FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

13 Makanan Untuk Rambut Rontok ini Terbukti Ampuh, Lho

Seiring bertambah usia, kerontokan rambut sangat mungkin terjadi. Meskipun setiap orang ingin rambut tetap sehat dan kuat, faktor usia, kesehatan, genetika dan diet dapat memengaruhinya.

MENARIKNYA, rambut Anda ternyata dapat tumbuh sekitar 1,25 cm per bulan atau sekitar 15 cm per tahun. Meski Anda tidak bisa mengubah faktor-faktor seperti usia dan genetika, tetapi diet adalah salah satu hal yang masih bisa dikendalikan.

Kenapa diet? Faktanya, mengonsumsi makanan yang kurang bernutrisi tepat juga bisa menyebabkan rambut rontok parah.

Di sisi lain, makan makanan yang seimbang dengan nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika Anda mengalami rambut rontok parah karena gizi buruk.

Berikut adalah beberapa makanan untuk rambut rontok yang bisa Anda konsumsi dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.

1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin, dua nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Memenuhi asupan protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut karena sebagian besar folikel rambut terbuat dari protein.

Sebaliknya, kekurangan protein dalam diet telah terbukti meningkatkan kerontokan rambut. Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Telur juga merupakan sumber zinc, selenium, dan nutrisi sehat lainnya untuk rambut. Ini menjadikannya salah satu makanan untuk rambut rontok terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan rambut yang optimal.

2. Berry

Buah beri kaya akan senyawa dan vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satunya adalah vitamin C yang merupakan antioksidan.

Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut terhadap kerusakan dari radikal bebas. Molekul-molekul ini ada secara alami di dalam tubuh dan lingkungan.

Stroberi, misalnya. 1 cangkir (144 gram) stroberi memberikan 141% kebutuhan vitamin C harian Anda. Tubuh menggunakan vitamin C untuk menghasilkan kolagen, protein yang dapat membantu memperkuat rambut agar tidak rapuh dan patah.

Terlebih lagi, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia, yang berdampak kerontokan rambut.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, vitamin A dan C. Semua nutrisi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Vitamin A membantu kelenjar kulit memproduksi sebum. Zat berminyak ini membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat. Secangkir (30 gram) bayam menyumbang hingga 54% kebutuhan vitamin A harian Anda.

Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati yang bagus dan sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolisme dan membantu pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Terlebih lagi, memenuhi asupan zat besi dapat mencegah kerontokan rambut.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti ikan salmon, ikan haring dan ikan kembung memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jenis ikan berlemak ini dapat menjadi sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, dan telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut.

Sebuah studi pada 120 wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan menjaga ketebalan volume rambut.

Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan secara signifikan mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut pada wanita.

Namun, hanya ada beberapa studi tentang asam lemak omega-3 dan pertumbuhan rambut. Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum ahli kesehatan dapat membuat rekomendasi.

Ikan berlemak juga merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3 dan vitamin B. Itu semua adalah nutrisi yang dapat membantu mengatasi rambut rontok parah.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang baik untuk kesehatan rambut.

Ubi jalar sedang (sekitar 114 gram) mengandung beta-karoten yang cukup untuk memberi lebih dari empat kali lipat kebutuhan vitamin A harian.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A dapat meningkatkan produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Terlebih lagi, vitamin A juga dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sekaligus mencegah rambut rontok parah.

6. Alpukat

Alpukat lezat, bergizi dan merupakan sumber lemak baik. Diketahui, alpukat merupakan sumber vitamin E  yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Satu alpukat sedang (sekitar 200 gram) menyediakan 21% kebutuhan vitamin E harian. Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang membantu memerangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mengalami kerontokan rambut mengalami pertumbuhan rambut 34,5% lebih banyak setelah mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan.

Kulit yang rusak pada kepala dapat membuat kualitas rambut memburuk dan menghilangkan folikel rambut. Vitamin E mencegah ini dengan melindungi area kulit kepala dari tekanan dan kerusakan oksidatif.

Terlebih lagi, alpukat adalah sumber asam lemak esensial. Lemak-lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi merupakan komponen pembangun sel-sel Anda yang penting. Kekurangan asam lemak esensial menyebabkan kerontokan rambut.

7. Kacang

Tidak hanya lezat, kacang juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Misalnya, satu ons (28 gram) kacang almond memberikan 37% kebutuhan vitamin E harian.

Terlebih lagi, kacang juga menyediakan beragam vitamin B, zinc, dan asam lemak esensial. Itulah sebabnya, kekurangan salah satu nutrisi ini telah dikaitkan dengan kerontokan rambut.

