Menu
Cart

KESEHATAN

Manfaat Makan Cokelat Untuk Kesehatan

Oleh: AsmaraKu Editorial | 3 menit membaca


Hampir sebagian besar orang menyukai cokelat, selain memang rasanya yang nikmat, coklat juga merupakan simbol cinta seperti coklat valentine, mood-booster, makanan sehat untuk jantung, penunda lapar dan penghilang stres alami. Namun tahukah Anda ternyata cokelat juga memiliki pengaruh baik bagi kesehatan tubuh? Manfaat cokelat untuk kesehatan ternyata cukup banyak dan sebagian besar dari kita pasti belum mengetahuinya.

Manfaat Makan Cokelat Untuk Kesehatan

MANFAAT cokelat juga terkandung pada beragam jenis olahan cokelat seperti cake cokelat, cokelat bubuk, dan kue cokelat. Namun menurut ahli medis, manfaat cokelat terbaik terdapat pada olahan yang mengandung setidaknya 70% cokelat di dalamnya atau biasa disebut dengan dark chocolate. Penelitian dan studi mengenai coklat terus berlanjut, dan hasilnya cukup mengejutkan. Berikut adalah manfaat coklat bagi kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Peredaran Darah

Studi terkini menunjukkan bahwa cokelat adalah makanan sehat untuk jantung yang mampu mengembalikan kemampuan fleksibilitas arteri darah dan juga mencegah kandungan darah putih agar tidak menempel di dinding arteri.

jual cokelat ferero murah hanya di AsmaraKuMencegah Stroke

Para peneliti asal Finlandia berhasil mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi cokelat dapat mencegah resiko terkena stroke. Riset tersebut melibatkan 17 orang pria dan wanita.

Mengandung Gizi yang Tinggi

Cokelat ternyata kaya akan mineral dan zat yang baik untuk tubuh. Zat dan mineral tersebut meliputi selenium, zinc, potassium dan zat besi pada setiap seratus gram batang dark chocolate.

Mencegah Kolesterol

Cokelat ternyata mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh dengan mengonsumsinya secara rutin. Selain itu, cokelat juga dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kardiovascular.

Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh bagian dalam saja, namun cokelat ternyata juga dapat menjaga tubuh bagian luar. Kandungan Flavonol pada coklat mampu menjaga kulit dari bahaya sinar ultraviolet dan mampu menangkal radikal bebas.

Menurunkan Berat Badan

Will Clower, ahli Neurologi mengungkapkan bahwa dengan memakan sedikit cokelat 20 menit sebelum makan dapat menghilangkan rasa lapar. Dengan begitu, porsi makanan yang hendak dikonsumsi akan berkurang. 

Baca Juga: Cokelat Bikin Gemuk Itu Cuma Mitos! 

 

jual coklat ferrero rocher murah

Baik untuk Wanita Hamil

Studi asal Finlandia juga menyebutkan bahwa cokelat mampu menurunkan stres pada ibu hamil. Bayi yang telah lahir dari ibu yang sering mengkonsumsi cokelat pada masa kehamilan cenderung lebih sering tersenyum dan tertawa ketimbang mereka yang tidak mengonsumsinya.

Mencegah Diabetes

Cokelat telah dibuktikan mampu meningkatkan kinerja insulin pada darah sehingga mampu mencegah penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi dark chocolate secara rutin, mampu menunda bahkan mencegah diabetes yang membahayakan kesehatan.

Baik untuk Kesehatan Otak

Kandungan Flavonol pada cokelat juga terbukti mengurangi penurunan kinerja otak pada lansia. Selain meningkatkan kinerja otak, cokelat juga mampu mengobati penyakit yang menyerang otak seperti gegar otak.

Membuat Anda Merasa Lebih Baik

Benar adanya, cokelat mampu membuat perasaan Anda jauh lebih baik. Cokelat mengandung zat Phenylethylamine, yakni zat dikeluarkan oleh otak ketika Anda sedang merasa bahagia atau sedang jatuh cinta. Stres karena kerjaan menumpuk? Segera lah ambil dark chocolate dan kembalikan semangat Anda!

Mengobati Batuk 

Kandungan Theobromine pada cokelat terbukti dapat mengurangi frekuensi batuk dengan menekan saraf Vagus. Hal ini diungkapkan melalui sebuah studi oleh Maria Belvisi, profesor Pharmacologist dari National Heart and Lung Institute.

Mengobati Diare

Sejak dulu kala, cokelat telah dipercaya sebagai obat diare oleh masyarakat Uni Eropa dan Amerika Latin. Hal ini pun didukung oleh penelitian dari Children's Hospital Oakland Research Institute yang mengungkapkan kandungan Flavonol di dalamnya dapat mengobati diare berlebihan.

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_coklat, Beli coklat, Beli kado, Beli kado makanan, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com