FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

4 Tips Mencukur Bulu Ketiak yang Benar

Informasi kategori kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Atika Nurmalitasari - Dokter Umum.

Semua hal yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk bulu yang berlebihan di ketiak. Untuk itu bercukur bisa menjadi cara untuk merawat ketiak tetap bersih dan rapi. Tapi meski terlihat mudah, nyatanya masih banyak orang yang tidak tahu cara mencukur bulu ketiak yang benar. 

4 Tips Mencukur Bulu Ketiak yang Benar

BAGI beberapa orang khususnya perempuan, bulu ketiak menjadi bagian tubuh yang dianggap menunjang penampilan. Meskipun berfungsi melindungi ketiak dari gesekan, namun bulu ketiak yang berlebihan dianggap sangat mengganggu dan membuat penampilan jadi tidak maksimal.

Karena hal itulah akhirnya banyak orang yang mencukur bulu ketiaknya secara rutin. Dengan ketiak yang bersih banyak orang akhirnya menjadi lebih percaya diri terutama saat mengenakan pakaian tidak berlengan. 

Namun dibalik itu semua, kegiatan bercukur nyatanya jadi salah satu kegiatan yang masih banyak dilakukan dengan kesalahan. Sekilas tampak mudah, namun banyak yang mencukur bulu ketiak secara sembarangan.

Jangan anggap sepele hal tersebut ya, sebab mencukur ketiak dengan sembarangan dapat membuatnya iritasi. Nah, agar Anda tidak lagi bercukur asal-asalan, simak 4 cara mencukur bulu ketiak berikut ini: 

 

1. Setelah Mandi

Cara mencukur bulu ketiak yang tepat adalah setelah mandi. Bukan tanpa alasan, bercukur setelah mandi lebih tepat karena saat itu kulit Anda dalam kondisi lembab sehingga bisa memudahkan untuk bercukur.

Meskipun penting sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan hal ini dan bercukur saat kulit kering. Akibatnya hasil bercukur tidak rapi dan kulit menjadi luka atau iritasi. 

Jika hanya mempunyai waktu yang terbatas, Anda dapat membasahi ketiak untuk membuatnya lembab. Pastikan air yang Anda gunakan adalah air mengalir yang bersih.

Veet Normal Lotus Milk & Jasmine, Rp 27.000,- ; Beli di sini

2. Tidak Terburu-buru

Beberapa perempuan ataupun pria seringkali terburu-buru saat mencukur bulu ketiak mereka. Padahal mencukur secara terburu-buru dapat menyebabkan kulit ketiak Anda semakin kasar dan terluka.

Selain itu, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan bulu-bulu halus di ketiak tidak tercukur secara rata. Untuk itu Anda setidaknya membutuhkan waktu sekitar 30 menit mencukur bulu ketiak sekaligus melakukan perawatan.

Jadi cobalah luangkan waktu yang lebih banyak untuk mencukur sehingga Anda dapat mencukur secara perlahan.Pastikan untuk mencukur dengan sekali gerakan dengan goresan pendek.

Sementara untuk mempermudah dan mencegah iritasi, Anda bisa menggunakan pelembab atau mengoleskan krim pencukur pada bulu ketiak. Hal ini dilakukan agar bulu ketiak lebih mudah dicukur dan menghindari iritasi akibat goresan pisau cukur. 

3. Memakai Pisau Cukur yang Tepat

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pisau cukur. Gunakan alat cukur berupa pisau yang masih tajam dan memiliki strip untuk melindungi kulit ketiak Anda.

Hindari penggunaan pisau cukur yang telah tumpul atau berkarat karena pisau cukur tersebut bisa menyebabkan iritasi dan tempat bersarangnya kuman ataupun bakteri.

Selain itu, jika Anda sering menggunakan alat cukur yang sama maka pastikan jika pisau cukur tersebut telah dicuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan kuman, bakteri, dan bulu-bulu halus yang menempel.

Agar semakin nyaman saat bercukur, Anda bisa membeli pencukur yang telah dilengkapi dengan pelumas sehingga ketiak tidak akan luka. Pastikan setelah dipakai Anda mencuci bersih dan menyimpan pisau di tempat kering.

Gillette Simply Venus, Rp 65.700,- ; Beli di sini

4. Arah Mencukur yang Benar

Coba ingat kembali bagaimana arah mencukur Anda selama ini. Arah mencukur bulu ketiak yang benar adalah searah dengan tumbuhnya rambut karena hal tersebut bisa memudahkan Anda untuk mencukurnya.

Selain itu, Anda harus membiasakan bercukur dari arah tumbuhnya rambut lalu mencukur kembali dari arah yang berlawanan. Anda harus melakukan hal tersebut berulang kali untuk memastikan semua bulu telah tercukur dengan bersih.

Jika mengalami kesulitan untuk mencukur di beberapa bagian ketiak, Anda dapat menarik sedikit kulit ketiak. Kondisi tersebut dapat membantu memudahkan Anda untuk membersihkan bulu ketiak secara maksimal.

 

Itu tadi 4 tips mencukur ketiak yang benar. Setelah bercukur sampai bersih, Anda dapat mengistirahatkan sejenak ketiak dari deodorant atau bedak karena biasanya kulit masih terlalu sensitif.

Setelah kulit ketiak dirasa siap, Anda bisa menggunakan kembali deodorant atau bedak khusus ketiak yang disapukan dengan kuas untuk menghindari bau badan tak sedap. Selamat mencoba!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi