FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Cara Menurunkan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

Informasi kategori kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Atika Nurmalitasari - Dokter Umum.

Ketika puasa tiba, banyak orang memanfaatkannya untuk mengurangi berat badan atau diet. Sayang, dengan pola makan yang tidak teratur, niat menurunkan berat badan saat puasa seringkali hanya berakhir wacana.

Cara Menurunkan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

SAAT puasa, tubuh memang harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Karena hal itulah banyak orang berpikir puasa akan membantu menurunkan berat badan cukup signifikan.

Tapi sayang, terlalu kalap makan saat berbuka dengan menu yang kurang sehat akhirnya justru dapat membuat berat badan makin bertambah. Lalu sebenarnya apakah ada cara untuk menurunkan berat badan saat puasa? 

Jawabannya ada! Penasaran? Berikut penjelasan selengkapnya:

1.   Minum Cukup Air Mineral 

Meskipun tampaknya ini merupakan misi mustahil bagi Anda yang berpuasa sehari penuh, namun mengisi cairan tubuh dengan air cukup bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi dan mengontrol gula darah selama berpuasa.

Pertanyaannya, berapa banyak air yang perlu dikonsumsi selama berpuasa? Anda hanya perlu mengonsumsi air sebanyak dua liter atau delapan gelas air selama sehari, dengan rincian sebagai berikut:

  • Dua gelas di waktu berbuka puasa
  • Empat gelas di antara waktu berbuka puasa dan sahur, Anda dapat meminum air tidak lebih dari satu gelas per jam
  • Dua gelas di waktu sahur

Perlu digarisbawahi bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh hitam itu tidak termasuk. Sebab alangkah lebih baik Anda menghindari konsumsi minuman diuretik karena mampu menimbulkan rasa haus.

Meskipun begitu, Anda dapat mengonsumsi teh herbal sebagai alternatif yang bagus karena akan membantu melancarkan pencernaan.

Wellness Slimming Formula, Rp 315.000,- ; Beli di sini

2. Menjaga Keseimbangan Makanan saat Buka Puasa

Ketika Anda menjalankan puasa di bulan Ramadhan, metabolisme akan melambat sehingga energi juga akan mengalami penurunan. karena itu menu makanan di waktu buka puasa setidaknya perlu Anda atur secara seimbang.

Anda dapat mulai melakukan diet sehat dengan mengonsumsi menu buka puasa seperti kurma, karena merupakan makanan yang mampu menaikan kadar gula. Kandungan tersebut dapat membantu Anda memulihkan energi yang hilang dengan cepat.

Setelah itu, Anda juga dapat mengonsumsi berbagai menu buka puasa dimulai dari air mineral, lalu makanan seperti sup sayur atau lentil. Tapi ingat sebaiknya hindari sup berbahan krim karena mengandung cukup banyak lemak.

Baca juga: Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Jangan lupa konsumsi juga buah-buah segar yang mengandung banyak air seperti semangka, dan ingat untuk tidak makan berlebih saat berbuka puasa karena bisa menaikan berat badan Anda.

Setelah makan, jangan langsung tidur. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas sederhana seperti berjalan kaki santai atau melakukan salat tarawih di Masjid bersama-sama. 

3.   Jangan Melewatkan Sahur

Untuk melakukan diet sehat di bulan puasa ini, Anda tidak perlu melewatkan atau meninggalkan makan saat sahur. Karena melewatkan sahur hanya akan membuat Anda lapar dan lemas sehingga berpotensi untuk makan berlebihan saat berbuka puasa.

Menu sahur sehat Anda setidaknya harus terdiri dari karbohidrat yang cukup seperti roti gandum, sekaligus makanan-makanan yang mengandung protein seperti keju atau telur.

Kombinasi ini akan membuat Anda memiliki tingkat glukosa yang stabil dalam aliran darah sehingga tidak akan merasa sangat kelaparan saat berpuasa.

Baca juga: Hindari Lelah saat Mudik dengan 5 Cara Ini

4.   Upayakan Tetap Aktif

Berpuasa di bulan Ramadhan tidak boleh membuat Anda bermalas-malasan atau tidur sepanjang hari. Disarankan Anda tetap melakukan aktivitas seperti biasa, namun dengan lebih hati-hati seperti menghindari sengatan panas matahari yang terlalu terik.

Dengan tetap melakukan aktivitas saat perut kosong, tubuh Anda akan lebih banyak membakar lemak sehingga lancar melakukan diet sehat. Begitupun dengan hari weekend, Anda tetap dapat melakukan aktivitas seperti olahraga burpees, lunges, sit-up dan squat agar tubuh sehat dan bugar.

Herbilogy Slimming Kapsul, Rp 72.000,- ; Beli di sini

5.  Kurangi Makanan Mengandung Gula 

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab naiknya berat badan Anda di bulan Ramadhan bukan karena makanan yang dikonsumsi saat berbuka, tetapi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula dalam jumlah banyak.

Anda harus dapat mengurangi konsumsi menu makanan tersebut dan menggantinya dengan makanan-makanan yang lebih alami seperti buah-buahan, buah kering, molase dan madu. Ini sangat efektif dalam melakukan diet sehat di saat puasa dan membuat kesehatan Anda semakin baik.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi