Advertisement
Advertisement

5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Ketika mengandung segala pergerakan memang terbatas dan tidak bisa sebebas dulu. Tapi karena hal itu bukan berarti Anda harus terus tidur. Perlu latihan khusus agar tubuh tetap bugar serta persalinan lebih lancar nantinya. 

5 Jenis Latihan yang Aman untuk Ibu Hamil

SAAT hamil, banyak wanita yang takut untuk melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan kandungannya. Padahal, ibu hamil tetap harus berolahraga agar persalinan normalnya lebih mudah dan lancar.

Ketika hasil alat tes kehamilan menunjukkan hasil yang positif, mulailah untuk memikirkan beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil. Asalkan gerakannya tepat, olahraga tidak akan mengganggu kesehatan janin Anda.

Cara bugar saat hamil adalah dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Berikut ada beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa Anda coba melalui 5 jenis olahraga aman ini:

1. Tetap Bergerak

Jangan jadikan kehamilan Anda sebagai alasan untuk terus bermalas-malasan di atas tempat tidur. Cobalah untuk tetap bergerak sebagai cara bugar saat hamil. Sebab calon ibu yang rajin berolahraga memiliki risiko sakit punggung lebih kecil dibanding mereka yang tidak. 

Tidak hanya itu, olahraga juga dapat menjaga stamina saat persalinan dan pasca bersalin sehingga tubuh Anda tidak terlalu lelah dan tetap bisa bugar setelah melahirkan. 

Lalu, adakah olahraga untuk ibu hamil yang bisa dilakukan di rumah? Tentu saja ada. Lakukan saja pekerjaan rumah tangga, tapi hindari aktivitas angkat berat atau aktivitas yang terlalu melelahkan. 

Herbilogy Fenugreek Extract Powder, Rp 89.000,- ; Beli di sini

2. Plié


Saat alat tes kehamilan menunjukan hail positif, Anda tentu ingin melakukan yang terbaik bagi janin agar selalu sehat saat dilahirkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan berolahraga.

Olahraga saat hamil yang bisa Anda lakukan adalah plié. Gerakan ini mengharuskan Anda berdiri di samping sebuah kursi yang kokoh. Tangan yang paling dekat dengan kursi harus bertumpu pada kursi tersebut.

Setelah itu, buka lebar kaki Anda lalu tekuk lutut. Dalam melakukan gerakan ini pastikan punggung tetap lurus. Plié dapat memperkuat quadriceps, paha belakang, dan pantat.

3. Side-Lying Inner dan Outer Thigh

Olahraga selanjutnya yang bisa dilakukan untuk ibu hamil adalah side-lying inner dan outer thigh.

Untuk melakukannya, berbaringlah menghadap ke kanan, lalu kepala bertumpu oleh lengan bawah.

Selanjutnya, tekuk kaki kanan sebesar 45 derajat, sedangkan kaki kiri lurus. Tempatkan tangan kiri untuk menjaga stabilitas, lalu angkat kaki kiri ke atas dan ulangi sebanyak yang Anda mampu.

Gerakan ini dapat memperkuat paha bagian dalam agar tidak mudah sakit ketika kehamilan mulai membesar.

4. Plank

Gerakan plank dapat melatih kekuatan lengan dan punggung.Banyak wanita hamil menyangsikan olahraga plank. Padahal, plank juga termasuk salah satu olahraga untuk ibu hamil yang aman.

Jika Anda ingin melakukan gerakan ini, tengkuraplah dan tumpukan badan pada kedua lengan Anda yang berada tepat di bawah bahu. 

Angkat lutut dan luruskan kaki Anda ke belakang seperti hendak melakukan push up. Pastikan kaki dan punggung Anda lurus, lalu tahan napas dan hembuskan kembali napas hingga berkali-kali.

Sebagai variasi, jika merasa cukup kuat, Anda bisa menggerakan kaki ke kanan dan kiri secara bergantian selama beberapa kali. Tapi ingat jangan memaksakan jika Anda tidak kuat ya. 

5. Curl and Lift

Yang satu ini adalah cara bugar saat hamil yang paling aman, yakni curl and lift. Untuk melakukannya, duduk di tepi kursi yang kokoh dengan punggung tegak (tidak bersandar ke kursi).

Kemudian setelah posisi dirasa benar, pegang beban yang tidak terlalu berat di masing-masing kedua tangan Anda. Tekuk siku dan lengan hingga membentuk sudut 90 derajat.

Turunkan lengan Anda ke samping, lalu luruskan kembali ke posisi awal. Olahraga ini bermanfaat untuk memperkuat bisep dan bahu.

Jamu Ibu Tjipto Jamu Habis Bersalin Lengkap, Rp 267.000,- ; Beli di sini

6. One-Arm Row

Gunakan kursi yang kokoh, letakkan lutut kanan di kursi, sedangkan kaki kiri di lantai. Tekuk ke depan dan buat posisi kembali sejajar dengan lantai, jangan lupa untuk turut meletakkan tangan kanan Anda di kursi.

Pegang seberat 5-8 pon di tangan kiri Anda, panjangkan lengan ke bawah agar sejajar dengan bahu Anda, telapak tangan menghadap ke dalam.

 

Jadi, bagi wanita hamil tidak perlu khawatir untuk melakukan olahraga. Jika Anda melakukan olahraga untuk ibu hamil yang dijamin aman, aktivitas tersebut tidak akan memperburuk kondisi Anda.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi