Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Manfaat Yogurt Untuk Menurunkan Berat Badan

Oleh: AsmaraKu Editorial | 7 menit membaca


Yogurt yang Anda konsumsi ternyata termasuk ke dalam daftar makanan sehat. Yogurt kaya akan nutrisi dan merupakan sumber protein, kalsium dan potasium yang sangat baik bagi tubuh. Yogurt juga mengandung banyak vitamin dan mineral serta rendah kalori. Salah satu manfaat yogurt terpenting bagi Anda yang sedang menjalani program diet yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. 

cara menurunkan berat badan dengan yogurt

MANFAAT yoghurt bagi kesehatan kini mulai disadari oleh masyarakat luas, terutama mereka yang memiliki masalah dengan berat badan. Seiring menjamurnya program-program diet yang ditawarkan, popularitas yogurt sebagai salah satu makanan sehat penunjang diet juga ikut merangkak naik. Cara menurunkan berat badan yang mudah dan nikmat dapat sekaligus Anda lakukan dengan mengonsumsi yogurt setiap hari, tentu dengan porsi yang tepat. Selain dapat menurunkan berat badan, yogurt juga memiliki segudang manfaat kesehatan lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa Anda layak memilih yogurt sebagai asupan program diet Anda.

Yogurt dapat Memberikan Anda Perut yang Rata

Mengonsumsi 18 ons yogurt perhari bisa menurunkan berat badan Anda. Orang yang mengonsumsi yogurt dengan jumlah tersebut, dapat menurunkan berat badan 22% lebih banyak serta 81% lemak di perut secara keseluruhan dibanding pendiet yang melewatkan cemilan mereka, berdasarkan penelitian di Universitas Tennessee, Knoxville. Yogurt juga dapat mempertahankan lebih dari sepertiga pembakar kalori pada massa otot, yang dapat membantu anda menurunkan berat badan. “Lemak di sekitar pinggang Anda memproduksi hormon kortisol yang memberi sinyal kepada tubuh untuk mengumpulkan lebih banyak timbunan lemak di perut.” ujar profesor nutrisi dan penulis utama studi Michael Zemel, PhD. Ketika Anda mengonsumsi yogurt, kalsium memberikan sinyal kepada sel lemak Anda untuk lebih sedikit memompa kortisol keluar. Sehingga lebih memudahkan Anda menurunkan berat badan. Sedangkan asam amino dapat membantu membakar lemak.

Banyak Produk Yogurt yang Mengandung Bakteri Baik

Kata-kata “Live and active culture” dalam kemasan berarti bahwa yogurt Anda memiliki kandungan probiotik. Yaitu bakteri baik yang hidup di saluran percernaan Anda dan membantu mengeluarkan kumpulan mikro organisme jahat yang dapat mengakibatkan infeksi usus. Namun, sekarang banyak jenis yogurt yang mengandung strain khusus dari probiotik bertujuan untuk membantu proses pencernaan Anda dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tetapi, penelitian tersebut bukanlah suatu kesimpulan. “Jika Anda menderita masalah kesehatan tertentu, seperti kembung atau diare, tak ada salahnya mencoba salah satu produk yogurt selama beberapa minggu dan melihat apakah manfaat yogurt itu dapat membantu mengurangi masalah kesehatan Anda.” ujar anggota dewan penasihat FITNESS Dawn Jackson Blatner, RD. 

Yogurt Mengandung Banyak Vitamin

Seporsi yogurt bisa menjadi sumber dari kalsium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan vitamin B5 (asam pantotenat). Yogurt juga mengandung vitamin B12, yang mengatur sel-sel darah merah dan membantu menjaga sistem syaraf Anda agar berfungsi dengan baik. “Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk hewani, seperti daging ayam dan ikan. Vegetarian ketat tak perlu khawatir semuanya bisa didapatkan dalam seporsi yogurt.” Ujar Jackie Newgent, RD, seorang anggota dewan penasihat FITNESS dan penulis buku Big Green Cookbook. Mengonsumsi lebih banyak yogurt dapat membantu mengurangi kesenjangan nutrisi. Satu porsi sekitar 8 ons mengandung 1,4 mikrogram vitamin, jumlah ini sekitar 80% dari apa yang wanita dewasa butuhkan setiap hari.

Satu Cup Yogurt Sehari dapat Membantu Memulihkan Kondisi Anda

Dengan rasio kandungan protein dan karbohidrat yang tepat, manfaat yoghurt khususnya jenis yogurt Yunani yang tinggi protein, membuat momen berkeringat sesaat setelah makan menjadi sangat baik. “Protein menyediakan asam amino untuk otot Anda agar dapat memperbaiki sel mereka sendiri.” Gans melanjutkan, “Dan karbohidrat mengganti simpanan energi otot Anda, yang habis setelah latihan berat.” Adalah tambahan manfaat, jika Anda minum sebotol air setelahnya. Protein dalam yogurt juga dapat membantu meningkatkan jumlah air yang dapat diserap oleh usus.

Tidak Semua Yogurt Memiliki Jumlah Kalsium dan Vitamin D yang Sama

cara menurunkan berat badan dengan yogurt

Karena secara alami mengandung kalsium, Anda akan berpikir jumlahnya akan sama tidak peduli yogurt mana yang Anda pilih. Mindset tersebut kurang tepat, karena "Tingkat kalsium dapat bervariasi dari merek satu ke merek lainnya, sehingga Anda benar-benar perlu mengecek label kandungan gizi di balik kemasan." kata Newgent. Berapa banyak kandungan kalsium dalam satu wadah saji yogurt tergantung pada proses pengolahan. Misalnya, yogurt buah cenderung memiliki kalsium lebih rendah dibanding yogurt plain karena gula dan buah menempati porsi utama dalam kemasan. "Vitamin D tidak secara alami ada dalam yogurt, tapi karena membantu meningkatkan penyerapan kalsium, sebagian besar perusahaan menambahkannya." Newgent menambahkan.  

Yogurt dapat Mencegah Hipertensi

Setiap harinya 70 persen dari kita mengonsumsi garam lebih dari dua kali jumlah yang disarankan. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan hipertensi, gangguan ginjal dan penyakit jantung. Kalium dalam yogurt jumlahnya hampir 600 mg per 8 ons, ini dapat membantu mengeluarkan sodium berlebih dari tubuh Anda. Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa di antara orang dewasa yang mangonsumsi paling banyak susu rendah yakni dua porsi atau lebih salam sehari, beresiko 54% lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang mengonsumsi susu rendah lemak lebih sedikit.

Mengonsumsi Yogurt Setiap Hari dapat Membuat Anda Lebih Tenang

Menurut sebuah studi di Universitas Vienna, wanita yang mengonsumsi yogurt 4 ons perhari memiliki sel T yang jauh lebih kuat dan lebih aktif untuk dapat melawan penyakit dan infeksi dibanding sebelum mereka mulai mengonsumsi yogurt. "Bakteri baik dalam yogurt membantu mengirimkan sinyal ke sel peningkat daya tahan tubuh untuk memperkuat dan melawan bakteri berbahaya." ujar penulis studi Alexa Meyer, PhD., seorang peneliti nutrisi di Universitas Vienna. Penderita alergi yang biasanya memiliki tingkat sel T tertentu lebih rendah, juga dapat ditolong dengan menambahkan yoghurt ke dalam asupan diet mereka. Pada studi yang termuat di Journal of Nutrition, orang yang mengonsumsi 7 ons yogurt perhari memiliki gejala alergi lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengonsumsi yogurt sama sekali.

Yogurt dapat Membuat Anda Tersenyum

Meskipun mengandung gula, yogurt tidak menyebabkan gigi berlubang. Ketika para ilmuwan Universitas Marmara Turki menguji gigi dengan yogurt rendah lemak, ringan, dan rasa buah, mereka menemukan bahwa tidak satupun dari jenis yogurt tersebut yang mengikis enamel gigi yang merupakan penyebab utama kerusakan. Asam laktat dalam yogurt berperan memberikan perlindungan kepada gusi Anda. Orang yang mengonsumsi setidaknya dua ons sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah tertular penyakit periodontal parah daripada mereka yang tidak mengonsumsi yogurt.

Yogurt Murni Belum Tentu Lebih Baik

Hampir semua produk yogurt di toko sekitar Anda telah dipasteurisasi. Yaitu dengan memberikan suhu tinggi untuk membunuh patogen berbahaya. Penggemar produk susu olahan murni mengklaim bahwa produk yang tidak dipasteurisasi baik berupa susu, yogurt, dan keju itu lebih baik untuk Anda karena mengandung lebih banyak bakteri menyehatkan, tetapi pasteurisasi tidak merusak probiotik yang menguntungkan tubuh. Ditambah hasil studi menunjukkan bahwa mereka yang makan yogurt murni tidak memiliki sistem kekebalan tubuh atau pencernaan yang lebih kuat dari orang-orang yang terbiasa mengonsumsi produk yang dipasteurisasi. Dan produk olahan dari susu murni membawa risiko keracunan makanan. Bakteri E. coli dan salmonella adalah dua patogen yang dapat mengintai dalam makanan dan mengendap di tubuh Anda.

Yogurt adalah Makanan yang Tinggi Protein

Yogurt dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Tetapi, jenis yang satu mungkin memiliki kandungan protein lebih dari dua kali lipat dari jenis lainnya. Jenis yogurt Yunani yang kental dan pekat, memiliki protein hingga 20 gram per saji. Sebagai perbandingan, yogurt tradisional mungkin memiliki sedikitnya 5 gram protein perkemasan. Jika Anda mengonsumsi yogurt untuk keperluan pemenuhan protein, carilah merek yang menyediakan setidaknya 8 sampai 10 gram per porsi.

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_obat pelangsing, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli krim pelangsing, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita, Beli suplemen pelangsing, Beli suplemen pelangsing minum, Beli suplemen pria, Beli suplemen wanita, Beli weight loss

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com