Menu
Cart

KESEHATAN

Cara Meredam Iritasi atau Alergi Pada Kulit Tubuh

Oleh: Asmaraku Shop | 3 menit membaca


Alergi adalah perubahan reaksi tubuh manusia terhadap zat tertentu, seperi kuman, makanan, serbuk, kondisi udara, dan asap. Umumnya, alergi ditandai dengan beberapa kondisi, seperti munculnya ruam pada kulit, batuk, bersin, atau susah bernapas. Contoh alergi yang paling sering terjadi adalah munculnya ruam kemerahan pada kulit. Jika ruam kulit muncul, apakah cara terbaik untuk mengobatinya?

 

RUAM kemerahan pada kulit biasa diakibatkan oleh alergi pada bahan makanan tertentu atau perubahan cuaca. Kemunculan ruam kemerahan biasa diikuti dengan munculnya rasa gatal sekaligus panas pada kulit, serta pembengkakan pada area yang terkena ruam. Jika ruam tersebut digaruk, ruam tersebut akan berkembang menjadi iritasi. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu, apalagi jika ruam tersebut tidak cepat hilang. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan jika Anda terserang alergi kulit.

Menaburkan Bedak Dingin

Menaburkan bedak dingin dipercaya dapat meredam rasa gatal dan panas terbakar yang diakibatkan ruam kulit. Penggunaan bedak dingin juga dianggap lebih aman karena dapat diaplikasikan untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bedak dingin menjadi solusi ampuh untuk mengobati ruam selain dengan konsumsi obat.

Membasuh Ruam dengan Es atau Air Dingin

es untuk ruam kulit

Apakah Anda sering menggunakan es batu untuk mengobati lebam dan bekas luka? Hal tersebut juga dapat diaplikasikan untuk mengobati ruam kemerahan akibat alergi. Air dingin atau air es mengandung senyawa yang dapat meredam rasa gatal dan panas, serta mengurangi pembengkakan yang diakibatkan oleh ruam. Anda dapat menggosokkan es batu ke bagian tubuh yang terkena ruam, atau mengompres ruam dengan kain yang telah direndam dengan air dingin.

Menggunakan Oatmeal

Selain kaya akan nutrisi, oatmeal juga mengandung avenanthramides, yakni zat yang bersifat anti inflamasi. Anda dapat membuat larutan oatmeal yang dicampur dengan sedikit air hangat, kemudian membalurkannya ke bagian tubuh yang terkena ruam. Jika dilakukan secara rutin, ruam di kulit Anda akan cepat hilang.

Mengoleskan Cuka Apel

Selain digunakan dalam masakan, cuka apel juga ampuh untuk mengobati alergi. Cuka apel merupakan zat antiseptik dan antibakteri yang dapat mengurangi rasa gatal. Cuka apel bekerja efektif bagi Anda yang memiliki kulit kering. Anda dapat meneteskan sedikit cuka apel pada cotton bud atau cotton ball, kemudia mengoleskannya pada ruam di tubuh Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda dapat mencampurkan cuka apel dengan sedikit air sebelum mengoleskannya pada ruam di tubuh Anda

Tidak Menggunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Saat terkena ruam kulit, jangan mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang ketat hanya akan membuat ruam Anda semakin parah, bahkan iritasi. Gunakanlah pakaian longgar yang terbuat dari katun. Pakaian yang longgar akan mengalirkan sirkulasi udara di tubuh yang akan membantu proses kesembuhan ruam di kulit Anda.Selain itu, pakaian yang terbuat dari katun lebih lembut di kulit sehingga tidak membuat ruam memburuk.

Mengonsumsi Obat Antialergi

Mengonsumsi obat antialergi adalah cara terakhir yang dapat Anda lakukan jika alergi Anda tidak kunjung membaik. Biasanya, obat antialergi bersifat anti inflamasi yang dapat menangkal peradangan. Penggunaan obat antialergi harus menggunakan resep dokter. Penyebabnya adalah penggunaan obat antialergi dapat berbahaya jika dikonsumsi orang dengan kondisi tertentu, seperti ibu hamil dan menyusui, serta orang yang sedang rutin mengonsumsi obat lainnya.



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_stamina tubuh, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan, Beli perawatan tubuh, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com