FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ini Dia Cara Latihan Fitness yang Tepat Berdasarkan Tipe Badan Anda!

Kesehatan adalah hal yang penting, dan fitness dapat menjadi cara untuk membuat tubuh tetap kuat, sehat, dan bugar. Namun, apakah Anda sudah melakukan latihan fitness yang tepat untuk tipe badan Anda?

LATIHAN fitness tentu bermaksud membuat Anda sehat dan bugar. Anda mungkin juga mempunyai badan impian yang Anda targetkan. Agar usaha Anda optimal, Anda harus melakukan latihan fitness sesuai dengan tipe badan Anda.

Sebelum menentukan cara latihan fitness yang tepat untuk Anda, yuk simak dulu tiga tipe utama badan manusia.

1. Ectomorph

Tipe badan ini adalah yang sulit menambah lemak dan otot tubuh karena metabolisme yang cepat. Orang-orang ectomorph biasanya kurus, cenderung tidak kuat, dan memiliki pundak yang kecil.

2. Mesomorph

Tipe badan ini mudah mengurangi atau menambah otot dan lemak di badan. Metabolisme badan mesomorph cenderung lebih lambat dari tipe badan ectomorph, namun tidak lebih lambat dari endomorph. Mereka biasanya berotot, cukup berat untuk ukuran mereka, dan pundak yang lebih bidang.

3. Endomorph

Tipe endomorph menambah lemak dan otot badan dengan cepat. Berkebalikan dengan ectomorph, tipe endomorph memiliki kesulitan menurunkan lemak tubuh karena metabolisme yang lambat, lebih lambat dari mesomorph. Tubuh orang-orang dengan tipe endomorph biasanya lebih gempal.

Anda mungkin memiliki satu atau perpaduan dari dua tipe badan yang disebutkan di atas. Tipe badan terbentuk dari faktor genetik dan perilaku atau kebiasaan sehari-hari.

Karena bukan sepenuhnya dipengaruhi oleh genetik, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengubah kebiasaan, yaitu menimbang kalori, memerhatikan asupan Anda, dan olahraga!

Mengubah tipe badan, dimulai dari mana?

Bila Anda ingin mengubah tipe badan Anda, bisa dimulai dengan memutuskan apakah Anda mau meningkatkan atau menurunkan berat badan. 

  • Untuk meningkatkan berat badan: perbanyak latihan mengangkat beban dan kurangi cardio. Jika nafsu makan muncul, makan lebih banyak. Walaupun begitu, kadang makan sedikit juga tidak apa-apa.

  • Untuk mengurangi berat badan: perbanyak cardio dan kurangi angkat beban. Menjauhkan diri dari fast food dan minuman tinggi kalori juga sangat penting.

Kalori

Hal lain yang perlu diperhatikan agar dapat mencapai target tubuh yang diinginkan, Anda harus tau seberapa efektif tubuh Anda membakar kalori. Saat Anda membakar banyak kalori, Anda akan sulit untuk menambah otot maupun lemak, begitu pula sebaliknya.

Jadi, jika ingin mengubah tipe tubuh, Anda harus fokus apakah Anda ingin membakar kalori lebih cepat atau lebih lambat. Bagaimana caranya? Dengan berfokus pada olahraga dan pola makan!

Olahraga

Apapun tipe tubuh Anda, jika ingin mengubah tipe tubuh, cara melakukannya adalah dengan menyesuaikan dengan olahraga yang tepat untuk tipe tubuh yang diinginkan.

Jika Anda ingin tipe badan mesomorph, lakukan latihan untuk mesomorph, berlaku juga bila Anda menginginkan tipe badan yang lainnya. Tenang saja, selalu ada latihan khusus untuk tipe badan yang menjadi target Anda, kok.

  • Ectomorph

Untuk mencapai bentuk tubuh ectomorph yang memiliki metabolisme cepat, cardio adalah olahraga yang tepat. Latihan cardio meningkatkan detak jantung dan membakar banyak kalori.

Contoh latihan cardio adalah berlari dan mengendarai sepeda. Untuk latihan ectomorph di rumah yang dapat dicoba adalah lompat tali.

  • Endomorph

Bagi yang ingin meningkatkan berat badan, latihan fitness untuk endomorph yang dapat dilakukan adalah mengangkat beban. Latihan beban untuk endomorph sangat efektif karena tidak membakar banyak kalori dan menambah otot yang nantinya juga akan meningkatkan berat badan.

  • Mesoporph

Bagi Anda yang ingin mencapai tipe tubuh mesomorph, jenis olahraga yang harus dilakukan adalah gabungan keduanya, yaitu cardio sekaligus angkat beban. Bukan berarti Anda harus berlari sambil mengangkat beban, namun Anda harus mengimbangi kedua latihan tersebut.

Baca juga: Tidak Ada Waktu Olahraga? Bakar Kalori dengan 7 Cara Ini!

Pola Makan

Selain olahraga, pola makan juga sangat penting saat ingin mencapai tipe tubuh yang Anda inginkan. Orang yang kurus dan orang yang langsing berotot biasanya lebih sering makan karena tubuh tidak banyak menyimpan banyak lemak, sehingga rasa lapar mudah kembali muncul.

Sebagai hasilnya juga, tubuh terus mencoba menyimpan lemak dan cenderung membuat jarang berolahraga. Hal ini dapat mempengaruhi proses untuk mencapai tipe tubuh yang diinginkan, karena perlu diingat bahwa bukan makanan saja yang dapat mengubah tipe tubuh, namun juga olahraga.

Waktu yang diperlukan untuk merasa lapar juga mempengaruhi seberapa baik tubuh Anda membakar kalori. Orang-orang dengan tipe endomorph cenderung terlalu banyak makan, khususnya makanan junk food.

Baca juga: Guys, Ini Dia 6 Makanan Sahabat Otot Sehat Anda!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi