Advertisement
Advertisement

5 Cara Mudah Memanfaatkan Lidah Buaya Untuk Kulit

Melakukan berbagai perawatan kulit tentu membutuhkan biaya yang mahal. Padahal, untuk mendapatkan kulit cantik alami, Anda bisa menggunakan berbagai bahan dari alam dengan efek samping rendah seperti lidah buaya. 

5 Cara Mudah Memanfaatkan Lidah Buaya Untuk Kulit

SIAPA yang tak kenal dengan aloe vera atau lidah buaya? Aloe vera atau lidah buaya sejak dahulu memang diketahui kaya akan manfaat. Tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan minuman, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. 

Contohnya saja untuk menyuburkan rambut. Kakek dan nenek moyang kita sudah lama menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut. Tidak hanya berguna untuk rambut, lidah buaya juga bermanfaat bagi kulit karena mampu melembabkan dan membuat kulit lebih segar. 

Apalagi dengan munculnya berbagai produk perawatan kulit intensif aloe vera gel yang pada awalnya diproduksi dari Korea Selatan. Berbagai produk perawatan kulit intensif dengan berbahan dasar lidah buaya pun kian bermunculan.

Hal ini dikarenakan manfaat lidah buaya untuk kulit memang sangatlah banyak. Tapi tak usah khawatir, Anda tidak harus berbelanja produk aloe vera gel untuk perawatan kulit intensif tersebut.

Anda bisa mengolahnya sendiri dirumah untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk kulit yang begitu banyak. Berikut beberapa caranya :

1. Masker Lidah Buaya

Cara memanfaatkan lidah buaya yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Masker lidah buaya bukan hanya dapat digunakan untuk melembabkan kulit tapi juga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat masker kulit ini Anda hanya perlu menggunakan 1-2 batang lidah buaya. Iris bagian tengahnya lalu ambil gelnya. Campurkan gel lidah buaya dengan minyak essensial aroma favorit Anda.

Anda bisa mencampurkan minyak essensial aroma mint atau lavender sesuai kesukaan. Setelah itu gunakan masker di wajah selama 30 menit dan Anda akan merasakan sensasi menyegarkan.

2. Sunburn Gel

Seperti yang telah banyak dipromosikan, gel lidah buaya memang sangat baik digunakan untuk pengobatan sunburn atau kulit terbakar akibat matahari. Ketika telah beraktivitas seharian di panas terik matahari Anda bisa menggunakan gel lidah buaya ini untuk mengurangi sunburn. 

Dibanding membeli aloe vera gel yang sudah dicampurkan dengan bahan kimia, Anda lebih baik menggunakan aloe vera gel alami. Caranya sangat mudah, cukup iris lidah buaya lalu ambil gelnya dan oleskan di area sunburn kulit Anda.

Untuk kulit ekstra segar dan lembab, Anda bisa menambahkan minyak kelapa pada gel aloe vera yang dibuat tadi. Gunakan sebelum tidur secara rutin agar kulit lebih cantik. 

Banana Boat After Sun Care Aloe Vera Gel, Rp 96.800,- ; Beli di sini

3. Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Bukan hanya berguna meredakan sunburn, aloe vera gel ini juga sangat baik untuk dijadikan sebagai pertolongan pertama diluka bakar Anda. Ekstrak kelembaban lidah buaya sangat cocok untuk mengurangi peradangan yang terjadi akibat luka bakar.

Caranya cukup ambil gel lidah buaya lalu balurkan pada area yang terbakar setelah itu perban. Tinggalkan semalaman dan ekstrak dingin lidah buaya akan menembus lapisan kulit yang dalam. Rasa sakit terbakar agar sedikit reda dengan penambahan gel lidah buaya.

4. Mengobati Luka

Untuk kulit, gel lidah buaya bukan hanya bermanfaat bagi kecantikan tapi juga kesehatan. Gel lidah buaya mengandung serat polysacharrida yang sangat baik untuk mendinginkan kulit yang luka. Serat ini akan membantu menenangkan rasa sakit akibat luka.

Bersihkan luka dengan kain hangat sebelumnya, lalu oleskan lidah buaya ke kulit yang luka. Tutup luka dengan perban lalu biarkan selama semalam atau sehari. Kulit Anda yang luka akan terasa lebih baik dari sebelumnya.

Victoria Hand Cream Aloe Vera, Rp 18.300,- ; Beli di sini

5. Meredakan Gatal atau Iritasi Kulit

Iritasi kulit atau gatal-gatal adalah salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu. Pada beberapa kasus obat berupa salep atau krim telah digunakan untuk meredakan gatal namun tidak memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan.  

Hal ini dikarenakan produk krim atau obat yang dijual mengandung bahan kimia yang tidak dapat diserap baik oleh kulit. Untuk itu, gunakan gel lidah buaya alami tanpa bahan kimia untuk meredakan gatal atau iritasi kulit Anda.

Gel lidah buaya mengandung glikoprotein yang dapat mengurangi peradangan ketika bersentuhan. Dengan mengaplikasikannya kulit Anda akan lebih baik dari gatal dan iritasi. 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi