Advertisement
Advertisement

13 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kecantikan Rambut

Sebagai mahkota kepala, kesehatan dan kecantikan rambut harus terus dijaga. Sayang, permasalahan pada rambut seperti kusam, rontok, hingga patah sering membuat Anda bingung dan kesal. Ketimbang memakai berbagai bahan kimia untuk mengatasi masalah rambut Anda, coba selesaikan semuanya dengan minyak kelapa.

13 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kecantikan Rambut.jpg

PERAWATAN rambut menggunakan bahan-bahan alami selalu lebih aman bila dibandingkan produk perawatan sejenis yang sudah tercampur dengan bahan kimia. Minyak kelapa adalah satu dari sekian banyak bahan alami yang bermanfaat untuk merawat rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut memang cukup menguntungkan mulai dari mencerahkan, mengurangi kerusakan, dan menyuburkan rambut.

Penasaran dengan sejumlah manfaat lain minyak kelapa untuk rambut? Melansir Organic Facts, AsmaraKu sudah merangkum beberapa manfaat penting minyak kelapa untuk merawat rambut.

1. Mengurangi kerontokan rambut

Di India, minyak kelapa sudah dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat rambut sejak zaman purba. Masyarakat India di zaman purba akan merebus minyak kelapa dengan campuran daun sage untuk mengurangi rambut rontok.

Rebusan tersebut akan langsung dioleskan ke kulit kepala, lalu didiamkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air bersih. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menjadi penyubur rambut agar Anda terhindar dari risiko kebotakan.

2. Merawat rambut rusak

Rambut Anda rusak dan terlihat kusam? Lakukan cara menghilangkan rambut kusam dan rusak dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala sampai dengan ujung rambut.

Kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa mampu menggantikan protein rambut yang hilang, sehingga rambut jadi lebih sehat dan berkilau alami.

Setelah menggunakan minya kelapa, jangan lupa cuci bersih rambut Anda agar minyak benar-benar hilang dan rambut menjadi bersih. Pencucian yang tidak bersih justru membuat rambut Anda berminyak, bukan cantik. 

3. Mendinginkan kulit kepala

Cuaca panas dan aktivitas di bawah terik sinar matahari bisa membuat kulit kepala terasa panas dan berminyak. Akibatnya, rambut akan lebih mudah lepek dan rontok. Dinginkan kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak kelapa. Gunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk creambath atau hair mask. Apabila kulit kepala terasa sejuk, maka kerontokan rambut pun akan berkurang.

Dapatkan Mustika Ratu Pelembut Rambut Bilasan Santan - 175ml dengan harga Rp 22.700,- Beli di sini

4. Menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala

Punya rambut kering dan kusam? Ternyata minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan rambut kusam dan kering, lho. Bagaimana bisa? Minyak kelapa memiliki tingkat kelembaban yang sangat tinggi untuk menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut. Alhasil, rambut yang tadinya kering dan kusam akan terlihat lebih berkilau dan terasa halus setelah Anda melakukan perawatan dengan minyak kelapa.

5. Pengganti kondisioner

Setelah keramas, apakah Anda terbiasa memakai produk kondisioner? Jika ya, cobalah mengganti kondisioner Anda dengan minyak kelapa yang lebih aman dan alami. Namun, cara penggunaan minyak kelapa ini sedikit berbeda dibanding ketika Anda memakai kondisioner. Minyak kelapa harus dihangatkan terlebih dahulu, lalu aplikasikan ke seluruh bagian kepala sebelum tidur. Keesokan harinya, cuci rambut Anda dengan shampoo hingga bersih dan tidak lengket.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Menata Rambut

6. Mengatasi ketombe

Tak dapat dipungkiri bahwa ketombe yang membandel bisa membuat Anda stres. Penampilan jadi terganggu karena keberadaan ketombe. Jika Anda sudah give up dengan berbagai merk shampoo anti ketombe, lakukan perawatan dengan minyak kelapa.

Setelah keramas, campurkan minyak kelapa dengan air suam-suam kuku dan minyak jarak. Oleskan campuran bahan-bahan alami tersebut ke kulit kepala. Lakukan perawatan ini sampai ketombe benar-benar hilang. Selain itu, Anda pun bisa membuat obat alami penghilang ketombe dengan campuran minyak kelapa dan minyak wijen.

7. Membantu proses styling

Ingin merawat rambut, tapi masih tidak bisa menghindari proses styling? Katakan pada hair stylist Anda untuk mengganti hair spray atau gel rambut yang biasa dipakai dengan minyak kelapa. Apa tidak lengket? Tenang saja, minyak kelapa sebagai gel rambut akan meleleh pada pemanasan dan kemudian mengembun saat didinginkan.

Saat Anda mengoleskannya ke rambut, minyak akan menipis dan menyebar secara merata karena kulit kepala terasa panas saat styling. Kemudian, setelah rambut bersentuhan dengan udara, minyak di rambut akan mengembun, sehingga boleh dibilang bahwa minyak kelapa bekerja sebagai pengganti krim penata rambut.

8. Membasmi kutu rambut

Kutu rambut adalah permasalahan sepele tapi sangat mengganggu. Pasalnya, keberadaan kutu rambut bisa menyebabkan rasa gatal dan dapat menular ke orang lain. Jika Anda takut menggunakan obat kutu rambut yang berbahan kimia, gunakan saja minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa di rambut, lalu sisir rambut berkali-kali untuk menghilangkan kutu rambut.

9. Perawatan rambut kering

Rambut kering, bercabang,dan kusam tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya, kondisi rambut yang seperti ini dapat mengganggu penampilan Anda. Nah, masih ingat dengan salah satu manfaat minyak kelapa untuk rambut  yang dapat menjadi pengganti kondisioner? Tak ada salahnya jika mulai saat ini Anda merawat rambut kering dengan minyak kelapa agar lebih lembab dan lembut.

Dapatkan Theong Spa Hair Oil dengan harga Rp 84.000,- Beli di sini

10. Menghaluskan tekstur rambut

Tingkat kelembaban minyak kelapa yang cukup tinggi membuatnya mampu menjadi bahan alami untuk menghaluskan rambut. Bila selama ini Anda memiliki rambut yang kasar dan tampak seperti sapu ijuk, rawatlah rambut Anda dengan minyak kelapa. Bahan alami yang satu ini dijamin akan membuat rambut jadi sangat lembut bila disentuh.

11. Menghilangkan bisul di kepala

Beberapa orang mungkin bisa memiliki bisul di kulit kepala saat musim dingin atau musim kemarau yang begitu panas. Bisul tersebut biasanya baru terasa saat Anda sedang menyisir rambut atau keramas. Sebenarnya, memperhatikan kebersihan rambut dan kulit kepala bisa adalah langkah yang tepat untuk menghindari bisul tersebut. Akan tetapi, bila sudah terlanjur memiliki bisul di kulit kepala, atasi dengan campuran minyak kelapa dan minyak zaitun.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering

12. Merawat rambut bercabang

Dampak dari rambut kering yang tidak mendapatkan perawatan dengan baik adalah rambut bercabang. Jika rambut sudah bercabang, tentu akan sangat menganggu penampilan Anda. Tapi tenang, masalah yang satu ini bisa diatasi dengan minyak kelapa.

Caranya cukup mudah, campurkan minyak kelapa dengan minyak almond, lalu oleskan campuran kedua minyak ini di ujung rambut yang bercabang. Lakukan treatment ini setiap hari sampai rambut Anda tidak bercabang lagi.

13. Mengatasi kebotakan

Salah satu manfaat minyak kelapa yang terkenal adalah untuk menyuburkan rambut. Tentu saja ini adalah kabar gembira bagi orang-orang yang mengalami kebotakan. Tidak hanya itu, bahkan minyak alami ini juga dapat mengurangi uban pada kepala Anda.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi