Menu
Cart

PRIA

Ini Cara-cara Meningkatkan Hormon Testosteron

Oleh: Asmaraku Shop | 3 menit membaca


Testosteron adalah hal yang identik dengan pria. Selain membuat pria lebih manly, testosteron juga penting bagi Anda para pria yang gemar membentuk tubuh. Lantas, tahukah Anda bahwa kadar testosteron dalam tubuh Anda dapat berkurang jika tidak dijaga? Apakah cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh Anda?

Cara-cara meningkatkan hormon testosteron

HORMON testosteron adalah hormon yang sangat penting bagi pria. Selain berperan untuk menjaga organ seksual pria hormon testosteron juga berfungsi membentuk karakteristik sekunder pria, misanya menumbuhkan jakun dan bulu halus pada area wajah, dada, dan bagian tubuh lainnya. Fungsi lain dari testosteron adalah memfasilitasi pertumbuhan otot dan memelihara tulang. Kekurangan hormon testosteron dapat membuat gairah seks berkurang/impotensi, alat kelamin tidak sensitif, tubuh cepat lelah, mood memburuk, dan rentan stress. Untuk menjaga hormon testosteron dalam tubuh Anda, cara-cara berikut dapat Anda coba!

 

1. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak adalah salah satu cara untuk meningkatkan testosteron dalam tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan tak jenuh. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh adalah minyak zaitun, avokad, dan selai kacang. Sementara itu, lemak tak jenuh terdapat dalam daging merah, minyak kelapa, kuning telur, dark chocolate, dan keju. Dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan tersebut setiap hari, kadar testosteron dalam tubuh Anda akan tetap terjaga.

 

2. Tidak Menghindari Makanan Berkolesterol

Hal yang patut Anda ketahui adalah testosteron beraasal dari kolesterol. Mengonsumsi makanan berlemak dan memiliki kadar kolesterol tinggi dapat memperbanyak kadar testosteron dalam tubuh Anda. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat antara level kolesterol HDL dan level kolesterol bebas terhadap peningkatan kadar testosteron. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol.

 

3. Mengonsumsi Makanan dan Suplemen yang Mengandung Zinc, Vitamin D, D-Aspartic Acid (DAA), dan Diindolylmethane (DIM)

Sama halnya dengan mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kolesterol, mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung zinc/seng, vitamin D, D-Aspartic Acid (DAA), dan diindolylmethane (DIM) juga dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh Anda. Kini, di pasaran banyak ditemukan suplemen yang mengandung zat-zat tersebut. Meskipun suplemen yang mengandung bahan-bahan tersebut aman untuk dikonsumsi, Anda tetap harus meminta saran dan petunjuk dari dokter dan trainer Anda mengenai dosis pemakaian yang sesuai untuk kondisi tubuh dan menu latihan Anda.

 

4. Melakukan Workout

Mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kolesterol memang dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh Anda. Namun, jika tidak diimbangi dengan olahraga, konsumsi makanan berlemak dan berkolesterol dapat menimbulkan banyak penyakit berbahaya dan obesitas. Saat mengalami penyakit dan obesitas, kadar testosteron akan kembali menurun. Oleh sebab itu, Anda dapat workout dengan beberapa menu olahraga, seperti squat, bench presses, dan angkat beban. Olahraga-olahraga tersebut sangat berguna untuk menjaga kebugaran dan kadar testosteron dalam tubuh Anda, sekaligus menjaga berat badan Anda tetap stabil.

 

5. Memberi Jeda Istirahat Saat Workout

Melakukan workout adalah salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima. Workout juga membuat kadar testosteron Anda meningkat. Namun, workout tanpa jeda hanya akan membuat respons tubuh Anda terhadap perkembangan hormon mengendur. Berilah jeda selama 5−6 menit pada setiap pergantian set menu workout yang Anda lakukan.

 

6. Memperbanyak Waktu Tidur

Peneliti dari University of Chicago menemukan bahwa pria yang cukup tidur memiliki kadar testosteron lebih besar dibandingkan mereka yang kurang tidur. Penyebabnya adalah hormon testosteron dalam tubuh bekerja lebih baik saat tubuh dalam keadaan terlelap. Level testosteron juga akan semakin meningkat seiring bertambahnya jam tidur. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tidur paling tidak 7−9 jam setiap harinya agar kadar testosteron Anda meningkat.

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_pria, Beli kategori_pria, Beli pre-workout, Beli stamina tubuh, Beli stamina tubuh pria, Beli suplemen fitnes

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com