Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Inilah Sebabnya Anda Butuh Cukup Tidur

Oleh: Asmaraku Shop | 12 menit membaca


Ada banyak dampak dari kurang tidur seperti yang sudah banyak diketahui, misalnya saja membuat tubuh menjadi lesu dan tidak maksimal saat bekerja. Namun apakah Anda tahu bahwa memiliki masalah pada kualitas tidur juga akan berdampak pada kesehatan Anda?

pentingnya cukup tidur

SATU dari tiga orang mengalami masalah tidur dan seringkali menyalahkan stress, komputer dan pekerjaan rumah. Bagaimanapun akibat kurang tidur saat malam hari lebih buruk dari sekedar bad mood dan kehilangan fokus saja. Sering kurang tidur juga akan membuat Anda beresiko mengalami masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes – dan ini akan membuat usia Anda menjadi lebih pendek!

Sudah jelas bahwa tidur nyenyak di malam hari adalah hal penting untuk kesehatan. Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk tidur? Sebagian besar dari kita membutuhkan delapan jam tidur berkualitas pada malam hari namun beberapa orang mungkin membutuhkan waktu yang lebih banyak atau lebih sedikit dari delapan jam. Yang harus diperhatikan adalah Anda harus mencari tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk tidur dan kemudian cobalah untuk mencapainya. Beberapa faktor dapat menyebabkan susah tidur seperti kondisi kesehatan seperti sleep apnea. Namun dalam banyak kasus ini disebabkan oleh kebiasaan tidur yang buruk.

Apa yang akan terjadi jika saya tidak tidur?

Semua orang mungkin pernah mengalami pusing, short temper dan kehilangan fokus yang terjadi karena susah tidur. Satu malam tanpa tidur akan membuat Anda menjadi lelah dan tidak fit pada esok hari, meski tidak akan membahayakan kesehatan. Setelah beberapa malam Anda kurang tidur, dampak pada mental Anda akan menjadi lebih serius. Otak Anda akan menjadi bingung, membuat Anda kesulitan konsentrasi dan mengambil keputusan. Anda akan menjadi lesu dan mungkin tertidur saat beraktivitas. Resiko cedera dan kecelakaan saat di rumah, jalan dan tempat kerja juga akan meningkat.

Jika kurang tidur terus berlanjut  dapat berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan dan membuat Anda mengalami masalah kesehatan serius seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Berikut ini adalah beberapa akibat kurang tidur:

Kurang tidur menyebabkan kecelakaan

Masalah kurang tidur adalah faktor penyebab pada beberapa kasus kecelakaan terbesar dalam catatan sejarah. Bukan itu saja, kurang tidur juga menjadi penyebab kecelakaan di jalan setiap harinya. Drowsiness dapat memperlambat reaksi pada waktu seperti halnya minum minuman keras saat mengemudi. The National Highway Traffic Safety Administration memperkirakan bahwa pusing merupakan penyebab dari 100.000 kecelakaan kendaraan bermotor dan penyebab kematian dari 1.550 orang di Amerika Serikat. Sebagian besar dialami oleh orang di bawah usia 25 tahun. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur juga menyebabkan kecelakaan dan cidera di dalam pekerjaan. Di dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa pekerja yang banyak mengeluh mengenai jam kerja dan mengalami kurang tidur juga mengalami kecelakaan kerja terbanyak. Mereka juga biasanya akan sakit pada beberapa hari saat kecelakaan.

Kurang tidur membuat Anda down

Tidur memiliki peran penting dalam berfikir dan belajar. Kurang tidur membuat aspek kognitif ini menjadi terganggu dengan berbagai cara. Pertama, kurang tidur akan membuat Anda kehilangan perhatian, konsentrasi, cara penyelesaian, kesadaran dan pemecahan masalah. Ini membuat Anda akan mengalami kesulitan dalam belajar lebih cepat.  Kedua, saat tidur di malam jari, beberapa siklus tidur memerankan peran penting dalam mengkonsolidasi memori di dalam otak. Jika Anda mengalami kurang tidur, Anda akan kesulitan mengingat apa yang sudah Anda pelajari dan alami seharian.

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan

Gangguan tidur dan kurang tidur kronis juga akan membuat Anda beresiko mengalami:

  • Penyakit Jantung
  • Serangan jantung
  • Gangguan jantung
  • Detak jantung yang tidak beraturan
  • Tekanan darah tinggi
  • Stroke
  • Diabetes

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat merusak jantung. Menurut beberapa perkiraan, 90% dari orang yang mengalami insomnia – masalah tidur yang memiliki karakteristik dengan  masalah terjaga dan tidak bisa tidur – juga memiliki beberapa masalah kesehatan lainnya.

Kurang tidur dapat menurunkan gairah seks

Dokter ahli pada bidang tidur mengatakan bahwa kurang tidur baik pada pria maupun wanita akan menurunkan libido dan ketertarikan pada seks. Energi menurun, kurang tidur dan naiknya tensi darah bisa menjadi penyebabnya. Untuk pria yang menderita sleep apnea juga memiliki tingkat testoteron yang rendah. Di sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa pria yang menderita sleep apnea juga memiliki kadar testoteron yang tidak normal pada saat malam hari.

Kurang tidur adalah depresi

Seiring berjalannya waktu, kurang tidur dan gangguan tidur juga berkontribusi dalam geala depresi. Pada tahun 2005, poling tidur di Amerika, orang yang didiagnosa dengan depresi atau anxiety biasanya mengalami susah tidur kurang dari enam jam. Gangguan tidur terbesar, insomnia, memiliki hubungan yang paling kuat dengan depresi. Pada tahun 2007 dari 10.000 orang, mereka yang mengalami insomnia memiliki resiko lima kali lebih besar mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami insomnia.  Faktanya, insomnia adalah salah satu dari gejala awal gangguan depresi. Insomnia dan depresi memiliki hubungan yang saling berkalitan. Kurang tidur dapat menjadi gejala depresi dan depresi dapat membuat susah tidur. Hal positifnya, menangani masalah tidur dapat membantu menyembuhkan depresi dan gejalanya, juga sebaliknya.

Kurang tidur mempercepat penuaan dini

Banyak orang yang mengalami kulit keriput dan kantung mata setelah beberapa kali mengalami susah tidur. Namun itu akan menjadi lebih parah jika kurang tidur semakin sering terjadi dan mengakibatkan masalah kulit seperti kulit kering, bintik hitam, fine lines dan lingkaran hitam pada mata Anda. Ketika Anda tidak cukup tidur, tubuh Anda akan merelease hormone stress crotisol lebih banyak. Pada jumlah yang berlebihan, cortisol dapat merusak kolagen kulit, protein yang menjaga kelembutan dan kelenturan kulit. Kurang tidur juga menyebabkan tubuh mengeluarkan sedikit hormone pertumbuhan manusia. Ketika kita masih muda, hormone pertumbuhan menyebabkan pertumbuhan. Seiring bertambahnya usia, itu bisa membantu menguatkan otot, menebalkan kulit dan menguatkan tulang. “itu terjadi pada saat tidur – apa yang kita sebut dengan slow-wave sleep – dimana hormon pertumbuhan dikeluarkan oleh tubuh,” kata ahli tidur phil Gehrman, PhD “itu juga bisa memperbaiki organ tubuh yang cedera.”

Kurang tidur membuat Anda menjadi pelupa

Sedang mencoba untuk mendapatkan memori ingatan yang kuat? Cobalah untuk mendapatkan cukup tidur. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis mendapatkan bahwa bagian otak yang disebut dengan “shap wave ripples” bertanggung jawab atas konsolidasi memori di otak. Ripples tersebut juga yang mentransfer informasi dari hippocampus ke neocortex di dalam otak, dimana memori jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples terjadi seringkali saat tingkat tidur terdalam.

Kurang tidur dapat membuat Anda Gemuk

Kurang tidur sangat berhubungan dengan meningkatnya rasa lapar dan nafsu makan dan sangat mungkin menyebabkan obesitas. Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2004, orang yang mengalami kurang tidur kurang dari enam jam sekitar 30%-nya mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidur tujuh hingga sembilan jam.

Penelitian terkini menunjukkan bahwa terdapat hubungan pada tidur dan peptides yang mengatur nafsu makan. “Ghrelin menstimulasi rasa lapar dan sinyal leptin ke otak yang meningkatkan nafsu makan” kata Siebern. “jam tidur yang rendah juga berkaitan dengan penurunan leptin dan elevasi ghrelin”. Tidak hanya meningkatkan nafsu makan saja. itu juga menstimulasi penumpukan lemak terutama pada makanan yang memililki karbohidrat tinggi. Pada penelitian yang sedang dilakukan merekomendasikan tidur yang cukup sebagai salah satu program penurunan berat badan.

Kurang tidur dapat meningkatkan resiko kematian

Dalam “Whiteall Il Study” seorang peneliti asal inggris menemukan bagaimana pola tidur menyebabkan lebih dari 10.000 kematian pada budak lebih dari dua dekade. Hasil ini dipublikasikan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa mereka yang memotong waktu tidur mereka dari tujuh jam menjadi lima jam atau kurang memiliki dua kali lipat resiko kematian lebih awal. Pada kasus lainnya, kurang tidur akan meningkatkan resiko kematian dua kali lipat lebih tinggi karena adanya penyakit kardiovaskular.

Kurang tidur membuat persepsi yang salah terutama mengenai tidur

Kurang tidur dapat membuat kita salah menginterprestasikan sebuah peristiwa. Hal ini akan mengurangi kemampuan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain karena tidak mengetahui situasi secara akurat dan tidak bisa berfikir bijak.

Kurang tidur dapat membuat orang tidak bisa berfikir dan membuat orang menjadi kacau. Pada zaman sekarang dimana kesibukan selalu ada terutama pada masalah pekerjaan mungkin Anda akan mengira bahwa kurang tidur yang Anda rasakan adalah hal biasa. Namun menurut ahli tidur mengatakan bahwa jika Anda berfikir Anda baik-baik saja saat kurang tidur, mungkin Anda salah. Dan jika Anda bekerja pada pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk memutuskan maka ini akan menjadi masalah. “Penelitian menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, orang yang memiliki waktu tidur selama enam jam dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur selama tujuh atau delapan jam, mulai merasakan bahwa mereka sudah bisa beradaptasi dengan waktu kurang tidur mereka – mereka mulai terbiasa dengan hal ini,” kata Gehrman “Namun jika Anda bagaimana mereka terlihat pada tes kesehatan mental dan performance, mereka mulai menuju ke bawah. Jadi hal itu tidaklah baik dan mereka telah berfikiran salah”

Kurang tidur sangat berbahaya baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Berikut ini adalah tujuh langkah dimana kualitas tidur malam yang baik dan meningkatkan kesehatan Anda:

  1. Tidur dapat meningkatkan sistem imun

Jika Anda sedang mengalami demam dan flu, Anda bisa menyalahkan waktu tidur Anda. Kurang tidur dapat menurunkan sistem daya tahan tubuh Anda, jadi tubuh Anda akan lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit.

  1. Tidur dapat membuat Anda langsing

Kurang tidur mungkin akan membuat Anda menjadi lebih gemuk! Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki waktu tidur kurang dari tujuh jam akan lebih mungkin mengalami pertambahan berat badan dan memiliki resiko menjadi obesitas  dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur lebih dari tujuh jam.

Hal ini sudah dipercaya karena kurang tidur akan menurunkan level leptin (zat yang membuat Anda merasa kenyang) dan meningkatkan level ghrelin (stimulant yang menambah  hormone nafsu makan).

  1. Tidur dapat meningkatkan kesehatan mental

Satu malam kurang tidur dapat membuat Anda menjadi sakit dan moody pada esok hari, hal ini tidak mengherankan jika orang yang memiliki masalah tidur pada setiap malam akan beresiko mengalami depresi dan anxiety.

Ketika orang dengan anxiety atau depresi diteliti mengenai waktu tidur mereka, ternyata hasilnya mereka memiliki waktu tidur kurang dari enam jam per harinya.

  1. Tidur mencegah diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki waktu tidur kurang dari lima jam per harinya memiliki resiko terkena penyakit diabetes. Hal ini juga berlaku pada mereka yang kehilangan waktu tidur lelap akan beresiko menderita diabetes tipe 2 dengan mengubah proses glukosa di dalam tubuh – energi dari karbohidrat tinggi yang digunakan oleh sel sebagai bahan bakar.

  1. Tidur meningkatkan gairah seks

Pria dan wanita yang memiliki waktu tidur kurang memiliki libido rendah dan ketidak tertarikan pada seks, menurut hasil sebuah penelitian. Pria yang memiliki kelainan sleep apnea – sebuah kondisi dimana kesulitan bernafas yang mengakibatkan susah tidur – juga akan memiliki tingkat testoteron yang rendah, yang dapat menurunkan libido.

  1. Tidur mencegah penyakit jantung

Waktu tidur yang cukup juga berhubungan dengan peningkatan kesehatan jantung, yang akan menaikan tingkat sirkulasi darah dan berkaitan dengan senyawa tertentu yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat sehingga jantung Anda akan menjadi lebih sehat.

  1. Tidur meningkatkan kesuburan

Kesulitan mendapatkan anak telah diklaim sebagai salah satu akibat dari kurang tidur, baik bagi pria maupun wanita. Kurang tidur secara rutin akan membuat hormone reproduksi menurun.

Bagaimana cara mendapatkan waktu tidur Anda jika Anda kurang tidur, hanya ada satu cara yang bisa dilakukan yaitu tidur lebih lama. Hal ini juga tidak akan cukup dengan cara tidur lama dalam waktu satu malam saja. Jika Anda memiliki masalah tidur selama beberapa bulan, maka Anda harus mengganti waktu tidur tersebut sebagai “hutang” paling tidak Anda harus memiliki waktu tidur yang cukup selama beberapa minggu. Anda bisa memulainya pada akhir pekan, sisakan waktu lebih sekitar satu atau dua jam untuk tidur pada malam hari. Cara yang harus Anda lakukan adalah dengan tidur di tempat tidur sampai pagi (usahakan untuk tidak menggunakan alarm).

Usahakan untuk tidur selama 10 jam pada malam pertama. Selanjutnya Anda bisa mengurangi waktu tidur Anda menjadi normal secara berkala. Jangan minum kafein dan minuman energi jika Anda ingin tidur. Minuman tersebut mungkin tidak hanya dapat meningkatkan energi dan konsentrasi Anda namun juga dapat merusak pola tidur Anda dalam jangka panjang.

 



Sebelumnya: Ini Dia Manfaat Pakai Korset Pelangsing untuk Tubuh Anda


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_kesehatan, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com