Lakukan Gerakan Mudah Ini Untuk Senam Hamil di Rumah

Saat tengah mengalami kehamilan, seorang ibu memang dituntut untuk lebih memperhatikan stamina serta daya tahan tubuhnya. Mereka pun dituntut pula untuk peduli akan kesehatan calon buah hati yang kini tengah mereka kandung. Ibu hamil wajib menjalani hidup sehat karena semua aktivitas yang dilakukannya akan memberikan efek bagi sang buah hati. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti makan sayuran dan buah-buahan serta lebih banyak mengkonsumsi air putih dan susu. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh sang ibu pun akan juga dikonsumsi oleh janin yang tengah tumbuh di dalam rahimnya. Sehingga jika sang ibu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi, maka janin pun akan ikut mengkonsumsi makanan sehat tersebut. Selain dari faktor makanan, seorang ibu hamil juga bisa melakukan olah raga ringan. Olah raga yang dianjurkan selain jalan kaki adalah senam hamil. Senam hamil bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah atau justru ikut serta dengan kelas senam hamil yang sekarang ini sudah banyak dibuka di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Namun, memang akan lebih nyaman jika senam hamil di rumah asalkan mengerti dengan baik gerakan-gerakan yang dilakukan  aman untuk sang buah hati.

Senam hamil sendiri memiliki banyak manfaat baik untuk sang calon ibu maupun sang calon buah hati. Kehamilan memang membuat badan terasa lebih tegang karena otot tubuh tengah menyesuaikan diri mengikuti usia kehamilan sang ibu. Manfaat dari senam hamil salah satunya adalah untuk membuat rileks otot-otot yang mengalami ketegangan dan akan membuat sirkulasi darah semakin lancar. Peredaran darah yang lancar memang akan memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kondisi ibu hamil yang seringkali mengalami kelelahan agar bisa kembali segar dan bugar. Senam hamil pun juga memiliki manfaat lainnya yakni mempersiapkan baik fisik maupun mental dalam menghadapi persalinan agar berjalan dengan aman dan tentunya tak membutuhkan waktu lama.

Selama ini banyak sekali yang beranggapan bahwa ibu hamil yang melakukan olah raga salah satunya senam hamil akan memberikan efek buruk. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, karena olah raga yang tidak ada aturannya jelas akan membahayakan. Namun, senam hamil yang diperbolehkan untuk dilakukan oleh ibu hamil sudah disesuaikan dengan kondisi ibu hamil dan jauh dari kesan membahayakan. Oleh sebab itu, gerakan senam hamil pun terbilang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan di rumah.

Gerakan yang pertama adalah dengan duduk dan kaki bersila, serta badan tegak dan biarkan kedua tangan tetap di depan. Selanjutnya adalah mulai konsentrasi dan memusatkan pikiran. Gerakan semacam ini bisa dilakukan sesering mungkin terutama jika memiliki waktu senggang maka ibu hamil dianjurkan untuk melakukannya. Selanjutnya adalah berjongkok dengan bantuan bola senam. Caranya ialah dengan berdiri tegak dekat dengan dinding, namun sang ibu harus membelakangi dinding dan bola senam yang digunakan akan diletakkan diantara punggung dengan dinding. Kaki ibu hamil pun harus dibuka sedikit saja. Setelah posisi sempurna, perlahan menurunkan badannya hingga posisi akan seperti orang jongkok, setelah itu kembali berdiri dengan perlahan dan kembali jongkok.

Gerakan-gerakan tersebut adalah beberapa dari sekian banyak gerakan yang bisa diterapkan ibu hamil di rumah. Senam ibu hamil memang akan memberikan banyak manfaat salah satunya akan memudahkan para ibu yang menginginkan untuk melahirkan secara normal.

Artikel Terkait

8 Tips Cara Hamil dengan Mudah, Murah dan Cepat

Apa yang Ada Di Pikiran Pria Tentangn Lingerie

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Artikel terkait