Menu
Cart

KESEHATAN

Deteksi Masalah Kesehatan Melalui Kondisi Kuku

Oleh: AsmaraKu Editorial | 4 menit membaca


jual vitamin untuk daya tahan tubuh lengkap

Tahukah Anda ternyata kuku dapat menunjukkan kondisi kesehatan Anda? Kondisi kesehatan seperti penyakit ginjal, kesehatan jantung, dan penyakit lainnya dapat diketahui dan deteksi melalui bentuk, warna dan tekstur kuku, lho! 

KUKU memang merupakan anggota tubuh yang juga patut diperhatikan kesehatan dan juga kecantikannya. Bagi wanita, kuku dapat menjadi daya tarik tersendiri dan menyempurnakan penampilan secara keseluruhan. Perhatian terhadap kuku memang menjadi penting sebab ternyata kuku bisa menjadi indikator dari kesehatan tubuh. Kenalilah deteksi penyakit melalui kuku Anda dan gejala-gejalanya yang mungkin ditimbulkannya, sehingga Anda dapat lebih mengenal cara menjaga kesehatan tubuh Anda sendiri.

Baca Juga: Deteksi Masalah Kesehatan dari Warna Urine

1. Rapuh dan Mudah Patah.

Kuku Anda sangat rapuh dan mudah patah bahkan mudah terbelah menjadi dua? Kemungkinan Anda kekurangan asupan vitamin A, vitamin C, dan Biotin. Mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B tinggi serta vitamin-vitamin lainnya tersebut. Kuku rapuh juga berpengaruh karena faktor usia. Hal ini sangat lumrah terjadi pada mereka yang telah lansia.

Pemakaian produk mempercantik kuku yang berlebihan dapat membuat kuku menjadi lemah dan mudah rusak. Jika Anda mengalami kuku rapuh, hentikan pemakaian produk-produk tersebut dan mulailah menjaga kelembabannya agar kuku kembali normal.

 

2. Berwarna kekuningan.

jual produk suplemen kesehatan lengkap dan murahAda banyak faktor penyebab kuku menguning. Diantaranya ialah efek dari kuteks berwarna hitam, dan noda dari rokok. Namun kuku berwarna kuning juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur kuku dan psoriasis. Anda dapat menghilangkan noda kuning pada kuku dengan menggunakan pemutih gigi. Jika noda tidak hilang dan disertai rasa sakit, kemungkinan besar terjadi infeksi jamur kuku. Segera hubungi dokter.

 

 

3. Bintik Putih.

Bintik putih pada kuku umumnya terjadi karena kuku Anda pernah mengalami trauma kecil seperti benturan. Tidak ada masalah serius untuk gejala ini, namun jika bintik-bintik tersebut mulai bermunculan lebih banyak, ada kemungkinan itu merupakan infeksi jamur. Segera hubungi dermatologis jika gejala berlanjut.

 

4. Garis Hitam Vertikal.

jual suplemen kesehatan murahUmumnya garis hitam hanya ada pada kuku mereka yang berkulit hitam. Biasanya garis semakin hitam pekat di pangkal kuku. Jika Anda memiliki gejala ini, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut normal. Namun jika garis hitam mulai mengganggu seperti disertai rasa sakit, segera hubungi dermatologis.

 

 

 

5. Kuku Melengkung ke Atas

Kondisi kuku melengkung ke atas atau biasa disebut kuku 'Sendok', sangat jarang terjadi. Tapi bila kuku Anda berbentuk seperti ini, Anda kekurangan asupan zat besi. Peredaran darah pada jari jemari Anda tidak mencapai bagian tengah kuku. Namun di beberapa kasus, kuku sendok menandakan adanya gangguan pada kesehatan jantung dan gangguan pada kelenjar tiroid. Mulailah mengonsumsi makanan mengandung zat besi tinggi dan yodium secukupnya. Ada baiknya segera menghubungi dokter jika gejala berlanjut.

 

6. Garis Cekung Horizontal.

jual suplemen detoksifikasi lengkap dan murahKuku Anda pernah terbentur keras? Maka hal tersebut adalah jawabannya. Namun jika kuku Anda tidak pernah mengalami trauma berat tetapi terdapat garis cekung horizontal, ada kemungkinan Anda terkena penyakit seperti diabetes, gangguan peredaran darah, dan penyakit lainnya yang menyebabkan demam tinggi seperti pneumonia. Garis cekung horizontal ini juga dikenal sebagai garis Beau atau Beau's Line.

 

 

7. Bercak Putih Berbentuk Bulat.

Bercak putih besar dan bulat pada bagian tengah kuku umumnya menandakan perubahan hormon pada tubuh Anda. Selain itu, dapat juga menandakan penyakit seperti diabetes, gangguan kelenjar tiroid, dan kadar stress meningkat. Jika muncul gejala ini pada kuku Anda, segera hubungi dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

 

8. Aktivitas Menggigit Kuku Berlebihan.

jual suplemen multivitamin lengkapGejala ini bukan terjadi pada kuku Anda, melainkan diri Anda sendiri. Jika Anda merasa sering menggigiti kuku ketika mulai tumbuh, juga menggigit kulit di sekitarnya hingga sering terkelupas, ada kemungkinan Anda bermasalah dengan Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Segera hubungi dokter ahli agar mendapatkan penanganan yang tepat. Atau Anda bisa mengoles sesuatu yang pahit pada kuku Anda agar Anda menghentikan kebiasaan tersebut secara otomatis.

 

 

 

9. Noda Hitam.

Terdapat bercak hitam atau noda hitam pada kuku sangat lumrah terjadi terutama jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Cukup dengan mencuci tangan dengan sabun, maka kotoran akan segera hilang. Namun jika bercak hitam ada pada bagian tengah atau pangkal kuku, kemungkinan Anda terkena psoriasis. Segera hubungi dokter untuk segera ditindak lebih lanjut.

 

10. Lebam Hingga Melengkung.

jual obat stamina tubuh lengkap dan murah Jika ujung kuku lebam membiru dan kuku melengkung, hal ini menandakan gangguan pada liver atau penyakit ginjal. Jangan menunda lagi, jika Anda mengalami gejala ini, segera hubungi dokter.



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli antioksidan, Beli antioksidan pria, Beli antioksidan wanita, Beli a_multivitamin, Beli detoksifikasi, Beli detoksifikasi pria, Beli detoksifikasi wanita, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli kesehatan prostat, Beli multivitamin, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli stamina tubuh, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita, Beli suplemen pria, Beli suplemen wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com