FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

3 Tips ASI Lancar Paling Ampuh untuk New Mommy

Hampir semua ibu pernah khawatir apakah bayinya mendapat ASI yang cukup, apalagi jika baru pertama kali mempunyai anak.

KARENA tidak dapat mengukur jumlah konsumsi ASI seperti konsumsi susu formula, kebanyakan ibu khawatir bayinya tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah sebenarnya bagaimana ASI diproduksi dan bagaimana caranya dapat keluar dengan mudah. Hormon prolaktin yang akhirnya mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Selain itu, dengan terus melakukan pumping atau bayi menghisap ASI secara rutin dapat meningkatkan hormon oksitosin yang membantu memperlancar keluarnya ASI.

Jika Anda merasa ASI Anda kurang lancar, pertama pastikan dulu adalah apakah ini dipengaruhi oleh faktor simpel seperti kurangnya kemampuan anak untuk menghisap, terlalu sering memberi ASI atau pumping yang membuat tubuh belum sempat memproduksi ASI kembali, atau malah ibu kurang minum air putih.

Jika faktor lain sudah dipastikan bukan menjadi penyebabnya, simak tips ASI lancar dibawah ini! :

1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Untuk memperbanyak ASI, tubuh membutuhkan nutrisi tertentu alami agar hasilnya banyak dan kental. Berikut daftar-daftar makanan yang dapat menjadi booster produksi ASI yang jangan lupa untuk dikonsumsi secara rutin :

a. Salmon

Ikan salmon menjadi salah satu makanan yang dapat melancarkan ASI karena kandungan lemak DHA didalamnya yang penting untuk perkembangan sistem syaraf bayi. ASI memang secara natural mengandung DHA, namun tingkatnya lebih tinggi dalam salmon. DHA dalam salmon juga dapat membantu mood dan mengurangi kemungkinan baby blues.

b. Daging Sapi tanpa Lemak

Tips ASI lancar berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging tanpa lemak. Selain sebagai sumber zat besi, juga dapat menjadi sumber protein dan vitamin B-12 yang baik juga.

c. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama yang berwarna gelap seperti kacang merah dan kacang hitam, dapat menjadi booster ASI yang baik karena mengandung banyaknya zat besi dan protein non-hewani yang selain sehat juga tidak menguras kantong.

d. Bluberi

Buah ini kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi ASI, juga vitamin, karbohidrat, dan mineral yang berfungsi untuk menjaga energi dan kesehatan Anda.

e. Beras Coklat atau Merah dan Roti Gandum

Biasanya, para Ibu ingin menurunkan berat badan setelah menikah. Hal ini juga dapat menyebabkan tidak lancarnya ASI. Untuk tetap memenuhi jumlah karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, konsumsilah beras coklat, beras merah, atau roti gandum.

f. Telur

Kuning telur menjadi sumber vitamin D yang baik. Vitamin ini adalah nutrisi penting untuk menjaga tulang Anda, juga dalam pembentukan tulang bayi. Selain vitamin D, telur juga dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Baca Juga : 7 Posisi Seks Ini Jamin Wanita Cepat Orgasme

g. Jeruk

Karena ibu menyusui membutuhkan vitamin C dalam dosis yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding saat hamil, jeruk dapat menjadi booster ASI yang baik. Jika tidak dapat mengkonsumsi buahnya langsung jus jeruk juga dapat dipilih. Beberapa jus jeruk yang kini dijual di pasaran pun memiliki kandungan kalsium sehingga mendapat khasiat ganda.

h. Sayuran

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli sangat kaya akan vitamin A yang dibutuhkan bayi. Sayuran-sayuran ini juga menjadi sumber kalsium non susu, zat besi, antioksidan, dan rendah kalori.

i. Air

Dehidrasi dapat menurunkan energi. Agar energi dan kesehatan Anda untuk memproduksi ASI, jangan lupa untuk sering minum air agar badan tetap terhidrasi. Variasikan juga kebutuhan cairan tubuh dengan minum jus atau suplemen menyusui lainnya.

2. Lakukan Pumping Dengan Rutin

Selain itu, dengan terus melakukan pumping atau bayi menghisap ASI secara rutin dapat meningkatkan hormon oksitosin yang membantu memperlancar keluarnya ASI.

Dalam menyusui, sebisa mungkin tidak menjadwalkannya, karena dalam tiga bulan, produksi ASI akan menurun. Ini karena semakin sering menyusui, semakin besar juga hormon prolaktin, hormon yang berfungsi untuk memproduksi susu, keluar.

3. Konsumsi Suplemen Menyusui yang Ampuh

Suplemen menyusui dapat meningkatkan produksi ASI karena mempengaruhi hormon prolaktin yang akhirnya mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Lancar Asi - 30 Kaplet, Rp.46,000; Beli Di Sini

Meski banyaknya merk suplemen untuk ibu menyusui yang dapat ditemukan di pasaran pemilihannya tetap harus dengan hati-hati dan perhatikan efek samping yang mungkin terjadi.

Dalam memilih merk suplemen untuk ibu menyusui, lebih baik untuk mengkonsumsi yang memiliki bahan alami seperti daun katuk, namun juga jangan lupa untuk memperhatikan vitamin lain yang dibutuhkan seperti vitamin D, C, antioksidan, protein, dan zat besi. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi