Menu
Cart

PASUTRI

Takut Malam Pertama Sakit? Ini Tipsnya!

Oleh: AsmaraKu Editorial | 6 menit membaca


Apakah Anda berencana menikah dalam waktu dekat? Khawatir mengalami rasa sakit saat malam pertama? Tidak sedikit memang yang merasa ragu ketika akan melakukan hubungan seksual bersama pasangan lantaran rasa takut tersebut. Kemudian, timbullah pertanyaan bagaimana persiapan agar malam pertama tidak sakit? 

Takut Malam Pertama Sakit? Ini Tipsnya!

MALAM pertama bagi pasangan suami istri yang baru menikah merupakan momen istimewa. Segala persiapan khusus biasanya dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi malam pengantin. Namun, tak sedikit orang yang mengalami sakit dan nyeri saat malam pertama pengantin. Sakit saat berhubungan intim ini tentu mengganggu ‘keindahan malam pengantin’ ini, Bagaimana tidak? Keinginan agar bisa saling berbagi kebahagiaan justru menjadi ‘kesakitan’ bagi pasangan. Sebagian orang khawatir rasa sakit saat berhubungan seksual menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Sebagian lainnya mengkhawatirkan kehidupan seksual selanjutnya jika rasa sakit itu timbul berkesinambungan. Lalu, apa saja penyebabnya? Apa saja tips untuk mengatasi atau mencegah sakit pada malam pertama?



PENYEBAB SAKIT DI MALAM PERTAMA

Sebelum mengetahui tips untuk mencegah atau mengatasi sakit pada malam pertama, maka Anda perlu mengetahui penyebab sakit di malam pertama. Ini karena jika Anda memahami penyebabnya, tentu akan lebih mudah untuk menjalani tips mengatasi sakit tersebut. 

Tegang

Sikap tegang memengaruhi sakit pada malam pertama. Sebagian besar wanita yang beranggapan bahwa seks saat malam pertama sakit merupakan wanita yang merasa tegang dan takut saat berhubungan seks pertama kali.  Ini membuat wanita yang merasa tegang tersebut justru tidak relaks saat berhubungan seksual sehingga menyebabkan vagina menerima penetrasi. Kemudian, akibatnya jika penetrasi dipaksakan akan membuat vagina menjadi lecet dan sakit pada malam pertama tersebut.

Kurangnya Cairan Lubrikasi

Cairan lubrikasi diproduksi secara alami oleh vagina ketika wanita merasa terangsang untuk berhubungan badan. Kurangnya cairan lubrikasi ini menyebabkan sakit pada malam pengantin. Penyebab utama kurangnya cairan lubrikasi yaitu kurang pemanasan pada saat hubungan badan atau disebut foreplay. Tapi, produksi cairan lubrikasi ini juga akan terganggu pada wanita yang telah menopause. Ini karena pertambahan usia membuat lapisan vagina kehilangan kelembabannya sehingga membuat kering dan berakibat sakit. Faktor lainnya yang menghambat produksi cairan lubrikasi adalah wanita yang mengonsumsi obat-obatan seperti pil KB. 

jual produk kebutuhan pasutri lengkap

Vagina Mengalami Infeksi

Vagina yang mengalami infeksi juga kerap menjadi penyebab malam pertama sakit. Infeksi merupakan suatu keadaan saat bibit penyakit atau kuman masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan gejala sakit, panas atau demam sebagai reaksi tubuh.  Infeksi vagina ini seharusnya dideteksi terlebih dahulu yaitu dengan check up sebelum menikah, sehingga Anda akan mendapat obat sebagai solusinya.

Iritasi

Iritasi juga menjadi salah satu penyebab sakit pada malam pertama. Contoh cedera atau iritasi yang terjadi pada wanita yang baru melakukan operasi panggul atau akibat kecelakaan. Ini akan memunculkan sakit pada penetrasi awal. Selain hal tersebut, wanita yang baru saja menjalani episiotomy atau penyayatan jaringan antara vagina dan anus saat melahirkan juga akan mengalami rasa sakit.

Vaginismus

Vaginismus merupakan suatu disfungsi seksual pada wanita yang berupa kekejangan abnormal otot vagina sepertiga bagian luar dan sekitar vagina. Ini merupakan salah satu penyebab yang sering dialami wanita merasakan sakit pada malam pertama. Perasaan takut sebelum bercinta kerap dirasakan wanita, bukan? Hal ini membuat otot vagina kejang sehingga membuatnya sakit saat pasangan melakukan penetrasi.

Terlalu Terburu-Buru

Terlalu terburu-buru juga kerap menjadi penyebab pria maupun wanita mengalami sakit pada malam pertama. Mengapa? Ini karena penis dan vagina yang belum siap melakukannya menjadi tegang dan sering terjadi kesalahan yang menimbulkan lecet atau sakit lainnya. Sikap terburu-buru ini ini bisa ditahan dengan pasangan melakukan foreplay terlebih dahulu.

Faktor Emosi

Emosi adalah salah satu faktor yang membuat malam pertama sakit. Emosi merupakan perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi sebagai reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Salah satu bentuk emosi adalah depresi, stres, dan kecemasan. Hal-hal inilah yang menjadi penyebab hubungan seksual terasa menyakitkan. Ini karena otot-otot panggul Anda akan menegang ketika Anda stres atau depresi sehingga berakibat penetrasi terasa menyakitkan.


Lalu, Apa Tips Untuk Mengatasi Malam Pertama?

jual produk kebutuhan suami istri terlengkap
  1.     Berkomunikasi

Berkomunikasi merupakan hal penting saat berhubungan intim. Dengan berkomunikasi, Anda akan lebih rileks dan mengurangi tegang sehingga rasa sakit bisa diminimalisir. Cobalah berkomunikasi dengan mengutarakan pendapat Anda kepada pasangan mengenai kenyamanan Anda berdua. Jika merasa sakit, komunikasikan dengan pasangan agar memperlambat gerakan.

  1.    Gunakan Pelumas

Pelumas berfungsi sebagai pelancar dalam melakukan hubungan badan. Jika cairan lubrikasi alami tidak bisa membantu meredakan sakit, gunakan produk pelumas buatan. Konsultasikan kepada dokter produk apa yang cocok untuk Anda.

  1.    Jangan Terburu-Buru

Sikap terburu-buru membuat rasa sakit malam pengantin makin terasa. Biasanya rasa sakiit tersebut karena penetrasi yang terlau terburu-buru sementara pasangan belum siap. Cobalah untuk mengatakan pada pasangan untuk melakukan foreplay terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk merangsang cairan lubrikasi keluar dan rasa sakit diminimalisir. Saat foreplay, mintalah pasangan untuk menyentuh bagian tubuh Anda yang sensitif agar lebih terangsang.  Ingatlah agar jangan melakukan penetrasi secara terburu-buru.

  1.    Ganti Posisi

Posisi saat berhubungan seksual yang berganti-ganti tentu memengaruhi momen saat berhubungan badan. Bagi wanita, Anda bisa memulai mencoba berada di atas saat berhubungan seksual. Mungkin saja dengan posisi tersebut, Anda bisa mengontrol gerakan penetrasi hingga kedalaman yang bisa membuat Anda merasa nyaman.

  1.    Siapkan Mental

Mental yang dipersiapkan secara baik dan matang akan menentukan kehidupan seksual Anda di malam pertama. Anda harus melakukannya dengan tanpa beban., santai dan jangan stress. Cobalah membuat diri Anda lebih positif dan meyakinkan diri sendiri bahwa bercinta pertama kalinya tidak akan sakit. Ini tentu membuat sikap mental Anda lebih baik.

  1.    Dapatkan Informasi Sebanyaknya

Informasi sebanyak-banyaknya membantu Anda mempersiapkan malam pengantin yang indah tanpa rasa sakit. Cobalah untuk mengetahui informasi dari berbagai sumber. Karena dengan begitu, informasi dan pengetahuan Anda jadi lebih luas, Anda bisa membayangkan seperti apa nantinya dan Anda bisa lebih yakin untuk melakukannya.


Dengan lebih memahami mengenai penyebab sakit pada malam pertama dan tips untuk mengatasinya, Anda tentu lebih siap melakukan malam pengantin yang indah bersama pasangan. Tidak perlu takut lagi malam pertama sakit, bukan? 

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_pasutri, Beli kategori_pasutri, Beli kondom, Beli lubricant, Beli pasutri, Beli pembersih kewanitaan, Beli perawatan ms v, Beli suplemen kesehatan ms v

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com