Advertisement
Advertisement

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Apakah Anda memiliki kulit kering? Kulit kering adalah kondisi umum yang sering dialami oleh seseorang yang mana bagian lapisan terluar dari kulit yang mengalami kekurangan cairan. Biasanya bagian tubuh yang paling sering mengalami kulit kering adalah area terbuka seperti tangan, kaki, lengan, serta wajah. Kulit kering dapat dialami siapa saja tanpa pandang jenis kelamin, karena ini berkaitan dengan kondisi kesehatan, tempat tinggal, lama waktu saat berada di ruangan terbuka, dan usia seseorang.

5 cara mengatasi kulit kering secara alami

MUSIM panas ataupun dingin bisa menjadi sangat keras pada kulit kita. Banyak dari kita yang memiliki kulit kering dan pecah-pecah tapi malah menggunakan pembersih yang keras dan toner yang benar-benar tidak diperlukan, kata dokter kulit, Lisa Donofrio, M.D. Padahal perawatan kulit kering itu membutuhkan ekstra hati-hati agar kondisi kulit tidak semakin parah.

Untuk menjaga kulit sehat dari dalam ke luar, Donofrio merekomendasikan untuk menggabungkan makanan dalam diet Anda seperti pasta tomat, yang melindungi kulit dari efek berbahaya yang berasal dari sinar UV; sarden, yang sarat dengan anti-inflamasi omega-3; dan kale, yang mampu menyerap dan menetralkan radikal bebas. Akan tetapi, bagaimana bila kulit Anda 'haus' dan meminta untuk dilembapkan sekarang juga? Berikut ini Anda bisa mencoba beberapa moisturizer yang berasal dari makanan yang ternyata dapat membantu mengatasi kulit kering. 

Baca Juga: 7 Hal yang Menyebabkan Kulit Kering 

 

SUSU DAN MADU

Salah satu sumber makanan yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi kulit kering adalah susu dan madu. Donofrio mengatakan bahwa lemak dan asam laktat yang terkandung di dalam susu sangat menenangkan untuk kulit yang teriritasi ketika dioleskan. Untuk itulah, Anda bisa mencoba mengompres kulit dengan susu dingin di rumah dengan cara merendam kain di dalam semangkuk susu dingin. Cara ini juga berlaku pada Anda yang memiliki kulit yang teriritasi.  Selain susu, madu juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering karena tidak hanya mengandung humectant yang mampu mempertahankan kelembaban, tetapi juga sifat antibakteri dan antijamur yang membantu menyingkirkan kuman yang hidup di permukaan kulit Anda.

 

MINYAK KELAPA

Minyak kelapa memang sudah sangat lama digunakan untuk membantu perawatan kulit. Minyak kelapa adalah salah satu pelembab yang cukup baik untuk membantu mengatasi berbagai kelainan pada kulit. Selain menjadi pelembab alami, minyak kelapa juga menawarkan antibakteri, antijamur, dan antivirus, kata Donofrio. Tidak hanya dapat mengatasi kulit kering, minyak kelapa juga dapat membantu mengobati infeksi kulit (psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya), mencegah munculnya kulit keriput. mencegah pengelupasan kulit serta mengencangkan kulit. Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki minyak kelapa inilah maka tidak heran khasiat minyak kelapa untuk perawatan kulit banyak dimanfaatkan oleh berbagai banyak produk kecantikan dan sabun.

 

MINYAK ZAITUN

"Ada tanda-tanda lebih sedikit dari penuaan pada orang yang mengonsumsi minyak zaitun lebih daripada orang yang tidak," kata Donofrio. Hal ini karena minyak zaitun dikemas dengan polifenol, jenis senyawa tanaman dengan sifat antioksidan. Minyak zaitun ini adalah perawatan kulit yang sangat dianjurkan jika Anda memiliki kulit kering, karena olive oil ini bersifat melembapkan dan mampu mengurangi garis-garis halus akibat usia

 

KEDELAI

Kedelai memiliki banyak khasiat di dunia kecantikan. Kandungan vitamin E dan K di dalamnya memiliki khasiat penting untuk kesehatan kulit. Salah satu manfaat kedelai adalah untuk mengatasi kulit kering dan bersisik. Kandungan vitamin B1 atau tiaminnya mampu membantu mengatasi kulit kering dan bersisik sehngga kedelai berfungsi sebagai pelembab alami kulit. Selain mengatasi kulit kering, kedelai juga memiliki manfaat lainnya seperti menghilangkan noda hitam di wajah, mengatasi kulit kusam dan berminyak, sebagai anti aging, meningkatkan kolagen di dalam kulit, serta menjaga elastisitas kulit dan sebagai antioksidan.

 

TEH HIJAU

Teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Teh hijau dianggap efektif sebagai cara mengatasi kulit kering. Anda dapat mencoba mengatasinya dengan cara membuat masker teh dengan campuran oatmeal dan lemon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa sendok air teh dengan beberapa tetes jeruk lemon ke dalam 3 sendok oatmeal. Setelah itu aplikasikan pada wajah secara merata sambil dipijat secara ringan dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin. Selain dapat mengatasi kulit kering, teh hijau juga dapat membantu memperlambat proses penuaan, mencegah keriput, mencegah kanker, melindungi kulit dari sinar matahari, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Miliki Tampilan Kulit Awet Muda dengan Konsumsi 6  Makanan Ini 

 

Nah itu dia 5 makanan yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering. Mulai sekarang Anda tidak perlu lagi kebingungan karena kulit kering anda pun akan segera teratasi. Berhati-hatilah memakai pembersih karena jika salah memilih akan membuat keadaan kulit anda makin parah. Selain itu, kulit anda juga bisa mengalami iritasi. Selamat mencoba, ladies.

 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi