5 Cara Alami yang Efektif Mencegah Bibir Kering

Kondisi cuaca dan suhu yang berubah secara ekstrim sering membuat bibir pecah – pecah dan kering.

NAMUN, tidak perlu khawatir, berikut ada 5 cara alami yang mudah dan efektif untuk mencegah bibir kering:

1.Menjaga Asupan Nutrisi

Kulit di area bibir Anda begitu tipis dan halus. Itulah sebabnya, kulit bibir sangat rentan terhadap perubahan suhu, angin, makanan pedas, lipstik dan bahkan pasta gigi.

Tak hanya itu, kekurangan nutrisi harian tubuh juga turut berkontribusi pada bibir pecah–pecah.

Menurut Institut Perawatan Kesehatan Terpadu, kekurangan nutrisi seperti sayuran dan buah–buahan juga dapat menyebabkan kesehatan bibir terganggu.

Oleh karena itu, sebaiknya jaga asupan nutrisi dengan memperbanyak buah – buahan dan sayuran serta minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

2.Hindari Sering Menjilati Bibir

Berniat untuk membasahi bibir yang kering, banyak orang tidak menyadari justru dengan menjilati bibir semakin memperburuk kondisi kulit kering. Air liur dapat mengiritasi kulit halus di area bibir.

Pada air liur manusia terdapat dua senyawa yang dapat meningkatkan kekeringan bibir, yaitu amilase dan maltase.

Enzim pencernaan ini dapat mengelupas bagian kulit bibir yang sensitif, meninggalkan bibir Anda semakin kering dan terkelupas.

3.Hindari Mengelupas Bibir

Saat bibir kering dan bersisik, mungkin Anda akan tergoda untuk menguliti atau mengambil kulit mati yang mencuat di area bibir. Hal ini dapat memperburuk kondisi bibir kering bahkan menimbulkan perdarahan yang menyakitkan.

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Bibir Hitam

 

4.Pelembap Bibir Berbahan Alami

Bagi Anda yang dituntut berpenampilan baik saat bekerja, bibir kering bisa mengganggu penampilan. Jika harus memakai lipstik warna matte, terlebih dahulu terapkan kondisioner atau pelembap bibir berbahan alami sebagai dasar. Kemudian, baru terapkan lipstik matte favorit Anda.

Untuk perawatan bibir yang indah dan menggoda, Purbasari Hi-Matte Lip Cream dirancang khusus melengkapi penampilan cantik dan percaya diri. Warna – warna keren yang menarik membuat lip cream Purbasari menjadi primadona.

Kandungan formula yang dapat melembapkan bibir, bertahan lama, dan ringan di bibir membuat setiap wanita tampil lebih berseri dan mudah menjaga kesehatan bibir.

Highly Pigmented Formula Purbasari Lip Cream membantu mencegah bibir kering karena dapat merata sempurna di bibir, ringan, dan tampak halus di permukaan bibir.

Sementara itu, kandungan UV Filter dapat melindungi bibir dari efek buruk paparan sinar matahari yang dapat merusak dan membuat bibir kering.

Bagi Anda yang ingin senantiasa menjaga kesehatan bibir atau perawatan bibir setiap hari, Purbasari Lip Cream juga dikemas dengan vitamin E. Vitamin E yang bersifat antioksidan dapat membantu mencegah kulit kering, sehingga bibir tetap lembap, halus dan lembut.

5.Obat Alami Mencegah Bibir Kering

Bila bibir kering atau pecah – pecah mengganggu penampilan, Anda masih bisa memperbaikinya dengan menerapkan obat alami. Berikut beberapa ide yang bisa dicoba.

1.Gula Kelapa

Eksfoliasi bibir atau pengelupasan bibir dapat membantu mengangkat sel – sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit yang lebih muda dan sehat.

Caranya dengan menggosokkan scrub buatan rumahan dari bahan alami pada bibir secara lembut dengan mencampurkan madu, minyak kelapa, vanili dan bahan alami lainnya.

2.Lidah Buaya

Sejak berabad – abad silam, lidah buaya atau aloe vera telah digunakan untuk produk kecantikan dan tanaman obat penyembuhan. Tanaman ini menyimpan air di dalam daun dan dapat dipakai sebagai pelembap alami dengan sifat anti- inflamasi.

Gel yang berada di dalam daun mengandung vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan yang akan memberikan sentuhan keajaiban untuk bibir Anda.

    Caranya mudah, kupas lidah buaya dan ambil gelnya lalu usapkan ke area bibir. Biarkan hingga kering lalu bersihkan. Ulangi proses ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Lakukan perawatan bibir secara rutin untuk menjaga keindahan rona bibir dan mencegah bibir kering atau terkelupas.
    Kembali ke blog

    Tulis komentar

    Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Artikel terkait