Kacang juga mempunyai manfaat kesehatan lainnya selain pertumbuhan rambut, termasuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

8. Biji-bijian

Biji-bijian memberikan nutrisi dalam jumlah besar dengan kalori yang relatif sedikit. Banyak nutrisi dalam biji-bijian yang akan mendukung pertumbuhan rambut, termasik vitamin E, zinc dan selenium.

Satu ons (28 gram) biji bunga matahari menyediakan hampir 50% kebutuhan vitamin E harian. Tak hanya itu, biji-biji tertentu seperti biji rami dan biji chia juga menyediakan asam lemak omega-3.

Penyajian biji rami 1 ons (28 gram) menawarkan 6.388 mg asam lemak omega-3, lebih banyak dari yang ditawarkan setengah fillet (178 gram) ikan salmon.

Namun, jenis asam lemak omega-3 pada biji rami tidak digunakan oleh tubuh seefisien omega-3 yang adapada ikan berlemak. Meskipun demikian, jangan ragu menambahkan biji rami untuk diet sehat Anda.

9. Paprika Manis

Paprika adalah sumber vitamin C yang bagus, yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Faktanya, satu paprika kuning memberikan hampir 5,5 vitamin C kali lebih banyak daripada jeruk.

Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu memperkuat helai rambut Anda. Ini juga merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi rambut dari tekanan oksidatif.

Tekanan oksidatif terjadi ketika radikal bebas memenuhi sistem pertahanan antioksidan tubuh. Ini berdampak pada kerontokan rambut dan memutihnya helai rambut.

Paprika manis juga merupakan sumber vitamin A. Vitamin ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut sambil merangsang produksi sebum, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

10. Tiram

Tiram adalah salah satu sumber makanan mengandung nutrisi zinc terbaik. Seng adalah mineral yang membantu mendukung siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut.

Kekurangan zinc dapat menyebabkan telogen effluvium, suatu bentuk kerontokan rambut yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi dalam makanan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen zinc dapat menyembuhkan efek rambut rontok yang disebabkan oleh kekurangan zinc. Namun, terlalu banyak mengonsumsi zinc juga bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Itulah sebabnya mendapat asupan zinc dari makanan non-olahan seperti tiram mungkin lebih baik daripada mengonsumsi suplemen, karena makanan non-olahan menyediakan zinc dalam dosis kecil tetapi tetap sehat.

11. Udang

Udang adalah makanan populer yang kaya akan banyak nutrisi dan berpotensi mendukung pertumbuhan rambut.

Udang merupakan sumber protein, vitamin B, zinc, zat besi dan vitamin D. 3.5 ons (100 gram) porsi udang menyediakan 38% dari kebutuhan vitamin D harian Anda. Menariknya, penelitian menyatakan bahwa kekurangan vitamin D3 berdampak pada kerontokan rambut.

Meskipun sangat rendah lemak, udang juga menyediakan sejumlah kecil asam lemak omega-3. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 mendukung peningkatan pertumbuhan rambut.

12. Kedelai

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kedelai dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satu senyawa ini adalah spermidine.

Sebuah penelitian terhadap 100 orang sehat menemukan bahwa suplemen nutrisi berbasis spermidine memperpanjang fase pertumbuhan rambut aktif yang disebut fase anagen. Semakin lama folikel rambut berada dalam fase anagen, semakin lama akan tumbuh.

13. Daging

Daging adalah makanan pokok bagi banyak orang dan sarat akan nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

Protein dalam daging membantu pertumbuhan dan membantu memperbaiki dan memperkuat folikel rambut. Sajian steak sirloin matang 100 ons (100 gram) menghasilkan protein sebanyak 29 gram.

Daging merah, khususnya, kaya akan jenis zat besi yang mudah diserap. Mineral ini membantu sel darah merah mengirim oksigen ke semua sel dalam tubuh, termasuk folikel rambut.

Kesimpulan

Pada dasarnya, apa pun yang Anda konsumsi akan berdampak besar pada kesehatan rambut Anda.

Kekurangan nutrisi yang tepat seperti vitamin A, C, D dan E, zinc, vitamin B, zat besi, protein dan asam lemak dapat memperlambat pertumbuhan rambut atau bahkan menyebabkan kerontokan rambut.

Untungnya, ada banyak jenis makanan untuk rambut rontok dan membantu meningkatkan laju pertumbuhan rambut.

Jika Anda merasa kekurangan nutrisi ini, coba tambahkan beberapa makanan untuk rambut rontok di atas ke dalam diet Anda.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi