Menu
Cart

PASUTRI

Haruskah Percaya Test Pack Seratus Persen?

Oleh: Asmaraku Shop | 4 menit membaca


Test pack sering jadi andalan dalam mendeteksi kehamilan, meski tak jarang juga hasilnya berlawanan dengan diagnosa dokter. Jadi, haruskah percaya pada test pack 100%?

TEST pack adalah alat uji kehamilan sederhana yang bisa dengan mudah dibeli di apotik atau minimarket. Alat ini dirancang khusus untuk mendeteksi hormon Human Chorionic-gonadotropin (hCG), yang diproduksi secara alami oleh tubuh selama masa kehamilan. Pada umumnya, hCG ini akan muncul melalui urin. Itulah sebabnya mengapa test pack memerlukan urin Anda untuk mendeteksi kehamilan.

Ada beberapa jenis alat test kehamilan yang dijual di pasaran. Namun, jenis test pack yang umum digunakan adalah alat yang mengharuskan Anda untuk meletakkan ujung dipstick di dalam aliran urin atau membenamkan dipstick ke dalam wadah yang sudah diisi dengan urin. Setelah beberapa menit kemudian, alat ini akan memberikan hasil tes kehamilan. Hasil tes ditunjukkan dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari simbol plus-minus, satu atau dua garis merah, hingga kata-kata “Pregnant” atau “Non Pregnant”.

Dengan kata lain, test pack memberikan hasil yang 99% akurat. Jadi, tak ada salahnya jika Anda menggunakan test pack untuk mendeteksi kehamilan. Sayangnya, hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa alat test kehamilan ini tidak cukup sensitif untuk mendeteksi kehamilan pada wanita yang baru saja mengalami terlambat datang bulan. Untuk memperoleh hasil yang lebih akurat, sangat disarankan untuk melakukan tes kehamilan setelah satu minggu terlambat haid.

Seringkali test pack dinyatakan sebagai alat uji kehamilan yang kurang akurat. Hal tersebut dikarenakan hasil di test pack mengatakan bahwa kehamilan negatif, tetapi setelah memeriksakan diri ke dokter ternyata hasilnya positif. Lantas, apa yang membuat test pack menjadi kurang akurat?

  1. Pengujian dilakukan terlalu cepat. Jika Anda menguji kehamilan dengan test pack saat sebelum tanggal haid Anda, maka bisa dipastikan bahwa hasilnya akan negatif. Hindari menguji kehamilan sebelum tanggal haid Anda dimulai, untuk memperoleh hasil yang akurat disarankan untuk melakukan tes seminggu setelah periode haid Anda usai.
  2. Tidak mengikuti petunjuk yang benar. Biasakan diri untuk membaca petunjuk pemakaian yang tertera pada bungkus test pack. Karena setiap jenis test pack tentu memiliki petunjuk dan aturan yang berbeda-beda. Jika Anda tidak mengikuti petunjuk yang benar, maka hasilnya mungkin akan menjadi kurang akurat.
  3. Test pack kadaluarsa. Alat test kehamilan yang satu ini juga memiliki tanggal kadarluarsa. Pastikan tanggal kadarluarsanya terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.
  4. Pengunaan obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat-obatan mengandung hormon hCG. Obat-obatan yang mengandung hCG biasanya obat untuk merawat kesuburan, menghentikan kejang pada penyakit parkinson, dan beberapa obat penenang. Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung hCG kurang dari 24 jam sebelum melakukan tes, maka test pack akan menunjukkan hasil yang positif meskipun Anda tidak sedang hamil.
  5. Kondisi medis tertentu. Wanita dengan kondisi medis tertentu umumnya tidak bisa menguji kehamilan dengan test pack. Kondisi medis yang dapat mempengaruhi hasil test pack adalah infeksi saluran kemih atau masalah ginjal yang dapat membuat urin Anda mengandung darah atau protein. Di samping itu, masalah kesehatan lain, seperti kista ovarium, menopause, dan gangguan antibodi juga dapat mempengaruhi kadar hormon.
  6. Riwayat keguguran atau aborsi. Ketika wanita pernah mengalami keguguran atau melakukan aborsi mungkin masih ada sisa hormon hCG yang tertinggal di dalam tubuhnya. Jadi, ketika wanita tersebut sangat mengharapkan kehamilan dan ia menguji kehamilannya dengan test pack, maka ia mungkin akan kecewa karena mengetahui test pack menunjukkan hasil yang positif, padahal ia tidak sedang hamil.

Sebelum melakukan tes kehamilan dengan alat ini, pastikan Anda melakukannya seminggu setelah periode haid Anda usai. Bila Anda menggunakan test pack yang memerlukan wadah penampung urin, Anda harus memastikan wadah tersebut dalam keadaan steril dan bersih.

Untuk memperoleh hasil yang akurat, sangat disarankan untuk mengikuti petunjuk dan aturan yang terdapat di dalam wadah test pack yang Anda gunakan. Karena pada dasarnya test pack adalah alat test kehamilan yang cukup akurat. Jika Anda masih ragu dengan hasil yang ditunjukkan oleh test pack, maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memperoleh hasil yang lebih tepat.

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_pasutri, Beli kategori_pasutri, Beli pasutri

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com