FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Menjemput Rezeki 2019 dengan menjadi Reseller AsmaraKu... Click Here
Advertisement
Advertisement

10 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan Anda!

Memiliki organ kewanitaan yang sehat merupakan idaman setiap perempuan. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara merawat kemaluan wanita itu, dan mengapa hal ini sangat penting? 

KONDISI organ kewanitaan yang sehat bukan hanya penting untuk mencegah dan mengatasi keputihan, tapi juga sindrom syok toxic. Meski jarang terjadi, namun penyakit yang dipicu infeksi bakteri ini dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Walau tampon digadang-gadang merupakan pemicu utamanya, namun jika mau diusut lebih dalam lagi, kurang bersihnya organ intim sebenarnya yang jadi penyebab utamanya. Karena itu, sekarang mari kita simak bersama bagaimana saja cara merawat kemaluan wanita dengan mudah.

1.Pilih Kontrasepsi dengan Bijak

Sebelum memutuskan memakai jenis kontrasepsi tertentu, ada baiknya Anda mengonsultasikannya lebih dulu dengan dokter. Alasannya karena kontrasepsi hormonal bisa bikin vagina kering.

2. Hindari Seks Bebas

Cara merawat kemaluan wanita yang juga sangat penting adalah dengan menghindari seks bebas.

Memang benar bahwa jenis penyakit menular seksual (PMS) tertentu dapat dicegah penularannya dengan menggunakan kondom. Namun sayangnya, alat kontrasepsi tersebut tetap tidak mampu melindungi dari paparan HPV.

Inilah alasan munculnya imbauan bagi perempuan usia 11-26 tahun untuk memperoleh vaksin HPV agar terlindung dari kutil kelamin dan kanker serviks.

3. Mengutamakan Penggunaan Kondom

Menariknya, manfaat memakai kondom ketika bercinta tak hanya sebatas mencegah penularan PMS saja.

Hasil studi yang dimuat jurnal PLoS One menyatakan kondom mampu menyeimbangkan pH vagina dan menyehatkan bakteri baik selama berhubungan intim.

Hal ini sangat penting mengingat bakteri baik tersebutlah yang dapat mencegah keputihan, infeksi saluran kencing, serta vaginosis bakterialis.

4. Minum Banyak Air Putih

Sistem reproduksi akan sangat berterima kasih bila Anda cukup minum. Penyebabnya karena dehidrasi mampu membuat vagina kering.

Kondisi inilah yang sering bikin hubungan intim kurang nyaman. Akibat lain dari keringnya vagina adalah meningkatnya risiko infeksi.

5. Gunakan Pelumas

Kelembaban organ intim setiap perempuan itu tidak sama. Ada berbagai faktor yang memengaruhinya seperti stres, kurangnya stimulasi, menopause, efek samping obat, dan lain sebagainya.

Padahal seperti disebutkan sebelumnya, vagina kering dapat menimbulkan rasa sakit saat bercinta. Solusi untuk ini (selain banyak minum tadi) adalah dengan menggunakan pelumas.

Saat memilih, hindari yang menggunakan bahan dasar petroleum karena mampu menimbulkan infeksi ragi. Sebaliknya guna mengatasi keputihan, pilihlah produk yang menggunakan air sebagai bahan dasarnya.

Baca Juga : Hei Ladies, Ini Dia 6 Merk Pembersih Kewanitaan Terbaik untuk Anda

6. Check Up Rutin

Percaya atau tidak, ‘bagian bawah sana’ juga perlu diperiksakan rutin setiap tahunnya guna mengetahui ada-tidaknya risiko penyakit berbahaya yang mungkin muncul.

Saran ini berlaku utamanya bagi perempuan yang memiliki sejarah atau sanak yang pernah menderita kanker atau penyakit di alat reproduksinya.

7. Kenakan Celana Dalam Berbahan Katun

Bahan katun bersifat breathable sehingga efektif melancarkan sirkulasi udara di area kemaluan. Dengan begitu, vagina bisa lebih sehat serta terbebas dari infeksi jamur.

8. Hindari Penggunaan Vaginal Douche 

Faktanya, organ keintiman perempuan memiliki kemampuan self-cleaning. Oleh sebab itu, Anda tak perlu menggunakan produk yang sarat bahan kimia untuk membersihkannya.

Malahan hasil studi yang dimuat jurnal Obstetrics & Gynecology menjumpai produk semacam itu bisa meningkatkan risiko infeksi, radang panggul, hingga PMS.

9. Terapkan Aturan ‘Depan ke Belakang’

Tak hanya berlaku saat membersihkan organ keintiman, aturan dari depan ke belakang ini juga berlaku ketika bercinta.

10. Rutin Senam Kegel

Cara terakhir yang kita bahas adalah dengan rutin melakukan senam kegel. Senam ini mampu menguatkan otot dasar panggul sehingga ketegangan di organ sekitarnya berkurang.

Lebih dari itu, latihan tersebut juga efektif untuk memperbaiki fungsi kandung kemih dan usus. Bonusnya lagi, senam ini juga mampu membuat orgasme terasa lebih greget.

Jadi ladies, itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Selamat mencoba!



Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi