-tanaman yang berasal dari herbal dapat beradaptasi dengan kebutuhan tubuh Anda karena memiliki molekul yang spesifik dengan hormon yang dimiliki wanita.

Meminum obat tradisional dapat mendorong produksi hormon maupun memperlambatnya, bahkan dapat meniru hormon alami Anda, tergantung kebutuhan tubuh. Pilihlah obat menopause tradisional yang spesifik untuk mengatasi gejala menopause.

3. Olahraga

Berolahraga dapat mengurangi lemak yang menganggu hormon estrogen dan progesteron Anda. Selama pre-menopause dan menopause, biasanya wanita mengalami pertambahan bobot berat badan. Sayangnya, lemak yang ada pada tubuh Anda justru malah menghasilkan estrogen yang bisa menciptakan lebih banyak lemak dan ketidakseimbangan hormon.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi tubuh Anda menghasilkan lemak berlebih adalah berolahraga. Anda bisa berjalan, menari, yoga, berenang maupun bersepeda santai. Pilihlah aktivitas olahraga yang sangat disukai dan mudah dilakukan agar Anda selalu bersemangat dalam menggerakan tubuh. 

Dapatkan Sea Quill Woman Multiplus Tablet dengan harga Rp 515.000,- Beli di sini

4. Tenangkan Pikiran dari Hal-Hal yang Membuat Stres

Keadaan tenang atau tidak stres adalah hal yang harus dilakukan bagi wanita menopause. Karena stres akan menambahkan hormon neurotransmitter yang dapat mempengaruhi mood serta fungsi kognitif.

Terlalu banyak pikiran akan membuat Anda stres dan juga berkaitan dengan hot flashes dan menurunnya gairah seksual Anda. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi tingkat stres adalah berhenti berpikir sesuatu yang tidak-tidak/ overthinking adalah dan lakukan pernapasan dalam (tarik napas melalui hidung, kemudian dilepaskan perlahan lewat mulut).

Baca juga: Seks Setelah Menopause

5. Memahami Kesehatan Emosional

Cara mengatasi menopause yang paling sulit dilakukan oleh sebagian orang adalah dengan memahami kesehatan emosional. Padahal kesehatan emosional diri sendiri akan membantu Anda tetap sehat secara fisik. Selain itu sadarilah bawah pikiran dan perasaan yang sehat memiliki dampak dramatis pada kesehatan Anda.

Cobalah membuat catatan harian rutinitas yang benar-benar Anda rasakan, sehingga dapat mengidentifikasi pola perasaan atau reaksi terhadap sesuatu dalam satu hari tersebut. Melalui catatan tersebut, Anda dapat melakukan evaluasi dan belajar mengontrol diri sendiri. Lakukan hal-hal positif yang Anda sukai, kemudian cobalah mengulanginya beberapa kali dalam periode tertentu.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi