Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

WANITA

Manfaat Olahraga Saat Menstruasi

Oleh: Asmaraku Shop | 4 menit membaca


Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi

Banyak wanita yang berolahraga secara rutin namun justru berhenti melakukannya saat mereka kedatangan tamu bulanan. Memang benar bahwa banyak gejala yang tidak menyenangkan saat sebelum dan setelah menstruasi, namun bukan berarti menjadi alasan bagi wanita untuk tidak berolahraga, lho!

MEMANGNYA penting berolahraga saat menstruasi? The answer is YES! Selain banyak manfaatnya, berolahraga saat sebelum dan sesudah menstruasi terbukti membantu menangani masalah premenstrual syndrome alias PMS. Banyak wanita yang terhindar dari kram perut saat mereka sedang menstruasi, hal ini karena saat olahraga tubuh akan melepaskan hormon endorphin yang akan mengurangi rasa sakit. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah olahraga mampu meningkatkan mood Anda dengan cara menurunkan depresi, mengurangi retensi air, dan membuat Anda menjadi lebih baik secara fisik. Itulah mengapa Anda perlu berolahraga secara rutin termasuk saat menstruasi.

Meskipun berolahraga saat menstruasi adalah ide yang baik namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya olahraga tetap aman bagi Anda, antara lain:

Gunakan Bahan Pelindung yang Aman

Kekhawatiran terbesar bagi para wanita ketika melakukan exercise saat menstruasi adalah apabila terjadi “kebocoran”. Melakukan beberapa jenis exercise tertentu mungkin akan meningkatkan aliran darah, namun Anda bisa menggunakan alat-alat khusus supaya hal ini tetap bisa terkontrol. Sebagai permulaan, jangan gunakan pembalut atau panty liner, sebaliknya gunakanlah tampon atau menstrual cups untuk perlindungan yang lebih optimal. Gunakan tampon yang baru jika Anda akan mulai berolahraga. Anda juga bisa menggunakan keduanya dan gunakan panty liner dengan tampon atau menstrual cups.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Menggunakan pakaian yang tepat dan nyaman sangat penting untuk menghindari terjadinya kebocoran saat berolahraga. Jangan gunakan celana pendek dan yang berwarna cerah. Celana yoga dan sweat pants selalu lebih baik dibandingkan dengan menggunakan celana pesepeda atau legging. Anda dapat menambahkan perlindungan dengan menggunakan celana yang lebih panjang dari celana yang Anda kenakan. Dan terakhir, pakailah atasan yang longgar supaya orang lain tidak dapat melihat perut kembung Anda.

Cobalah Beberapa Peregangan

Melakukan peregangan sebelum berolahraga akan membantu Anda menghilangkan kram. Anda juga harus mencoba melakukan beberapa pose yoga, seperti pose kucing atau atau pose lutut ke dada setelah olahraga untuk menghilangkan kram. Pose kucing dilakukan dengan cara berjongkok merangkak dengan menyelipkan kepala Anda saat melengkungkan punggung Anda. Demikian pula dengan pose lutut ke dada dilakukan dengan cara berbaring kemudian letakkan lutut di dada dan peluklah lutut Anda untuk mendapatkan hasil peregangan yang maksimal.

Hindari Dehidrasi

Adalah hal yang sangat penting untuk menjaga cairan tubuh Anda tetap terjaga sepanjang waktu, namun lebih penting lagi ketika sebelum Anda berolahraga saat sedang menstruasi. Anda harus minum air putih sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Hal ini akan menhindarkan Anda dari sakit kepala dan kelelahan.

Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Meski banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berolahraga, bagaimanapun Anda tetap harus melakukan tindakan pencegahan dan tahu jenis olahraga apa yang bisa Anda lakukan saat menstruasi. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih tanpa harus membatasi gerak Anda:

  • Jalan-jalan

Anda dapat melakukan jalan-jalan jarak dekat untuk membuat Anda tetap aktif, namun jalan-jalan sebelum Anda melakukan jenis olahraga yang berat akan membuatnya Anda menjadi lebih mudah pada saat menstruasi. Ini akan mengurangi resiko Anda terkena cidera. Jadi meskipun Anda tidak mendapatkan banyak kalori yang terbakar, Anda tetap bisa mengatur supaya Anda tetap aktif walaupun melakukannya sedikit saja.

  • Berlari

Berlari mampu melepaskan hormon endorphin yang akan membantu Anda mengatasi rasa sakit karena kram dan gejala lainnya yang terjadi pada saat menstruasi.

  • Yoga

Salah satu hal terbaik dari yoga adalah di dalamnya terdapat beberapa pose yang mampu meningkatkan skill dan juga kebugaran tubuh Anda, banyak orang yang mengatakan untuk menghindari segala gerakan terbalik saat menstruasi, namun tidak ada dasar medis pada hal tersebut. Jika Anda ingin mempercayainya, Anda dapat menggunakan pose yoga lainnya yang memiliki sesi latihan yang baik.

  • Aerobik

Jika Anda ingin menjadi lebih “gila” pada saat menstruasi, Anda mungkin dapat mencoba melakukan aerobic. Jenis olahraga aerobik akan memberikan Anda kebebasan dan kebugaran. Anda dapat menemukan banyak kelas aerobik di daerah Anda, namun pastikan Anda mencari yang memberikan fokus pada rasa senang.

  • Menari

Anda mungkin tidak menyebutnya sebagai bentuk nyata dari sebuah exercise, namun menari dapat meningkatkan detak jantung Anda yang berarti dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Anda dapat mencoba menari jika tidak ingin menggunakan berbagai alat di gym saat menstruasi. Ambilah kelas menari di malam hari dan Anda pasti akan merasakan sensasi yang luar biasa.

  • Planking

Salah satu jenis olahraga yang paling mudah dilakukan saat menstruasi adalah planking. Rebahkan tubuh Anda dengan lengan dan siku berada di bawah dada Anda. Angkat tubuh Anda denga bantuan lengan dan jari-jari tangan. Tahan pada posisi ini. Anda bisa melakukan posisi ini sambil menonton acara kesayangan Anda – tahan posisi ini setiap kali ada jeda iklan.

 



Sebelumnya: Ini Dia Manfaat Pakai Korset Pelangsing untuk Tubuh Anda


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_pembalut herbal, Beli kategori_wanita, Beli pembalut herbal, Beli tampon, Beli Wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com