Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Instant delivery 3 JAM sampai! Pesan sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

10 Manfaat Lain dari Pil KB

Para ibu harus mengetahui kalau manfaat pil KB yang selama ini kita kenal ternyata tak hanya berguna sebagai alat kontrasepsi saja tetapi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan wanita.

10 Manfaat Lain dari Pil KB

MENURUT penelitian dari Organisasi Keluarga Berencana di Guttmacher Institute, wanita yang menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB cenderung memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan kemampuan ekonomi yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan pil KB. Tak hanya sampai di situ, bahkan dengan manfaat pil KB justru akan membuat hubungan pasutri semakin romantis. Tidak percaya? Ini dia bukti 10 manfaat lain dari pil KB selain untuk mencegah kehamilan!

  1. Mengatasi Masalah Endometriosis

Endometriosis merupakan sebuah kondisi yang merujuk kepada perpindahan jaringan rahim ke bagian lain pada saluran reproduksi. Seperti bermigrasi dan menempel pada bagian rongga tulang panggul. Hal ini biasanya dialami oleh wanita ketika menstruasi dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Pil KB adalah pilihan terbaik untuk mengendalikan pertumbuhan endmetriosis dan rasa nyeri yang dihasilkan. Pil KB memang tidak sepenuhnya menyembuhkan endometriosis, namun pada kondisi ini pil KB mampu menekan risiko endometriosis dan memungkinkan penghentian perkembangan penyakit ini karena terapi hormon melalui pil KB dapat memiminalisir efek sampingnya.

  1. Membantu Mengurangi Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Selanjutnya, wanita yang menderita PCOS cenderung mempunyai hormon yang tidak seimbang dan dapat menimbulkan beberapa gejala seperti mensturasi menjadi tidak rutin, tumbuhnya rambut berlebih pada wajah, kegemukan, masalah infertilitas, hingga kista ovarium. Dengan mengonsumsi pil KB untuk kesehatan wanita maka hormon tersebut menjadi lebih seimbang sehingga siklus menstruasi Anda akan datang secara teratur dan efek samping dari menstruasi pun akan mereda.

  1. Mengurangi Kram dan Nyeri Saat Menstruasi (Dysmenorrhea)

Sakit nyeri dan kram seringkali muncul di kala masa datang bulan datang yang disebabkan oleh zat kimia bernama prostaglandin. Namun kabar baiknya, Anda dapat mengurangi masalah ini dengan mengonsumsi pil KB. Sebuah jurnal yang ditulis oleh Human Reproduction menemukan bahwa pil KB dapat mengurangi jumlah prostaglandin dalam tubuh wanita saat menstruasi.

  1. Menghaluskan Kulit

Jerawat kadang kala bermunculan pada wajah Anda sehingga menyebabkan kulit Anda tidak Nampak mulus dan halus lagi. Hal ini diakibatkan karena tubuh menghasilkan hormon yang berlebihan. Manfaat pil KB berikutnya ialah mampu menurunkan tingkat testosteron dalam tubuh sehingga berdampak pada kulit Anda yang akan terlihat lebih halus dan terbebas dari jerawat.

  1. Mencegah Anemia

Tak jarang menstruasi bisa menimbulkan efek samping pada menurunkannya kondisi kesehatan wanita seperti turunnya tekanan darah Anda. Peluang terjadinya anemia adalah saat Anda mengalami kondisi kekurangan darah seperti yang Anda alami saat siklus bulanan Anda datang. Salah satu solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan pil KB yang dapat mengurangi aliran darah saat menstruasi. Jumlah darah yang hilang memainkan peran penting untuk mencegah anemia. Sehingga Anda akan terhindar dari rasa lelah dan lemah yang disebabkan oleh anemia.

  1. Melindungi dari Pelvic Inflammatory Disease (PID)

Pelvic inflammatory disease atau penyakit radang panggul adalah infeksi serius pada saluran reproduksi bagian atas yang dapat membahayakan kesuburan organ reproduksi Anda. Kandungan progestin yang terkandung dalam pil KB dapat mengikat lendir serviks tebal pada saluran tersebut sehingga mikroba sulit masuk ke leher rahim.

  1. Mengurangi Peluang Terkena Kanker

Ternyata manfaat pil KB tak hanya dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh saja. Pil KB juga ampuh dalam mengurangi peluang timbulnya kanker. Hal tersebut bahkan didukung oleh studi dilakukan oleh National Center for Biotechnology pada tahun 2010. Di mana mereka mengungkapkan bahwa wanita yang menggunakan alat kontrasepsi estrogen-progestin memiliki risiko 50% lebih kecil terkena kanker ovarium dan endometrium. Selain itu, risiko penyakit kanker indung telur, rahim dan usus besar juga dapat dikurangi.

  1. Menjaga Siklus Menstruasi

Penggunaan pil KB dapat menyebabkan siklus menstruasi terjadi secara teratur. Hal ini sangat membantu untuk wanita yang memiliki siklus menstruasi terlalu cepat atau terlalu jarang. Menstruasi juga cenderung lebih ringan dan singkat.

  1. Mengurangi Beberapa Risiko Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis tersebut ialah menanggulangi risiko payudara fibrosistik, mencegah kehamilan ektopik yang dapat mengancam nyawa sang ibu, mencegah osteoporosis, serta mengurangi risiko kista indung telur dan kista non kanker lainnya pada wanita.

  1. Mengharmoniskan Hubungan Pasutri

Perlu diingat bahwa pil KB sama sekali tidak akan mengganggu aktivitas hubungan seksual dan tidak akan memengaruhi kesuburuan pada reproduksi. Meskipun penggunaan pil KB mungkin akan memakan waktu 2 hingga 3 bulan untuk bisa hamil setelah menghentikan konsumsi pil KB. Hal ini tentulah kabar baik bagi anda yang ingin mengharmoniskan kembali hubungan anda dengan pasangan.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi