FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ini Dia 5 Cara Alami yang Anda Butuhkan Untuk Hadapi PMS!

Umumnya, gejala PMS memang tidak berbahaya. Namun, Jika dibiarkan begitu saja, gejala PMS bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Yuk, cari tahu cara mengatasi nyeri haid dan gejala PMS lainnya.

PMS atau Premenstrual Syndrome adalah sebuah kondisi yang dialami oleh wanita yang akan mendapatkan haid. Gejala PMS bisa bermacam-macam, mulai dari mood swing, tubuh yang mudah lelah, sampai dengan nyeri haid.

Gejala PMS yang dianggap paling menyiksa adalah nyeri haid. Penyebab nyeri haid adalah kontraksi yang terjadi ketika proses peluruhan dinding rahim.

Penyebab nyeri haid memang tidak bisa dihindari, tetapi setidaknya Anda bisa mencari cara untuk meredakan rasa nyeri saat PMS.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala PMS. Tak hanya untuk meredakan nyeri haid saja, cara-cara ini juga bisa mengurangi gejala PMS lainnya.

Penuhi Asupan Kalsium

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi gejala PMS adalah dengan memenuhi asupan kalsium.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menjelaskan bahwa kalsium dapat mengurangi nyeri haid dan gejala PMS lainnya, mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Para wanita yang ingin meredakan gejala haidnya bisa mulai mengonsumsi suplemen kalsium setiap hari. Selain itu, Anda pun bisa mengganti cemilan untuk diet sehari-hari dengan makanan tinggi kalsium, seperti yogurt atau keju.

Diet Sehat

Ada dua macam diet yang bisa dilakukan bagi wanita yang ingin meredakan gejala PMS, yakni diet membatasi asupan gula dan meningkatkan konsumsi karbohidrat kompleks, serta diet rendah natrium.

Diet rendah natrium dipercaya dapat mengurangi gejala PMS, seperti kembung, retensi air, dan nyeri payudara.

Tak hanya terbatas pada diet rendah natrium saja, diet kafein juga efektif untuk mengurangi gejala PMS berupa insomnia dan iritabilitas.

Olahraga

Cara mengatasi nyeri haid secara alami adalah dengan berolahraga. Mengapa harus olahraga?

Karena, ketika Anda berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin, dopamin, dan serotonin. Ketiga senyawa kimia alami ini berkontribusi dalam memperbaiki suasana hati.

Manfaat dari olahraga ini sangat baik untuk Anda yang sering mengalami mood swing ketika PMS.

Selain itu, ketiga senyawa kimia yang dihasilkan tubuh dari kegiatan berolahraga juga dapat memperbaiki kualitas tidur, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak saat PMS.

Mengatur Stres

Setiap orang sangat rentan mengalami stres. Pasalnya, sebagai manusia kita tentu tak lepas dari masalah, bukan? Wanita yang memasuki masa PMS sangat rentan stres.

Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan yang baik untuk mengatur stres. Cara mengatur stres ada bermacam-macam, mulai  dari relaksasi, meditasi, sampai melakukan hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia.

Pilih cara mengatur stres yang paling nyaman menurut Anda. Ketika Anda mampu mengelolas stres dengan baik, bukan hanya masalah mood swing saja yang dapat teratasi, tapi nyeri di payudara dan kram di perut juga berkurang saat Anda sudah tidak mengalami stres.

Konsumsi Supelemen yang Terbuat dari Agnus Catus (Chasteberry)

Tumbuhan Agnus Catus atau yang dikenal dengan nama "pohon suci" ini merupakan jenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia sebagai salah satu komposisi dalam membuat suplemen.

Konon, suplemen yang terbuat dari "pohon suci" ini bisa meredakan berbagai gejala PMS secara cepat.

Tak sulit menemukan suplemen yang mengandung chasteberry ini di pasaran. Pasalnya, sudah banyak merk-merk suplemen ternama yang memproduksi suplemen dengan ekstrak chasteberry.

Nah, itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejala PMS. Jangan ragu untuk mengganti cemilan untuk diet yang mungkin tinggi gula dengan makanan tinggi kalsium untuk meredakan gejala PMS.

Selain itu, usahakan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat untuk meminimalisir gejala PMS yang mengganggu.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

6 komentar

  • TasKOPpgcelhBr

    giXUKIawCRTLVYE on
  • gpflIYnRwK

    dqjDAXVo on
  • YRjSHpDy

    IpZwJsRTrADXqtvf on
  • nHThuWDaNOC

    DIcgYCjSVeOT on
  • txFwoHaLIS

    EnNDVWHGYdgTk on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi