Menu
Cart

KESEHATAN

Ini Dia Penyakit yang Sering Menyerang Testis?

Oleh: Aldo Akbar | 1 menit membaca


Testis merupakan organ terpenting bagi kaum pria, dimana testis sering dilambangkan sebagai simbol keperkasaan pria dan sebagai tempat pembentukan sperma dan hormon testosteron terjadi di testis. Oleh karena itu sangat penting bagi pria dalam menjaga dan mencegah berbagai penyakit yang sekiranya dapat menyerang kesehatan testis.

Dibawah ini merupakan beberapa penyakit yang mungkin dapat terjadi dapat testis.

• Hidrokel
Hidrokel merupakan penyakit pembengkakan tanpa ada rasa sakit dari skrotum (kantung kemaluan) karena terjadinya pengumpalan cairan pada testis. Penyakit ini walaupun tidak terasa sakit di awal, namun apabila didiamkan akan sangat menyakitkan dan biasanya timbul akibat adanya cedera, peradangan atau infeksi.


• Kista
Kista pada testis biasanya muncul di sekitar skrotum dan dapat terjadi pada semua usia, tapi paling rentan terjadi pada pria berusia 40 tahun keatas. Kista jika telah semakin besar sangat menyakitkan dan mengganggu sehingga harus dilakukan tindakan operasi untuk mengangkatnya. Kista berbentuk seperti benjolan, ditambah dengan rasa nyeri pada testis dan pembuluh vena terasa tegang saat disentuh. Kista ini berisikan cairan jenih dan tidak berwarna.


• Torsio Testis
Torsio testis adalah perkembangan abnormal dari selaput pembungkus testis yang bisa saja terjadi pada waktu remaja maupun dewasa. Akibat dari penyakit ini adalah testis mudah berputar sehingga menyebabkan terhentinya aliran darah menuju testis.


• Orkitis
Orkitis adalah peradangan pada testis yang menyebabkan pembengkakan, nyeri dan juga demam. Orkitis dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Pengobatan orkitis bisa dilakukan melalu suntikan. Untuk mencegah terjadinya orkitis dapat menggunakan kondom karena penyakit ini dapat timbul karena melakukan hubungan seksual berisiko.

Pemeriksaan terhadap kesehatan testis memang belum begitu populer di Indonesia, namun ada baiknya untuk waspada dan mengunjungi dokter apabila Anda mengalami gejala yang tidak biasa pada area sekitar testis.

 

Baca Artikel Terkait:

Normalkah Ukuran Penis Anda?

Pil KB untuk Pria dengan Efektifitas hingga 99%



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli kategori_kesehatan, Beli Kesehatan

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com