Pre-Order Bunga Hari Ibu: 14 - 21 Desember | Limited Slot!
Advertisement
Advertisement

5 Gunung di Bali yang Bisa Dijelajahi Untuk Bulan Madu

Dalam menghabiskan waktu bulan madu romantis, kebanyakan pasangan akan memilih resort nyaman serta pantai sebagai destinasi. Padahal selain itu, masih banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk mengisi bulan madu, salah satunya dengan mendaki gunung. 

5 Gunung di Bali yang Bisa Dijelajahi Untuk Bulan Madu

 

MENGHABISKAN waktu bulan madu di hotel atau pulau dengan deretan pantai yang indah dan romantis rasanya sudah terlalu mainstream. Selain biasa, kegiatan tersebut juga banyak dipilih pasangan lain sehingga bukan tidak mungkin lokasi yang akan Anda kunjungi penuh dengan orang yang ingin bulan madu.

Padahal dengan sedikit ide dan memutar otak, Anda dan pasangan bisa memilih kegiatan lain untuk bulan madu romantis. Salah satu kegiatan seru yang bisa dicoba adalah dengan mendaki gunung. 

kegiatan tersebut tentu sangat menantang dan seru. Terlebih bagi Anda yang memang senang mendaki, kegiatan ini bisa jadi cara bulan madu tak biasa yang menyenangkan dan memorable. 

Sementara untuk pilihan gunung sendiri Anda dan pasangan bisa mengamil paket honeymoon Bali dan menjelajahi berbagai gunung di Pulau Dewata tersebut. Apa saja gunung di Bali yang bisa dijelajahi untuk bulan madu? Berikut ulasannya: 

 

 

1. Gunung Agung

Gunung Agung merupakan titik tertinggi di Pulau Bali dengan ketinggian mencapai 3.031 mdpl. Terletak di Kabupaten Karangasem, Gunung Agung menjadi gunung wajib yang harus Anda daki terlebih dahulu sebelum mendaki gunung lain di Bali.

Gunung ini merupakan salah satu gunung terpenting bagi umat Hindu di Bali. Mereka percaya bahwa gunung ini adalah istana dari para dewa. Sedikit berbeda dari gunung-gunung lain di Pulau Bali, puncak Gunung Agung berbentuk memanjang dan berunjung pada sebuah kawah yang sangat lebar dan dalam.

Dari atas gunung ini, Anda dan pasangan bisa melihat keindahan Pulau Bali dari ketinggian. Bahkan Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok pun bisa Anda berdua lihat dari puncak gunung ini.

Gunung Agung dapat didaki melalui beberapa jalur dan yang paling sering digunakan para pendaki adalah melalui Pura Bekasih. Pura ini juga merupakan pura terbesar di Bali, sehingga Gunung Agung kerap dianggap sebagai gunung yang paling suci.

Jika Anda dan pasangan tertarik mendaki Gunung Agung maka bulan Agustus adalah waktu yang tepat untuk memulai liburan seru ini. Namun jika belum terbiasa mendaki, sebaiknya minta bantuan dari profesional ya. 

Jannata Resort and Spa Ubud, Rp 2.572.000,- ; Beli di sini

2. Gunung Catur

Di kalangan warga Bali, Gunung Catur lebih dikenal dengan nama Puncak Mangu. Terletak di kawasan Bedugul, Gunung Catur ini memiliki ketinggian sebesar 2.095 mdpl. Pendakian Gunung Catur hingga mencapai puncak bisa ditempuh selama kurang lebih 2,5 jam. Tidak terlalu lama, bukan?

Nah, begitu sampai di puncak Gunung Catur, Anda akan disambut dengan pemandangan Danau Beratan dan Danau Buyan. Anda bahkan bisa melihat hampir semua gunung yang ada di Bali karena memang letaknya berada di tengah-tengah gugusan pegunungan di Pulau Dewata.

Tidak hanya itu, di puncak Gunung Catur juga terdapat Pura Puncak Mangu yang merupakan warisan dari kerajaan Mengwi dan kerap dijadikan tempat beribadah oleh umat Hindu. Mengisi liburan seru dengan naik gunung sambil berwisata sejarah, mengapa tidak?

3. Gunung Batur

Pernah mengunjungi wisata Danau Batur di Bali? Nah, lokasi Gunung Batur ini masih berada satu kawasan dengan Danau Batur tersebut. Keduanya telah resmi ditetapkan sebagai global geopark pertama dari Indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Berada di Kecamatan Kintamani, Gunung Batur sendiri merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif. Meski demikian, Anda tidak perlu takut karena Gunung Batur sangat aman untuk didaki.

Ketinggian Gunung Batur hanya sekitar 1.717 mdpl, tetapi pemandangan di puncaknya tidak kalah menakjubkan. Jika Anda dan pasangan merupakan pendaki pemula, maka Gunung Batur ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: 9 Aktivitas Seks saat Honeymoon

Untuk mencapai puncaknya, Anda hanya memerlukan waktu selama 2-3 jam. Sementara waktu terbaik untuk mendaki Gunung Batur adalah di pagi hari, supaya Anda dan pasangan dapat melihat kaldera yang begitu indah sekaligus melihat matahari terbit.

Ada beberapa jalur yang bisa Anda lalui untuk melakukan perjalanan romantis ke Gunung Batur, di antaranya adalah Pura Jati dan Toya Bungkah.

4. Gunung Abang

Dengan ketinggian 2.151 mdpl, Gunung Abang merupakan gunung tertinggi  ketiga di Bali. Sama seperti Gunung Batur, lokasi gunung ini juga tidak terlalu jauh dari Danau Batur. Kaki gunungnya bahkan masih berada pada salah satu sisi danau tersebut. Jadi, bisa dibayangkan betapa cantiknya pemandangan Danau Batur dari puncak Gunung Abang ini.

Selama melakukan pendakian, Anda dan pasangan akan menemukan banyak sekali pura dengan arsitektur khas Bali kuno. Hal ini dikarenakan pura tersebut dimiliki oleh Suku Aga yang merupakan suku asli Bali yang memang tinggal di sekitar kawasan gunung.

Selain itu, mata Anda berdua juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar yang begitu asri. Untuk sampai ke puncak, Gunung Abang memiliki jalur pendakian utama bernama Jalur Songan yang memiliki jalur pendakian horizontal terpanjang di Bali. Jalur lain yang dapat dipilih adalah melalui Desa Suter.

Anapuri Villas Bali, Rp 5.253.000,- ; Beli di sini

5. Gunung Batukaru

Memiliki ketinggian 2.276 mdpl, Gunung Batukaru menjadi gunung tertinggi kedua di Bali. Lebih dari sekedar wisata alam, Gunung Batukaru memiliki peranan yang cukup penting bagi masyarakat Bali, terutama kawasan Bali Tengah.

Pasalnya, di kaki-kaki gunung inilah sebagian besar hulu sungai di Bali Tengah berasal. Selain itu kawasan di sekitar Gunung Batukaru juga merupakan kawasan konservasi cagar alam yang bertujuan untuk menjaga ekosistem alam di sekitarnya.

Mirip seperti Gunung Catur, gunung ini juga memiliki pura bernama Pura Puncak Kedaton di puncaknya. Kurang lebih dibutuhkan waktu 3-4 jam agar Anda dan pasangan bisa naik ke puncak Gunung Batukaru. Tidak perlu khawatir lelah, sebab setidaknya ada tiga jalur terkenal yang bisa Anda pilih untuk menuju puncaknya, yakni Pura Batukaru, Desa Pujungan, dan Desa Jatiluwih.


Nah, kini Anda sudah tahu bahwa Pulau Bali tak hanya memiliki keindahan pantai dan pulau saja. Jadi, jika Anda dan pasangan berencana bulan madu ke Bali dalam waktu dekat ini, pastikanlah hiking menjadi salah satu aktivitas yang masuk dalam rencana perjalanan romantis Anda. Happy Honeymoon!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi