Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

WANITA

17 Penyebab Bibir Hitam

Oleh: AsmaraKu Editorial | 7 menit membaca


Orang yang memiliki bibir hitam mungkin karena dua penyebab. Yang pertama adalah bibirnya berwarna gelap dari lahir dan yang kedua adalah bibir berwarna gelap karena beberapa faktor. Untuk menghindari agar bibir Anda tidak berwarna hitam, penting untuk mengetahui apa saja penyebab bibir hitam. 

17 Penyebab Bibir Hitam

1. Bibir Kering

Bibir merah alami akan terlihat indah ketika Anda menggunakan pelembab bibir dengan jumlah yang tepat. Bagi para perokok juga akan mudah mengalami bibir kering.

Selain itu, cuaca dingin dan berangin juga menyebabkan bibir menjadi kering. Kadang-kadang bibir kering dapat membuat bibir Anda menjadi retak dan pecah-pecah. Bukan hal yang tidak mungkin, pada akhirnya Anda akan memiliki bibir hitam yang membuat Anda semakin tidak percaya diri. 

Baca juga: Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Scrub

2. Gaya Hidup Dan Kebiasaan

Gaya hidup merupakan penyebab bibir hitam kedua setelah bibir kering. Apabila Anda terbiasa dengan gaya hidup yang terlalu mewah, Anda juga dapat meninggalkan warna gelap pada bibir Anda. Merokok, minum alkohol dan penggunaan obat terlarang juga  dapat membawa perubahan warna pada bibir.

Misalnya, alkohol mengandung zat asam yang dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada bibir Anda. Selain itu, kurangnya mengonsumsi air mineral juga menyebabkan dehidrasi sehingga dapat menyerang kulit sensitif, seperti bibir, wajah, dan lain-lain. Dehidrasi akhirnya meninggalkan sentuhan gelap pada bibir Anda.

jual perawatan bibir terlengkap hanya di AsmaraKu

3. Produk Kosmetik (Bibir)

Tak jarang wanita mengaplikasikan kosmetik atau makeup di bibir mereka sehingga bibir mereka terlihat mengesankan dan menarik di depan semua orang. Kadang-kadang, produk kosmetik (bibir) ini dapat menyebabkan kegelapan di bibir Anda.

Bahan kimia bermutu rendah yang terkandung di dalamnya juga sangat berbahaya bagi kulit sensitif seperti bibir. Selain itu, apabila Anda tidak menghapus makeup dari bibir pada malam hari sebelum tidur, kebiasaan ini sering menyebabkan bibir hitam

4. Melasma

Melasma berarti hiperpigmentasi pada kulit yang disebabkan oleh deposisi melanin yang berlebihan. Umumnya, melanin terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Ini dapat terjadi pada setiap kulit terbuka seperti wajah, bibir, tangan, leher, dan lain-lain.

Berhubung wajah adalah bagian yang paling terbuka, itu yang paling terkena dampak melanin. Biasanya, melasma menyebabkan gelap pada bibir bagian atas. Cara mengatasi bibir hitam ini adalah dengan menggunakan produk tabir surya pada bibir Anda untuk mencegah kulit terbakar. 

5. Paparan Sinar Matahari

Perubahan warna pada bibir Anda juga dapat terjadi karena paparan sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari secara terus-menerus dapat membakar kulit, baik di bibir maupun kulit. Namun, kegelapan pada bibirlah yang paling terlihat. Jadi, sebaiknya disarankan agar Anda tidak terlalu sering menghadap ke arah paparan sinar matahari yang berbahaya. 

6. Anemia (Kurang Darah)

Anemia juga dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir. Pada dasarnya, anemia terjadi pada wanita selama masa kehamilan. Anemia ini disebabkan karena sel darah merah (hemoglobin) kurang dari jumlah normal.

Jadi, kekurangan hemoglobin menyebabkan perubahan warna pada kulit bibir. Kadang-kadang, perubahan warna ini terlihat biru dan dalam cuaca dingin menjadi lebih gelap.

jual suplemen antioksidan terlengkap hanya di AsmaraKu

7. Kebiasaan Mengonsumsi Makanan Tidak Bergizi

Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak bergizi dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti bulimia dan anoreksia nervosa. Untuk bulimia, biasanya terjadi muntah secara berulang dan tindakan korosif dari asam lambung.

Masalah ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada bibir Anda. Selain itu, banyak orang yang mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan air yang porsinya sangat kurang. Tiga hal ini membuat kulit terlihat tidak bersih dan cerah.

8. Lentigo

Lentigo sangat mempengaruhi kulit, termasuk bibir dan wajah. Lentigo ini ditandai dengan adanya bercak coklat kecil pada kulit, biasanya terjadi pada orang tua. Lentigo mungkin terjadi karena paparan sinar matahari.

9. Obat yang Berbeda

Berbagai jenis obat dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan perubahan warna kulit, termasuk bibir, leher, dagu dan lain-lain. Namun, bibir yang paling terpengaruh oleh obat-obatan ini. Obat-obatan tersebut adalah:

  • Obat isotretinoin, acitretin, untuk mengobati gangguan kulit lainnya.
  • Obat antidepresan seperti imipramine, desipramine.
  • Tetrasiklin (minocycline) adalah antibiotik berdosis tinggi. Dan, jenis antibiotik lain juga dapat menyebabkan perubahan warna bibir.
  • Obat antipsikotik untuk mengobati kondisi kejiwaan tertentu.
  • Obat kemoterapi untuk mengobati kanker.
  • Beberapa obat (fenotiazin) untuk mengobati muntah dan mual.
  • Obat antimalaria untuk mencegah atau mengobati malaria.
  • Hydroquinone (obat pemutih kulit) 

    10. Sindrom Peutz-Jeghers

    Sindrom Peutz-Jeghers adalah kondisi genetik. Kondisi ini sangat meningkatkan risiko kanker usus. Sindrom ini ditandai dengan adanya bercak kulit hitam melalui lapisan mukosa yang ada di dalam mulut. 

    11. Racun dan Keracunan

    Bibir Anda mungkin mengalami perubahan warna yang disebabkan oleh racun seperti perak, merkuri, tembaga, dan lain-lain. Selain itu, beberapa zat kaustik, seperti alkali, asam, dan unsur-unsur beracun lainnya dapat menyebabkan luka bakar pada bibir Anda. Dengan demikian, Anda mungkin akan mengalami perubahan warna di bibir.

    jual perawatan bibir lengkap dan murah

    12. Merokok

    Ada pepatah mengatakan bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kematian. Merokok juga menyebabkan beberapa masalah lain pada kulit. Bibirlah yang paling terpengaruh oleh rokok.

    Kulit bibir menjadi sangat gelap dan menyebabkan kekeringan, garis-garis halus dan kerutan pada atau di sekitar bibir. Gigi juga menjadi gelap atau coklat karena kebiasaan merokok. Satu-satunya cara untuk mendapatkan bibir merah alami adalah dengan berhenti merokok.

    13. Dehidrasi

    Gejala umum dehidrasi adalah kulit kering yang terjadi pada wajah, dagu, tangan, dan leher. Selain itu, juga dapat menyebabkan warna bibir menjadi gelap. Seseorang dianjurkan untuk minum 8-10 gelas air mineral per hari untuk menjaga kulit tetap lembab. Minum air mineral dengan jumlah yang cukup juga membantu untuk menjaga kulit bibir Anda tetap sehat.

    14. Alergi

    Alergi datang karena penggunaan kosmetik bibir yang salah. Ini mungkin berasal dari lipstick, lipgloss atau lipbalm. Pada dasarnya, wewangian dan pewarna kosmetik dapat menyebabkan alergi.

    Dan, alergi menyebabkan garis-garis gelap atau bintik pada bibir Anda. Jika Anda mengalami alergi karena kosmetik, Anda harus segera menghentikan penggunaan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan kulit.

    Baca juga: Pentingnya Pakai Lip Balm

    15. Kopi dan Minuman Panas

    Banyak orang yang tidak bisa mengendalikan keinginan untuk meminum kopi atau teh panas. Memang benar bahwa kopi panas atau teh dapat memberikan kesegaran. Namun, apabila diminum secara berlebihan dapat memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan.

    Bahkan, jika lebih dari 5 cangkir teh panas atau kopi, dapat berbahaya bagi kulit wajah seperti bibir. Bibir Anda mungkin menjadi lebih gelap dari yang sebelumnya dan dapat meninggalkan noda di gigi Anda.

    16. Tidak Merawat Bibir

    Kulit bibir merupakan salah satu kulit yang paling sensitif dari tubuh. Jadi, Anda harus mengurus bibir Anda dengan benar dan teratur. Di musim dingin, bibir sering diabaikan oleh setiap orang.

    Banyak pria dan wanita yang tidak merawat bibirnya selama periode ini. Bibir mereka menjadi kering, kemudian pecah-pecah. Dan setelah itu, meninggalkan garis-garis gelap atau bercak pada bibir Anda. Cara mengatasi bibir hitam ini dengan menggunakan obat alami.

    Baca juga: Cara Mengatasi Bibir Hitam

    17. Dermatitis atau Infeksi Kulit

    Dermatitis terdiri dari dua jenis yaitu dermatitis kontak dan dermatitis atopik. Dermatitis atopik tidak berbahaya bagi bibir. Biasanya, dermatitis kontak lah yang berbahaya bagi bibir wanita.

    Dermatitis kontak datang dengan sentuhan lipstik, lip gloss, lip liner dan lip balm. Umumnya, kosmetik murah yang dibuat dengan pewarna mengandung dermatitis.

    Jadi, dokter kulit menyarankan untuk tidak menggunakan kosmetik murah di bibir. Lebih baik pilihlah kosmetik bibir dengan harga yang lebih mahal tapi tidak merusak kulit bibir.

    Selain 17 penyebab bibir hitam diatas, apabila Anda kekurangan vitamin B juga kadang-kadang membuat perubahan warna pada bibir. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B agar warna bibir tidak menjadi gelap. 

     



    Sebelumnya: Ini Dia Manfaat Pakai Korset Pelangsing untuk Tubuh Anda


    Artikel Terkait


    0 comments

    Tinggalkan komentar


    Belanja produk di artikel ini

    Beli a_perawatan bibir, Beli kategori_wanita, Beli lip balm, Beli lipstick, Beli perawatan bibir, Beli wanita

    HALO CINTA!

    Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

    Kita tunggu yah belanjanya :3

    PRIAWANITA
    Halaman Privasi
    Kembali —

    Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
    ketika berbelanja di Asmaraku.com