FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

5 Hormon Kesenangan dan Cara Alami Meningkatkannya

Banyak hal di luar sana yang dapat membuat Anda senang. Akan tetapi, sebetulnya kesenangan terdapat di dalam diri Anda sendiri. Literally. Tidak percaya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

SEBUAH penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science pada 2008 menemukan bahwa gen-gen tertentu yang diwariskan keluarga berpotensi menyumbang 50% dari kebahagiaan kita.

Tetapi, karena berbagai faktor, tingkat suasana hati tidak selalu berada di titik teratas. Suasana hati Anda fluktuatif, bisa saja naik atau turun sewaktu-waktu. Meski demikian, bahkan bila suasana hati Anda cenderung turun secara alami, Anda tetap bisa membuat pilihan-pilihan hidup yang menyenangkan.

Berkat hormon dan neurotransmiter yang mengatur perasaan bahagia di dalam tubuh, hormon rasa senang pada manusia ini juga dapat dipengaruhi gaya hidup masing-masing orang.

Macam-macam Hormon Rasa Senang

Berikut adalah beberapa hormon penyebab senang dan bagaimana cara untuk meningkatkannya. Namun, jika Anda kerap mengalami perasaan tidak bahagia secara terus menerus, temui dokter atau ahli terapi kejiwaan Anda.

1. Dopamin

Hormon rasa senang pada manusia ini merupakan neurotransmitter yang mengendalikan sistem "penghargaan" di dalam otak Anda. Misalnya, ketika Anda dipuji oleh seseorang atau atasan, senyawa dopamin akan dipompa sehingga menghasilkan perasaan nyaman dan bahagia.

Hormon ini juga mendorong Anda untuk mencari kebahagiaan. Untuk meningkatkan produksi hormon ini, cobalah untuk menyusun tujuan hidup yang sederhana atau realistis.

Anda bisa mulai dengan merapikan meja kerja Anda agar lebih rapi, atau mengatur jadwal kerja Anda dan berusaha mencapai targetnya. Dijamin, Anda akan merasa jauh lebih senang, nyaman dan sehat untuk menjalani rutinitas dengan pikiran lebih positif.

2. Serotonin

Neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati ini terkenal dengan antidepresan SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitor), yang meningkatkan kadar serotonin otak. Cara paling efektif dan alami untuk meningkatkan serotonin adalah dengan berolahraga setiap hari.

Inilah mengapa suasana hati Anda akan menjadi lebih nyaman dan senang setelah melakukan latihan seperti jogging atau jalan cepat. Hanya butuh 10 menit setiap hari untuk berjalan-jalan atau jogging, Anda sudah bisa meningkatkan mood Anda.

3. Oksitosin

Oksitosin sering disebut sebagai "hormon cinta". Para peneliti dari Claremont University di California telah melakukan penelitian komprehensif tentang dampak oksitosin terhadap wanita.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari relasi antara pelepasan oksitosin dengan tingkat kepuasan hidup. Hasilnya, hormon oksitosin berpotensi besar dalam memainkan peranan fisiologi dan kebahagiaan wanita dibandingkan dengan pria.

Hanya dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama orang terkasih, teman atau keluarga, sudah dapat menghasilkan hormon oksitosin yang cukup. Mudah dan menyenangkan, bukan?

4. Estrogen

Hormon penyebab senang ini membantu membentuk serotonin dan melindungi Anda dari perasaan lekas marah, cemas, dan menjaga mood Anda tetap stabil. Sayangnya, hormon estrogen akan berkurang ketika menopause, dan faktor gaya hidup seperti merokok atau olahraga ekstrem juga bisa membuat produksinya menurun.

Ketidakseimbangan estrogen/progesteron pada wanita di masa perimenopause juga dapat memengaruhi suasana hati secara negatif. Manajemen stres dapat menyeimbangkannya, karena hormon stres, seperti kortisol dapat mengganggu kinerja hormon kebahagiaan.

5. Progesteron

Hormon yang satu ini bermanfaat untuk membantu tidur nyenyak dan mencegah kecemasan, lekas marah, dan perubahan suasana hati. Kadar hormon bahagia ini menurun ketika wanita memasuki perimenopause setelah usia 35 atau 40 tahun.

Sedihnya lagi, penurunan hormon ini dipercepat oleh stres berlebihan dan makanan yang tidak sehat.

Pakar medis, Dr. Sara Gottfried, penulis The Hormone Cure, mengatakan merawat diri sendiri dan makan dengan benar adalah bentuk pertahanan pertama Anda untuk menyeimbangkan hormon sebelum mencoba terapi penggantian hormon, termasuk progesteron bio-estrogen dan estrogen.

Temuilah dokter Anda untuk memastikan kondisi dan perawatan hormon terbaik untuk Anda.

Cara alami untuk meningkatkan hormon bahagia Anda

1. Musik

Mendengarkan musik adalah cara yang luar biasa ampuh untuk mendapatkan lonjakan dopamin. Dalam sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan di Nature Neuroscience, peneliti McGill University melaporkan bahwa mendengarkan musik yang Anda sukai dapat menciptakan perasaan senang dalam sekejap.

2. Makanan karbohidrat

Karbohidrat mampu meningkatkan kadar serotonin, yang cukup menjelaskan mengapa kita menginginkan makanan manis dan berkarbohidrat ketika kita merasa sedih.

Cara terbaik meningkatkan mood dengan meminimalisir dampak negatif makanan manis adalah dengan memilih sumber karbohidrat yang sehat dan berserat tinggi seperti roti gandum atau quinoa (oat).

Baca juga: 5 Karbohidrat Sehat yang Harus Anda Konsumsi

3. Habiskan waktu bersama orang-orang terkasih

Peningkatan oksitosin bisa didapat dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menghabiskan waktu dengan pasangan Anda, anak-anak Anda, keluarga, teman, atau bahkan hewan peliharaan Anda, dibandingkan terus berkutat dengan pekerjaan.

Baca juga: 12 Langkah Menjaga Hubungan Agar Tetap Harmonis dan Mesra

4. Hilangkan stres

Tingkatkan estrogen dengan aktivitas yang meminimalisir stres seperti yoga, meditasi, berendam di air hangat, atau apa pun yang efektif untuk menenangkan diri Anda.

Jangan lupa makan dengan baik dan hindari lemak jenuh dan gula. Rajinlah berolahraga atau melatih fisik secara teratur untuk menghindari stres.

Baca juga: Kerjaan Bikin Stress? 7 Manfaat Lilin Aromaterapi ini Buat Anda Rileks

Yang terpenting adalah, saat Anda berusaha membuat diri Anda tenang dan senang, ingatkan pada diri sendiri bahwa Anda layak mendapatkan kebahagiaan karena itu adalah hak setiap orang.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi