Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Manfaat Makan Oatmeal

Oleh: Asmaraku Shop | 7 menit membaca


Manfaat Makan Oatmeal

Tak sedikit orang yang enggan memakan oatmeal, entah karena teksturnya yang lembek atau rasanya yang terlalu plain. Namun tak sedikit juga yang menyadari kandungan serta segudang manfaat baiknya. Anda termasuk yang mana?

 

SURPRISINGLY, oatmeal banyak mengandung serat tinggi di dalamnya yang mampu membantu mencegah salah satu penyebab dari makan berlebihan. Anda tidak perlu mengonsumsi oatmeal dalam jumlah besar karena mengonsumsinya dalam jumlah kecil saja sudah cukup membantu Anda meningkatkan kesehatan.

Oatmeal merupakan sumber serat tertinggi serta mengandung banyak nutrisi. Oatmeal dapat tumbuh dan dipanen sepanjang tahun sehingga orang bisa mendapatkan manfaat dari oatmeal kapan saja dan berapa saja. Oatmeal juga memiliki banyak variasi rasa juga yang didapatkan dari sintesis artifisial dalam bentuk alami sehingga manfaatnya bisa didapatkan dengan optimal. Oatmeal juga memiliki banyak bentuk yang bisa anda gunakan sebagai menu rutin dan wajib dalam menu diet Anda.

Nilai gizi

Oatmeal kaya akan mineral;

  • Kalium
  • Tembaga
  • Vitamin
  • Protein
  • Serat
  • Asam amino
  • Asam lemak

Manfaat oatmeal bagi kesehatan

Menurunkan Gula Darah

Beta glucan juga memiliki efek menguntungkan pada penyakit diabetes tipe 2. Oatmeal dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jadi, orang akan lebih menyukai makan oatmeal di pagi hari untuk mengontrol kadar glukosa di dalam tubuh. Hal ini karena di dalam oatmeal mengandung beberapa jenis protein yang dapat mensekresikan regulasi glukosa di dalam tubuh. Orang yang memiliki riwayat keluarga menderita diabetes, jika mereka rutin mengkonsumsi oatmeal juga akan menurunkan resiko penyakit diabetes. Indeks glikemik yang rendah di dalam oatmeal juga menunjukkan bahwa baik untuk menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Oatmeal juga mengandung beberapa zat yang mampu mengosongkan perut sebagai hasil dari pengaturan kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh juga dirangsang.

Penyakit Kardiovaskular

Seperti yang telah diketahui bahwa oatmeal mengandung serat tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolestrol tinggi dalam tubuh. Ketika tingkat kolestrol di dalam tubuh menurun maka bisa menurunkan resiko terkena berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung. Oatmeal juga akan menurunkan tingkat low density lipoprotein dari tubuh. Ini mengandung zat dan senyawa yang akan menghambat penempelan molekul di dalam dinding arteri. Singkatnya, ini akan membuat pencegahan dari penyempitan dinding arteri sehingga aliran darah tetap lancar dan tidak menjadi penyaki stroke. Di dalam oatmeal juga memiliki beberapa protein penting yang mampu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

Mencegah Kanker

Mengonsumsi oatmeal secara rutin mampu menurunkan berkali lipat resiko kanker payudara. Ini juga mampu melindungi tubuh. asupan makanan yang kaya akan serat sangat penting karena mampu menurunkan resiko kanker usus besar, hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat larut dan serat tidak larut yang sangat bagus untuk pergerakan usus. Jadi usus tidak akan mudah terpengaruhi dari makanan apa yang dikonsumsi.

Mengatur Tekanan Darah

Makanan yang mengandung serat tinggi salah satunya adalah oatmeal mampu dijadikan pengobatan dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Oatmeal dapat bertindak sebagai pengurang nafsu makan sehingga akhirnya bisa menurunkan berat badan. Hormone nafsu makan ditekan dengan cara merilis beta glucan di dalam tubuh. Oatmeal mengandung serat larut tinggi yang mampu membuat Anda merasakan kenyang lebih lama. Akibatnya, Anda tidak akan mudah makan dan mampu menurunkan berat badan. Anda juga bisa menambahkan sedikit kalori jika Anda memakannya dengan susu rendah lemak. Serat di dalam oatmeal akan membantu Anda meningkatkan viktiosisasi isi perut. Jadi hal ini akan membuat pengosongan perut lebih lama saat Anda makan serat tinggi.

Shelters Skin

Oatmeal juga memiliki kekuatan untuk meringankan gatal dan iritasi kulit. Oatmeal mampu membuat Ph kulit menjadi normal. Ini juga akan membuat kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Beberapa jenis mineral di dalam oatmeal juga sangat baik untuk kesehatan kulit menjadi lebih terawat.

Menambah Energi

Oatmeal mengandung protein dan karbohidrat tinggi yang akan menyediakan energi bagi tubuh terutama pada pencernaan. Oatmeal memiliki nilai indeks glikemik yang tidak begitu tinggi yang mampu membakar lemak di dalam tubuh.

Melindungi Tubuh dari Infeksi

Adanya beta glucan di dalam oatmeal juga akan membuat tubuh lebih tahan dengan segala penyebab penyakit sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga. Tubuh akan membuat sel-sel yang baik dan mempertahankan tubuh dari benda asing, jadi ketika ada sel asing di dalam tubuh akan segera dihancurkan. Setelah benda asing mampu dihancurkan kemudian sel tersebut akan membentuk pertahanan kembali.

Mengurangi Resiko Asma

Banyak orang akan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi oatmeal saat usia anak-anak, namun para ahli telah membuktikan bahwa mengkonsumsi oatmeal sejak dini bisa melindungi anak dari resiko penyakit asma. Serat tidak akan membiarkan tenggorokan dan saluran udara rusak sehingga bisa mempersempit perjalanan udara.

Menurunkan Kolestrol

Di dalam tubuh memiliki dua jenis kolestrol yaitu kolestrol baik dan lainnya adalah kolestrol jahat yang mampu meningkatkan resiko penyakit jantung. Ini semua adalah manfaat dari serat yang tidak akan membiarkan low density lipoprotein dan akibatnya kadar kolestrol di dalam tubuh akan menurun. Di dalam oats juga memiliki kadar beta glucan yang mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Bagi para penderita kolestrol sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi oatmeal supaya kadar kolestrol menurun. Hal ini sangat penting karena kolestrol tinggi juga bisa membuat penyakit jantung dan stroke.

Menghambat Penyempitan Arteri

Di dalam oatmeal terdapat avenanthramides yang akan membantu pengerasan pembuluh darah arteri sehingga darah dapat mengalir lebih cepat dan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Antioksidan yang ada di dalamnya juga akan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga mampu menurunkan adanya plak di dalam darah.

Hentikan Obat Pencahar

Menggunakan obat pencahar dapat membuat tubuh kekurangan gizi karena berat badan akan hilang dengan cepat.

Antioksidan

Antioksidan di dalam oatmeal akan menurunkan tingkat radikal bebas dan hasilnya kolestrol LDL juga akan menurun.

Shield Intestine

Serat tinggi di dalam oatmeal akan melindungi usus Anda. Ini akan membuat pergerakan usus Anda menjadi lebih lancar sehingga Anda akan terhindar dari sembelit. Mereka yang memiliki penyakit celiac maka akan sangat baik untuk mengonsumsi oatmeal karena di dalam oatmeal mengandung gluten rendah. Setelah mengonsumsi oatmeal maka akan sangat baik jika diimbangi untuk minum air putih yang cukup supaya serat melakukan tugasnya dengan baik.

Menghindari Stress

Tahukah Anda bahwa di dalam oatmeal juga mengandung zat yang mampu membantu pelepasan hormone yang berpengaruh pada suasana hati sehingga Anda akan terhindar dari stress. Kandungan magnesium di dalamnya juga akan membuat Anda lebih nyaman saat tidur yang akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks.

 

Penggunaan Oatmeal

Oatmeal adalah makanan instan dan dapat digunakan oleh beberapa kondisi serta dapat digunakan dalam berbagai bentuk, diantaranya adalah:

  • Jika Anda adalah pasien diabetes yang harus menurunkan berat badan maka gunakan buah sebagai pelengkapnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal.
  • Buatlah menggunakan susu untuk meningkatkan kandungan nutirisi dan gizi di dalamnya.
  • Campurkan dengan yogurt untuk mendapatkan manfaat probioticnya.
  • Tambahkan kacang untuk mendapatkan kandungan lemak dan mineralnya.
  • Anak-anak bisa mendapatkan manfaatnya melalui kue gandum
  • Campur dengan tepung dan buatlah roti dan muffin di dalamnya.

 

Catatan: saat Anda sedang diet, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secukupnya supaya manfaat dari oatmeal dapat diserap dengan mudah dan optima

 



Sebelumnya: Bingung Memilih Ukuran Kondom? Ini Dia Tipsnya


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli kategori_kesehatan, Beli Kesehatan, Beli krim pelangsing, Beli obat pelangsing, Beli obat pelangsing minum, Beli suplemen pelangsing, Beli suplemen pelangsing minum

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com