Menu
Cart

KESEHATAN

Cara Menurunkan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

Oleh: AsmaraKu Editorial | 4 menit membaca


Di bulan Ramadhan ini mungkin jadi kesempatan bagi Anda untuk menikmati segala menu favorit buka puasa setelah menjalani puasa selama sehari penuh. Akan tetapi, di sisi lain, puasa Ramadhan ini juga bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda untuk melakukan diet sehat dan memperoleh berat badan ideal sesuai dengan yang Anda inginkan. Yuk, simak tips diet sehat a la AsmaraKu berikut inI!

Cara Menurunkan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

1.   MINUM AIR PUTIH DENGAN CUKUP

Meskipun tampaknya ini merupakan misi mustahil bagi Anda yang berpuasa selama sehari penuh, akan tetapi mengisi cairan tubuh dengan air yang cukup tidak hanya akan menjaga Anda dari dehidrasi saat berpuasa melainkan juga akan mengontrol gula darah selama Anda berpuasa hingga tiba waktunya berbuka. Pertanyaannya, berapa banyak air yang perlu dikonsumsi selama berpuasa? Anda hanya perlu mengonsumsi air sebanyak dua liter atau delapan gelas air selama sehari, dengan rincian sebagai berikut:

- Dua gelas di waktu berbuka puasa

- Empat gelas di antara waktu berbuka puasa dan sahur, Anda dapat meminum air tidak lebih dari satu gelas per jam

- Dua gelas di waktu sahur

Perlu digarisbawahi bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh hitam itu tidak termasuk, alangkah lebih baik untuk menghindari konsumsi minuman diuretik secara bersama-sama. Sebaiknya, Anda dapat mengonsumsi teh herbal sebagai alternatif yang bagus selain air karena dengan mengonsumsi teh herbal akan membantu melancarkan pencernaan Anda.


2. MENJAGA KESEIMBANGAN MAKANAN SAAT BUKA PUASA

jual suplemen multivitamin lengkap dan murahKetika Anda menjalankan puasa di bulan Ramadhan, metabolisme Anda akan melambat oleh karenanya selama berpuasa energi Anda juga akan mengalami penurunan. Menu makanan di waktu buka puasa setidaknya perlu Anda atur secara seimbang.

Anda dapat mulai melakukan diet sehat dengan mengonsumsi menu buka puasa seperti kurma, karena ia merupakan sumber cepat dari gula yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir dengan berat badan tubuh Anda. Setelah itu, Anda juga dapat mengonsumsi berbagai menu buka puasa seperti sup sayur atau lentil tapi hindarilah sup yang berbahan krim.

Baca juga: Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Kemudian Anda juga dapat mengonsumsi salad buah untuk membatasi jumlah minyak zaitun dalam saus. Usai mengonsumsi menu makanan pembuka di waktu buka puasa, Anda dapat berhenti mengonsumsi sesuatu, karena tentu Anda tidak ingin merasa terlalu kekenyangan yang kemudian nantinya mengganggu sistem pencernaan Anda.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti beribadah, atau berjalan kaki selama 5 menit terlebih dahulu atau sekadar mengadakan percakapan ringan. Ketika Anda sudah siap untuk melanjutkan makan, Anda dapat memilih hanya satu hidangan utama tapi hindarilah menu berbuka puasa yang berminyak dan pastikan bahwa hidangan tersebut seimbang antara kadar karbohidrat dan protein. Dan yang paling penting bagi Anda adalah mengontrol porsi makan.


3.   JANGAN MELEWATKAN SAHUR

Untuk melakukan diet sehat di bulan puasa ini, Anda tidak perlu melewatkan atau meninggalkan makan saat sahur. Karena melewatkan sahur hanya akan membuat Anda lapar dan lemas sehingga berpotensi untuk makan berlebihan saat berbuka puasa.

Menu sahur sehat Anda setidaknya harus terdiri dari karbohidrat yang cukup seperti roti gandum, sekaligus makanan-makanan yang mengandung protein seperti keju atau telur. Kombinasi ini akan membuat Anda memiliki tingkat glukosa yang stabil dalam aliran darah sehingga Anda tidak akan merasa sangat kelaparan saat berpuasa.

Baca juga: Tips Makan Sahur Sehat

jual suplemen stamina tubuh murah dan lengkap

4.   UPAYAKAN TETAP AKTIF

Berpuasa di bulan Ramadhan tidak boleh membuat Anda bermalas-malasan atau tidur sepanjang hari. Anda harus tetap melakukan berbagai aktivitas harian Anda hingga batas tertentu, namun Anda juga perlu menghindari sengatan panas matahari yang terlalu berlebihan.

Dengan perut yang kosong saat berpuasa, tubuh Anda akan lebih banyak membakar lemak sehingga Anda tetap lancar melakukan diet sehat. Begitupun dengan hari weekend, Anda tetap dapat melakukan aktivitas seperti olahraga burpees, lunges, sit-up dan squat.


5.   MENGURANGI MAKANAN YANG MENGANDUNG GULA

Perlu diketahui bagi Anda bahwa salah satu penyebab naiknya berat badan Anda di bulan Ramadhan bukan karena makanan yang Anda konsumsi saat berbuka puasa, tetapi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang banyak.

Anda harus dapat mengurangi konsumsi menu makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan-makanan yang lebih alami seperti buah-buahan, buah kering, molase dan madu. Ini sangat efektif dalam melakukan diet sehat di saat Anda berpuasa dan membuat kesehatan Anda semakin baik.



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_stamina tubuh, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli multivitamin, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli puasa, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita, Beli suplemen pelangsing, Beli weight loss

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com