Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Belanja sekarang, 3 JAM langsung sampai (area terbatas)! 3-hour instant delivery, Order Now

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

4 Manfaat Madu yang Harus Anda Ketahui

Siapa yang tidak kenal dengan madu? Bahan alami yang satu ini disebut-sebut sebagai bahan terbaik untuk pengobatan. Namun tahukah Anda tentang manfaat dari madu? 

4 Manfaat Madu yang Harus Anda Ketahui

ORANG-ORANG menyukai madu karena rasanya yang lezat. Pemanis alami ini dapat membantu menyeimbangkan rasa, mengentalkan saus, dan menambahkan kelembaban ke dalam piring Anda, menurut National Honey Board.

Meski bisa menjadi bahan masakan serbaguna, madu juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Inilah empat manfaat madu yang perlu Anda ketahui:

Meredakan batuk

Menurut sebuah penelitian di Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, para peneliti menguji satu dosis madu soba di malam hari dengan dextromethorphan (obat batuk) rasa madu, obat batuk biasa, dan tanpa diberikan perlakuan apapun, terhadap lebih dari 100 anak yang sedang menderita flu.

Secara keseluruhan, orang tua menemukan bahwa manfaat madu lebih baik daripada dua pendekatan lainnya untuk menghilangkan gejala batuk dan memperbaiki tidur.

Tak heran jika Organisasi Kesehatan Dunia menyantumkan madu sebagai penawar potensial yang melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi.

Batuk sering kali menjadi masalah bagi banyak kalangan. Madu mengandung senyawa aktif antibakteri dan antiviral yang mampu meredakan batuk. Efek yang ditimbulkan madu sama seperti efek obat batuk yang mengandung dextromethorphan.

Saat mengalami batuk, Anda bisa mengkonsumsi satu atau dua sendok makan madu sebelum tidur dan setelah bangun tidur.  

Membantu mengobati luka

Menurut Madu memiliki reputasi yang cukup panjang sebagai penyembuh. Menurut Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, referensi tertulis pertamanya berasal dari tahun 2.100-2.000 SM di tablet Sumeria yang menyebutkan penggunaan madu sebagai obat dan salep.

Saat ini telah ada madu kelas medis yang disebut dengan MedihoneyMedihoney berasal dari madu manuka. Madu manuka ini berasal dari lebah yang menyerbuki pohon manuka di Selandia Baru.

Jenis madu apa pun bisa membantu mengobati luka. Dalam sebuah penelitian di British Journal of Surgery, peneliti Nigeria menggunakan madu untuk mengobati 59 pasien dengan bisul yang sulit sembuh. Semua kecuali satu kasus membaik, luka yang terinfeksi dan bisul menjadi steril dalam waktu satu minggu setelah menerapkan madu.

Mempertebal lapisan kulit kepala

Kulit kepala Anda terkelupas? Madu bisa memecahkan masalah tersebut. Sebuah penelitian di European Journal of Medical Research menggunakan larutan madu asli mentah yang diencerkan (Madu  berkadar 90% diencerkan dengan air hangat) pada 30 orang dengan dermatitis seboroik, kondisi kulit kepala di mana kulit kepala berketombe dan rasa gatal yang serius. Pasien dalam kasus ini juga mengalami lesi.

Peneliti memiliki setengah dari kelompok peserta dan menerapkan campuran madu ke lesi setiap hari selama empat minggu. Rasa gatal pun hilang dalam waktu satu minggu bagi mereka yang mencoba melakukan pengobatan madu, dan lesi di kulit hilang dalam kurun waktu dua minggu.

Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Tanpa Bahan Kimia

Meningkatkan energi

Ada kesalahpahaman bahwa karbohidrat tidak baik untuk Anda dan karbohidrat terkandung dalam berbagai macam makanan sehat, termasuk buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Plus, sistem pencernaan Anda membutuhkan karbohidrat untuk membuat glukosa, yang mengirimkan energi ke sel, jaringan, dan organ Anda, menurut National Institutes of Health.

Dengan 17 gram karbohidrat per sendok makan, madu dapat membantu meningkatkan energi saat Anda mulai merasa lelah. Madu juga bisa menjadi pilihan utama sebelum atau sesudah berolahraga.

"Sebagai tambahan sumber karbohidrat yang kaya akan antioksidan, madu bertindak sebagai bahan bakar untuk membuat tingkat gula darah dan kadar insulin yang lebih stabil dalam durasi yang lebih lama," kata Cynthia Sass, MPH, RD.

Tak hanya dapat meningkatkan energi, tapi Anda juga bisa mengandalkan tips sehat dengan madu untuk hidup yang lebih sehat.

 Baca juga : 8 Alasan Mengapa Anda Kurang Berenergi

Itu dia 4 manfaat madu yang perlu Anda ketahui. Jadi, tak hanya memiliki rasa yang enak ternyata Anda juga bisa sehat dengan mengetahui tips sehat menggunakan madu.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi