Menu
Cart

WANITA

8 Langkah Mudah Meningkatkan Kesuburan Wanita

Oleh: Asmaraku Shop | 5 menit membaca


Secara alami wanita akan mengalami masa subur dengan jangka waktu yang berbeda-beda pada setiap wanita. Namun, bagi sebagian wanita, kehamilan masih sulit didapatkan karena beragam sebab. Salah satunya mungkin karena kesuburan sang wanita, sehingga perlunya menjaga pola hidup dan makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita. Berikut berbagai cara mudah dan alami untuk membantu Anda meningkatkan kesempatan memperoleh anak.

1. Mengatur Konsumsi Makanan

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah menjaga makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk mengkonsumsi cukup protein, zat besi, dan vitamin C, karena kekurangan nutrisi ini dapat dikaitkan dengan siklus menstruasi. Sehingga mempengaruhi ovulasi menjadi lebih jarang dan risiko yang lebih tinggi keguguran dini. Masukan makanan kaya protein dalam diet Anda, seperti daging, ikan, produk susu rendah lemak, telur, dan kacang-kacangan. Bagi yang vegetarian bisa mengkonsumsi beras dan kacang atau tumis dengan tahu.

2. Mulailah Pola Hidup yang Sehat

Bagi Anda yang ingin mempunyai anak, ini adalah alasan untuk berhenti merokok. Karena racun rokok tidak hanya merusak telur wanita, mengganggu proses pembuahan dan implantasi juga menyebabkan ovarium mengalami penuaan. Hal ini dikatakan oleh Robert Barbieri, MD, kepala kebidanan dan ginekologi di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, bahwa wanita perokok berumur 35 tahun akan seolah-olah memiliki ovarium wanita berumur 42 tahun karena kurang subur.

Hidup sehat juga dibantu dengan mengurangi alkohol karena berdasarkan penelitian, alkohol dapat mengubah kadar estrogen, yang dapat mengganggu implantasi telur. Tak hanya itu, bagi Anda penikmat kafein dianjurkan untuk menjaga konsumsi minuman berkafein tidak lebih dari 2 cangkir dalam sehari. Sebuah studi terbaru dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menemukan bahwa perempuan yang minum dua cangkir kopi, akan dua kali lebih mungkin mengalami keguguran dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi. Jadi jagalah pola hidup sehat 

3. Saatnya Liburan dan Merelaksasi Diri

Stres dan depresi ternyata berpengaruh dalam menghambat kesuburan Anda. Sebuah studi Denmark, diikuti oleh 393 pasangan yang mencoba untuk hamil, menemukan bahwa kurangnya kemungkinan wanita untuk hamil ketika mereka melaporkan tekanan psikologis. Para ahli menduga bahwa stres dapat membuang produksi hormon tubuh Anda, membuat siklus menstruasi Anda kurang baik. Untuk itu cobalah mengurangi stres melalui teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga, SPA dengan aromatherapy serta pergi berlibur, mungkin bulan madu kedua?

4. Jaga Berat Badan Anda

Baik kelebihan lemak tubuh ataupun terlalu sedikit lemak tubuh, kdapat menyebabkan gangguan produksi hormon. Hail ini dapat mengganggu ovulasi dan siklus menjadi kurang teratur sehingga kehamilan sulit diperoleh. Seperti yang dikatakan William Gibbons, direktur divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Baylor College of Medicine, mengatakan berat badan sebelum hamil sering merupakan faktor menjaga kesuburan. Berdasarkan BMI, berat badan yang normal untuk menjaga kesuburan adalah 18,5-24,9.

5. Lakukan Hubungan Intim Lebih Sering

Merupakan ide yang baik untuk mulai berhubungan seks lebih sering terutama bila Anda ingin memiliki anak atau sekedar melepaska stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang bercinta atau melakukan hubungan intim secara teratur, setidaknya setiap minggu, memiliki siklus menstruasi dan ovulasi diprediksi normal daripada wanita yang berhubungan intim tidak setiap minggu. Berhubungan seks setiap minggu juga dapat membuat Anda menghasilkan lebih banyak estrogen, bahkan menurut Dr Williams. berhubungan seks setiap 36 sampai 48 jam dalam beberapa hari sebelum ovulasi akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan bayi.


6. Pentingnya Mengetahui Masa Subur

Siklus menstruasi normal berlangsung sekitar 25 sampai 35 hari (mulai menghitung pada hari pertama menstruasi Anda). Jika siklus Anda terasa lebih lama misalkan 40 hari, berarti ovulasi Anda lebih jarang kata Michael Soules, MD, mantan presiden American Society for Reproductive Medicine. Untuk itu Anda perlu mengetahui masa subur dan ovulasi, agar Anda tahu kapan harus melakukan hubungan intim secara teratur. Ketahui masa subur Anda lebih pasti, salah satunya dengan alat tes kesuburan atau kalender siklus menstruasi Anda sendiri.

7. Meningkatkan Kesuburan dengan Suplemen Terpercaya

Mengkonsumsi suplemen juga baik untuk meningkatkan kesuburan Anda, dengan bahan dan kandungan alami untuk memperbaiki kerja hormon. Sehingga siklus menstruasi dan ovulasi menjadi semakin teratur, mempermudah Anda mengetahui masa subur juga saat yang tepat untuk berhubungan intim. Pilihlah suplemen kesuburan terpercaya dengan sertifikat BPOM atau sesuai anjuran dokter kandungan Anda. 

8. Pilih Lubircant Dengan Bijak

Semakin sering Anda melakukan hubungan intim, maka penggunaan lubricant atau gel pelumas bisa semakin bertambah. Dokter mengatakan hal ini diperbolehkan bila Anda memilih lubricant dengan bijaksana karena beberapa pelumas sebenarnya dapat menurunkan kesuburan. Terutama ketika Anda mencoba untuk hamil, pastikan untuk menghindari lubrcant yang memiliki kandungan spermicidal.

Jadi apa adalah pelumas yang baik untuk digunakan? Menurut Dr Gibbons adalah minyak canola atau minyak dari kacang. Walaupun jumlah sperma banyak namun penggunaan lubricant yang tidak baik akan menjadikan sperma tidak dapat berenang menuju sel telur. 

Inilah hal-hal yang harus diperhatikan dan diketahui untuk menjaga kesuburan wanita. Terutama bagi Anda yang ingin cepat hamil, sangat dianjurkan untuk melakukan langkah tersebut dengan tetap mengikuti anjuran ahli. Tak hanya menjaga kesuburan saja, baca juga cara mendapatkan bayi laki-laki atau cara mendapatkan bayi perempuan untuk kebahagiaan dalam keluarga Anda. 

Sumber: webmd.com dan parents.com

 

Baca artikel terkait:

Banyak Hal yang Belum Kamu Tahu Tentang Masa Kesuburan

Berhubungan Intim Saat Liburan Lebih Menyenangkan

Serba-Serbi Pelumas Buatan

 

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli kategori_wanita, Beli Wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com