Kenali Berbagai Variasi Jenis Parfum Pria

Bagi pria, menggunakan parfum dapat meningkatkan sisi maskulin dan menunjukkan jati diri mereka. Parfum pria memberikan daya tarik bagi wanita karena wanita memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap bau-bauan dan lebih mudah tertarik pada wangi tertentu. Akan tetapi banyak jenis parfum pria hanya tersedia di toko-toko khusus saja, sehingga menjadi lebih sulit menentukan wangi yang tepat untuk Anda. 

varian parfum pria

ADA ribuan variasi jenis parfum pria yang tersedia mulai dari cologne hingga minyak wangi pria yang berbeda. Tidak hanya variasi parfum saja, ada pula perbedaan pada komposisi, tingkat kepekatan parfum, kadar minyak hingga kesan yang ditunjukkan dari wangi parfum pria tersebut. Jadi bagaimana Anda tahu yang wewangian mana yang terbaik dan paling cocok untuk Anda? Ada beberapa cara yang berbeda Anda dapat memutuskan bagaimana memilih aroma yang sempurna yang akan cocok dengan gaya unik Anda sendiri dan kepribadian.

Komposisi

Ketika berbicara tentang komposisi pada parfum, ini berarti unsur-unsur yang berbeda yang membentuk sebuah aroma. Sering kali unsur-unsur ini disebut dengan "notes", seperti notes kayu cendana, notes bergamot dan lain sebagainya. Notes biasanya memiliki urutan serta kadar yang berbeda-beda tergantung pada bagaimana unsur-unsur tersebut dikombinasikan.

Parfum pria terbaik memiliki komposisi unik yang membedakan mereka dari parfum-parfum lainnya. Beberapa parfum dikatakan sebagai parfum pria terbaik dengan menggunakan bahan-bahan yang sangat langka atau mahal sehingga parfum lain tidak bisa menggunakan bahan yang sama. Sementara itu, parfum lainnya bisa menjadi parfum pria terbaik dengan menciptakan campuran aroma yang tidak biasa atau tidak terpikirkan oleh perusahaan parfum lain. Sayangnya, tidak semua parfum menuliskan notes yang digunakan pada parfum pria, jika Anda ragu, mintalah tester untuk menguji aroma sebelum Anda membelinya.

Tahun Peluncuran

Saat pertama kali sebuah parfum diluncurkan dan pada beberapa tahun berikutnya, bahan yang digunakan tidak akan pernah sama. Tentu dalam hal ini yang berbeda adalah kualitas bahan parfum. Selain itu ada juga pengaruh dari elemen fashion pada tahun tertentu, wangi parfum diciptakan sesuai dengan gaya pria yang populer saat itu. Seperti pada tahun 1980-an, wangi jenis parfum pria lebih terasa menyengat, agresif dan lebih menggunakan dry notes, bila dibandingkan dengan jenis parfum pria tahun 1990-an yang terasa lebih segar, ringan dan sedikit manis.

Dalam hal ini parfum bisa menjadi ketinggalan jaman dengan adanya perubahan gaya atau fashion pria setiap dekade. Terutama jika Anda selalu mengikuti perkembangan fashion, mungkin Anda perlu membeli parfum yang sesuai. Namun itu tidak berarti parfum lama Anda harus disingkirkan, jika Anda memiliki gaya unik tersendiri yang cocok dengan parfum lama tersebut. Tampilan Anda akan terlihat sempurna dengan parfum dan gaya yang menyatu.

Kadar Minyak


kadar minyak pada parfum priaJenis
minyak wangi pria Eau de Toilette (EDT) cenderung kurang tahan lama dibanding Eau de Parfum. Rata-rata Eau de Toilette akan bertahan antara 4- 8 jam dan cologne akan bertahan sekitar 1-2 jam, sementara Eau de Parfum atau jenis Parfum tertentu bisa bertahan sampai 24 jam. Beberapa jenis Eau de Toilette juga tersedia dalam bentuk cologne, sehingga Anda perlu memilih jenis minyak wangi pria yang tepat untuk Anda.Kandungan minyak akan menentukan seberapa lama harum minyak wangi Anda akan bertahan. Semakin banyak kadar minyak, maka akan semakin kuat dan tahan lama minyak wangi pria tersebut. Hal ini bisa menjadi kabar baik atau kabar buruk bagi Anda, karena Anda perlu berhati-hati seberapa banyak Anda menggunakan minyak wangi untuk menghindari bau menyengat.

Intensitas

Kepekatan atau intensitas minyak wangi pria mempengaruhi tampilan Anda dan seberapa jauh wangi Anda terasa. Sebuah minyak wangi dengan intensitas yang kuat dapat tercium bahkan saat Anda berjalan, namun untuk minyak wangi yang kurang kuat hanya akan terasa saat berdekatan atau berpelukan saja. Tidak ada yang lebih baik, wangi yang memiliki intensitas kuat maupun ringan tergantung dari seberapa banyak Anda menggunakan dan kesan yang ingin Anda tampilkan.

Konsep


konsep varian parfum pria
Sebuah konsep biasanya dapat Anda ketahui dari kemasan, iklan dan wangi parfum untuk memberikan kesan tertentu ketika menggunakan parfum pria tersebut. Konsep yang ditampilkan oleh parfum pria seperti kesan maskulin, romantis, humoris hingga kesan elegan dan seksi. Terciptanya sebuah konsep hadir dari inspirasi yang diberikan oleh jenis bahan dan perpaduan wangi yang dihasilkan. Seperti wangi pohon pinus dan buah untuk pria penyuka kegiatan di lapangan atau wangi musk yang terkesan maskulin. Dibutuhkan beberapa percobaan untuk menemukan konsep yang Anda suka dengan mengetahui komposisi dan intensitas parfum yang tepat untuk Anda.

 

 

Merek dan Harga

Merek parfum terkenal bisa memengaruhi konsep penampilan seorang pria, karena setiap merek parfum memiliki konsep kuat yang menjadi ciri khas mereka. Umumnya sebuah merek parfum akan menggunakan bahan yang tidak jauh berbeda untuk beberapa jenis parfum pria yang mereka luncurkan. Sehingga ketika Anda ingin mengganti jenis parfum, Anda bisa memilih merek parfum pria yang sama namun dengan jenis yang berbeda tentunya tetap dengan konsep yang sama pula.

Selain itu hal yang ikut menentukan parfum apa yang cocok untuk Anda adalah harga. Jenis atau merek parfum apa saja yang sesuai dengan anggaran belanja Anda akan membatasi pilihan parfum yang bisa Anda beli. Sehingga Anda perlu memilih parfum pria terbaik dari segi konsep, intensitas hingga merek dan harga parfum pria yang sesuai dengan kepribadian Anda. Cobalah untuk meminta tester atau melihat website yang memberikan informasi mengenai parfum pria yang paling tepat untuk Anda.

 

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait