FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

4 Alasan Penting Mengapa Anda Harus Selalu Membawa Hand Sanitizer!

Kesadaran masyarakat modern pada kesehatan semakin tinggi. Tidak heran jika di mana pun Anda berada saat ini, sangat mudah menemukan sebotol hand sanitizer.

TETAPI, bagaimana cara memilih hand sanitizer yang bagus atau hand sanitizer aman? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, Profesor James Scott dari Rumah Sakit St. Michael, Amerika Serikat memberikan rekomendasinya.

Profesor James Scott adalah seorang profesor di Divisi Kesehatan Okupasi dan Lingkungan di Sekolah Kesehatan Umum Dalla Lana.

Beliau telah ditugaskan ke berbagai instansi kesehatan pemerintah, seperti Departemen Kedokteran, Divisi Farmakologi Klinis dan Toksikologi, serta berpraktek di Rumah Sakit St. Michael.

Apakah Hand Sanitizer Aman?

Pada awalnya, Profesor James Scott memang sedikit ragu. Tetapi, setelah ia melihat secara konkrit hasil riset yang dirilis, beliau baru benar–benar yakin jika hand sanitizer memang terbukti dapat membunuh bakteri dan virus.

Hand sanitizer dapat membunuh bakteri dan virus jauh lebih baik daripada hanya sabun dan air. Jumlah bakteri pada kulit manusia cenderung dapat dikurangi daripada hanya mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, hand sanitizer juga tidak merusak kulit karena memiliki emolien built-in. Orang yang terlalu sering mencuci tangan dengan sabun biasanya mengeluh kulit yang kasar, kering dan terkelupas. Kerusakan kulit inilah yang justru bisa mengundang kuman dan bakteri

Pembersih tangan atau hand sanitizer memang tidak dirancang untuk menggantikan sabun jika tangan Anda kotor, tetapi dengan menerapkan hand sanitizer setelah mencuci tangan, maka perlawanan terhadap kuman dan bakteri akan jauh lebih maksimal

Bagaimana Cara Kerjanya?

Hand sanitizer membunuh sel mikroba yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Bahan utama hand sanitizer adalah 70% alkohol isopropanol yang merupakan alkohol gosok.

Bahan ini adalah konsentrasi alkohol yang efektif dan ampuh untuk membunuh kuman atau bahkan jauh lebih efektif ketimbang alkohol 100%.

Karena kandungan air yang sedikit, hand sanitizer dapat meningkatkan efektivitas membunuh virus. Hand sanitizer akan merusak lapisan terluar virus, sedangkan untuk bakteri, hand sanitizer akan mengganggu produksi membran sel bakteri.

Baca Juga : Yakin Kulit Anda Sehat? Coba Cek Dulu 4 Cirinya!

Pentingnya Memakai Hand Sanitizer

1. Efektif membunuh kuman dan bakteri

Hand sanitizer bekerja efektif melawan berbagai bakteri dan virus penyakit. Di antaranya seperti infeksi saluran pernapasan atas, infeksi saluran cerna, hingga virus flu atau H1N1.

2. Mencegah penularan penyakit

Sangat penting menggunakan hand sanitizer terutama jika Anda bekerja di rumah sakit atau perawatan kesehatan yang menuntut Anda melakukan banyak pekerjaan dengan kontak langsung manusia.

Tanpa hand sanitizer, ada kemungkinan penyakit tertular dari pasien ke perawat atau dari satu pasien ke pasien lain.

Dettol Hand Sanitizer Soothe - 50 mL, Rp.10,400; Beli Di Sini

3. Mudah dan praktis

Dibutuhkan kebiasaan yang rutin dan disiplin agar setiap petugas kesehatan bersedia mencuci tangan secara rutin serta menggunakan hand sanitizer.

Selain lebih praktis dan cepat, hand sanitizer juga dapat meminimalisir kuman dan bakteri untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. Hand sanitizer sangat membantu dalam hal mengurangi transmisi kuman.

4. Harga terjangkau

Untuk mendapatkan hand sanitizer tidak terlalu sulit. Anda bisa membeli di toserba, swalayan, apotek, toko obat dan toko kelontong terdekat dari tempat tinggal.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan hand sanitizer sebagai tindakan pencegahan kuman dan bakteri.

Selalu sediakan hand sanitizer di dalam tas Anda ya.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi