kesehatan , kesehatan kulit , stamina tubuh , suplemen pria , suplemen wanita -

4 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Mental

Teh dikenal sebagai minuman yang banyak mengandung manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satu jenis teh yang memiliki banyak manfaat kesehatan adalah teh hijau. Ternyata, selain dapat menjaga kesehatan tubuh, teh hijau juga berkhasiat menjaga kesehatan mental, lho!

manfaat teh hijau untuk kesehatan mental

SELAMA ini, teh hijau menjadi salah satu teh paling populer dan banyak dikonsumsi karena ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh. Manfaat minum teh hijau ternyata tidak hanya menyegarkan, tetapi juga membuat tubuh sehat dan penampilan kulit jauh lebih cerah. Manfaat teh hijau dalam menjaga kesehatan dan mempercantik penampilan sudah diketahui banyak orang, namun belum banyak yang mengetahui bahwa teh hijau juga dapat menjaga kesehatan mental. Inilah beberapa contoh khasiat teh hijau bagi kesehatan mental yang patut Anda ketahui.

Menimbulkan Perasaan Nyaman dan Menenangkan

Warna hijau identik dengan ketenangan dan kedamaian. Ternyata, sifat warna hijau yang menenangkan memiliki kesamaan dengan khasiat teh hijau. Ya, khasiat teh hijau bagi kesehatan mental yang pertama adalah menimbulkan perasaan nyaman dan menenangkan bagi orang yang mengonsumsinya. Efek rileks yang ditimbulkan oleh teh hijau diperoleh dari kandungan asam amino dan L-Theanine. Kedua zat ini akan meningkatkan kadar dopamin dan menghasilkan pengiriman sinyal ke otak yang membuat pikiran jauh lebih rileks.

Mencegah Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Teh hijau ternyata menjadi obat yang ampuh untuk menangkal penyakit degeneratif akibat kerusakan sel di otak, seperti Alzheimer dan Parkinson. Menurut Alzheimer’s Association, terdapat 5,3 juta penderita Alzheimer di Amerika dengan rincian 5,1 juta penderita berada pada usia 65 tahun atau lebih. Jika orang di bawah usia 65 tahun mengonsumsi teh hijau, risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson dapat diminimalkan.

Khasiat teh hijau dalam mencegah dan mengobati kedua penyakit degeneratif tersebut berasal dari komponen bioaktif yang ada di dalamnya. Kandungan bioaktif dalam teh hijau dapat mempengaruhi neuron di otak. Meskipun tidak dapat memperbaiki sel di otak yang telanjur rusak, komponen bioaktif ini dapat mencegah kerusakan pada sel-sel yang tersisa.

Mengembangkan Kemampuan Kognitif

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Mental

Manfaat teh hijau lainnya bagi kesehatan mental adalah mengembangkan kemampuan kognitif seseorang. Menurut penelitian yang diusung oleh Einother dan Martens, mengonsumsi teh hijau sebelum menghadapi ujian akan membuat seseorang jauh lebih rileks dan tetap fokus dalam menghadapi ujiannya. Dengan demikian, teh hijau memberikan efek positif dalam meningkatkan performa seseorang.

Khasiat teh hijau dalam mengembangkan kemampuan kognitif berasal dari kandungan Theanine yang ada di dalamnya. Sekilas, Theanine memiliki kesamaan manfaat dengan kafein, yakni sama-sama meningkatkan kemampuan kognitif, namun Theanine cenderung lebih aman dibandingkan kafein yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Membantu Mempertahankan Memori

Sejalan dengan khasiatnya yang dapat menangkal penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson, konsumsi teh hijau juga dapat membantu mempertahankan memori bagi orang yang meminumnya. Bagi orang yang menderita dementia dan kepikunan, meminum teh hijau murni akan membantu dalam mengembalikan memori yang sempat terlupakan. Teh hijau murni sendiri dapat ditemukan dalam teh hijau Jepang yang diproduksi tanpa menggunakan tambahan bahan kimia.

Kandungan teh hijau yang berfungsi untuk mengembalikan memori orang yang mengonsumsinya adalah L-Theanine. Zat tersebut juga menjadi zat yang menimbulkan perasaan nyaman dan menenangkan pada diri orang yang mengonsumsi teh hijau.

Dengan segala manfaat yang dimilikinya, akan sangat baik jika Anda memasukkan teh hijau sebagai salah satu minuman yang wajib untuk dikonsumsi. Jadi, siapkah Anda untuk mengonsumsi teh hijau mulai dari sekarang?

 


Tinggalkan komentar


Artikel Terkait


BERLANGGANAN

Artikel Terbaru

6 Musuh Dalam Hubungan Anda yang harus Anda Kalahkan

Mengapa Anda Harus Pergi Liburan Dengan Pasangan?

7 Mitos Salah Tentang Protein

5 Tips Memilih Lingerie untuk Malam Pertama

10 Cara untuk Mengapresiasi Pasangan Anda

Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com