FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

3 Langkah Alami Cegah Keputihan

Vagina memang organ yang sensitif dan mudah terserang berbagai penyakit seperti keputihan. Namun tidak perlu khawatir dan langsung menggunakan obat berlebihan, untuk mencegah keputihan faktanya Anda bisa melakukan beberapa kebiasaan alami dan sederhana di rumah. 

3 Langkah Alami Cegah Keputihan

MESKIPUN keputihan adalah hal normal yang sebagian besar dialami oleh wanita, namun kondisi ini terkadang bisa membuat Anda tidak nyaman bahkan menganggu aktivitas.

Faktanya sebagian besar wanita di dunia ini mengalami keputihan karena ini merupakan salah satu fase yang harus dialami oleh wanita.

Keputihan sendiri terjadi karena di dalam dinding rahim terdapat kelenjar yang menjaga kelembaban dan kesehatan organ vagina. 

Keputihan yang normal umumnya bewarna putih susu atau bening, tidak berbau dan tidak gatal. Biasanya keputihan akan menjadi lebih banyak pada beberapa waktu khususnya seperti saat masa subur, hamil, mendekati menstruasi dan lainnya.

Jika Anda mengalami hal ini tentu saja tidak perlu merasa khawatir. Namun jika mengalami gejala keputihan tidak normal – berwarna keruh, gatal dan bau – maka Anda patut waspada.

Bagi Anda yang mengalami keputihan tidak normal jangan berkecil hati karena sebenarnya tidak ada treatment khusus untuk menanganinya.

Keputihan tidak normal dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan pil KB, infeksi vagina, penyakit menular seksual (PMS) dan lainnya.

Oleh karena itu pastikan Anda mengetahui kondisi tubuh supaya mendapatkan perawatan Miss V yang tepat.

Sebenarnya cara cegah keputihan tidak harus datang ke dokter namun dapat dimulai dari kebiasaan diri sendiri terlebih dahulu. yuk, simak berikut ini.

1. Hindari Miss V lembab

Hal pertama yang dapat Anda lakukan sebagai cara cegah keputihan adalah dengan memastikan vagina tetap kering dan tidak lembab. Setelah buang air besar atau kecil jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu dengan tisu bersih.

Tidak hanya mengeringkan setelah buang air, menjaga miss V tetap kering juga dapat dilakukan dengan tidak menggunakan celana yang ketat seperti jeans ketat, stocking, dan celana dalam ketat.

Memilih celana dalam yang tepat juga penting lho, pilihlah celana dalam berbahan katun yang menyerap keringat dan hindari underwear berbahan sintesis yang panas.

Selain itu, tidak menggunakan celana dalam ketika tidur juga dapat mencegah vagina lembab yang dapat memicu keputihan. Jadi, vagina bersih dan sehat dapat dilakukan dengan mudah bukan?

Herbadrink Kunyit Asam Sirih Plus Madu, Rp 10.100,- ; Beli di sini 

2. Jangan gunakan sabun pembersih Miss V

Jika tidak ada kondisi khusus, seharusnya vagina mampu membersihkan dirinya sendiri. Untuk itu agar tidak mengalami keputihan ada baiknya Anda tidak menggunakan sabun pembersih kewanitaan.

Bukan tanpa alasan, menggunakan sabun pembersih Miss V bukannya membuat vagina bersih dan sehat tapi justru dapat memicu ketidakseimbangan bakteri di organ kewanitaan Anda. 

Perlu dipahami, dalam organ Miss V terdapat dua bakteri yaitu bakteri baik dan  jahat. Sementara itu penggunaan sabun pembersih vagina ini memang akan menghilangkan bakteri, namun tidak hanya bakteri jahat saja tapi juga bakteri baik.

Hal ini tentu saja tidak baik karena vagina dapat diserang kuman dan penyakit lain lebih mudah. Jika Anda tetap ingin menggunakan sabun pembersih untuk perawatan Miss V pastikan gunakan yang sesuai dengan aturan dan tidak memiliki aroma terlalu kuat.

Namun tetap saja disarankan sebisa mungkin pakai air bersih saja ya.

3. Konsumsi makanan sehat

Perawatan Miss V lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keputihan adalah menjaga pola makan. Jadi, makanan yang Anda konsumsi memang akan berpengaruh terhadap status kesehatan termasuk keputihan.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang setiap hari dan cukup minum air putih. Konsumsi yogurt yang mengandung lactobasilus juga baik untuk mencegah keputihan.

Selain yoghurt, Anda juga bisa berbagai makanan lain untuk keputihan seperti pisang, buah naga, dan kembang kol. Ada baiknya hindari makan terlalu banyak mentimun, soda, dan makanan manis karena bisa menyebabkan keputihan. 

Sementara itu jika Anda sudah melakukan hal tersebut dan keputihan tidak normal masih muncul, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter Anda untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Mustika Ratu Perawatan Wanita Kaplet, Rp 25.000,- ; Beli di sini

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi