Menu
Cart

KESEHATAN

10 Kebiasaan Yang Bisa Bantu Menghilangkan Jerawat

Oleh: Mursyid Kasmir Naserly | 5 menit membaca


Sudah mencoba berbagai terapi wajah dan lotion wajah, tapi jerawat Anda masih membandel juga? Mungkin kini saatnya Anda harus merubah cara mengatasi jerawat Anda dengan menata kembali kebiasaan Anda.

10 Kebiasaan Yang Bisa Bantu Menghilangkan Jerawat

KENAPA? karena dengan dukungan beberapa poin kebiasaan berikut, ternyata mampu mengatasi jerawat secara efektif. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah penjabarannya.

1. Tidurlah yang cukup

Menurut sebuah studi yang membahas tentang tidur, disebutkan bahwa resiko stres dalam psikologis seseorang dapat meningkat sekitar 14%, jika Anda melewatkan setiap jam di tidur malam Anda. Tapi, apa kaitan temuan tersebut dengan jerawat?

"Stres dapat meningkatkan produksi glukokortikoid, yaitu golongan hormon steroid yang dapat memicu hadirnya ketidaknormalam pada fungsi dan struktur kulit," ujar Sonia Badreshia-Bansal, seorang dermatologist di Danville, CA.

Dan hal tersebut dapat membuat kondisi jerawat seseorang semakin memburuk. Jadi, ciptakanlah tidur sempurna Anda, agar ancaman jerawat Anda mudah diatasi.

2. Perhatikan makanan Anda

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan naiknya gula darah dan memicu kenaikan insulin. Meningkatnya insulin pada aliran darah Anda, dapat menimbulkan perubahan pada tubuh, terutama pada peningkatan sel penyumbat pori-pori atau dikenal dengan istilah pore-clogging.

Jika hal ini terjadi maka kelenjar minyak pun akan hadir menemaninya. Jadi untuk menghilangkan jerawat secara alami, ubahlah beberapa makanan yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.

Sebuah studi yang diterbitkan di Jurnal Nutrisi Amerika menyarankan Anda untuk memperbanyak konsumsi padi-padian, buncis dan sayuran dan mulai mengurangi konsumsi pasta, nasi putih, roti putih dan gula.

jual perawatan wajah wanita lengkap hanya di AsmaraKu

3. Olahraga teratur

Olahraga dapat menurunkan kadar stres, maka hal ini adalah salah satu cara terbaik pula untuk mengatasi jerawat Anda. Aktivitas fisik juga menolong kesehatan kulit Anda lewat sirkulasi aliran darah yang lancar karena di setiap aliran darah yang lancar tersebut mengandung oksigen yang baik untuk sel-sel kulit Anda.

Tapi hal lain yang perlu Anda perhatikan saat berolahraga adalah kebersihan kulit. Jadi pastikan Anda untuk bersih-bersih atau mandi sesaat selesai berolahraga.

4. Air Putih yang cukup

Meningkatkan konsumsi air putih pada tubuh sangat berdampak positif pada kulit Anda. Karena dari setiap air yang diminum akan membawa racun-racun yang menempel pada sel kulit dan membawanya keluar dari tubuh.

Meskipun belum ada penelitian seputar hal tersebut secara spesifik, namun sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Missouri-Columbia menemukan bahwa dengan meminum dua gelas air putih saja, manfaatnya akan sangat terasa, karena mampu meningkatkan aliran darah pada tubuh dan kulit Anda.

5. Gunakan Sunblock saat keluar rumah

Anda mungkin masih ragu dengan manfaat sunblock pada wajah Anda, tapi dari segi fungsi, sunblock atau tabir surya sangat baik untuk mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari. Jika hal itu sudah terjadi, maka kondisi jerawat di wajah Anda akan semakin parah terlebih lagi jika sudah ditemani dengan noda hitam.

Karena selain menahan sinar matahari, fungsi sunblock juga baik untuk menurunkan risiko hadirnya kanker kulit. Jadi, gunakanlah sunblock saat Anda ingin keluar rumah pada siang hari. Tapi sebelum menggunakannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda, agar Anda dapat mengetahui sunblock yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Baca juga: Pentingnya Tabir Surya Untuk Mencegah Keriput

6. Sering mengonsumsi Omega-3

Omega-3 sangat memiliki peran untuk mengontrol produksi leukotriene B4, sebuah molekul yang dapat meningkatkan sebum dan menjadi penyebab meradangnya jerawat Anda.vOmega-3 dapat ditemukan diberbagai suplemen atau makanan seperti walnut, alpukat, minyak flaxseed dan salmon.

jual produk pembersih wajah termurah di AsmaraKu

7. Bersihkan wajah Anda dua kali sehari

Wajah memiliki kelenjar minyak lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya, ujar Carolyn Jacob, MD, seorang dermatologist asal Chicago. Apalagi jika sehari-hari wajah tertutup oleh makeup ditambah lagi dengan keringat, sapuan asap, debu dan kotoran, maka Anda harus membersihkannya secara teratur untuk membersihkan pori-pori dari penyebab hadirnya jerawat.

Anda boleh saja tidak mandi selama dua hari, tapi untuk wajah, jangan coba-coba Anda lakukan hal yang sama, jika wajah Anda tak ingin dihinggapi jerawat dan sejenisnya. Bersihkan saat pagi dan malam hari agar wajah Anda dapat selalu sehat dan berseri.

Baca juga: Jangan Tidur Dulu Sebelum Wajah Bersih dari Sisa Makeup

8. Lakukan Exfoliation

Untuk menghilangkan jerawat, exfoliation atau pengelupasan kulit dengan scrub sangat dianjurkan setidaknya sekali dalam seminggu. Proses ini membantu membuang sel kulit mati agar kulit wajah Anda selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.

9. Hindari kuman di smartphone Anda

Beberapa studi membuktikan bahwa smartphone memiliki potensi penyebaran kuman yang sangat hebat. Karena di smartphone, Anda melakukan beragam aktivitas seperti chatting dan menelepon dimanapun dan kapanpun, sehingga banyak bakteri dari tangan maupun muka yang hinggap di alat komunikasi mobile tersebut.

Sebagai tambahan, temperatur hangat pada smartphone juga membantu bakteri untuk berkembang biak. Untuk itu, pastikan Anda telah membersihkan smartphone Anda dengan hand sanitizer setiap hari, sebelum Anda menempelkannya ke wajah Anda untuk menelepon. Atau jika Anda tak sempat membersihkannya, Anda dapat menggunakan headphone sebagai solusi komunikasi Anda.

10. Perhatikan produk perawatan rambut Anda

Istilah "pomade acne" adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut termasuk conditioner, sampo, gel, dan hair spray. Jerawat jenis ini terjadi saat minyak dari produk perawatan rambut Anda tersebut meresap kedalam kulit wajah. Biasanya hal ini terjadi pada bagian batas rambut Anda dengan wajah dan akibatnya munculah bakteri pada pori-pori wajah Anda. 

Untuk mengatasi masalah ini, gunakanlah produk rambut sebelum Anda mencuci muka Anda, agar potensi jerawat yang disebabkan oleh produk rambut tersebut dapat dibersihkan segera, sesaat setelah menggunakannya. Atau sebagai alternatif lain, Anda juga bisa gunakan produk-produk perawatan rambut yang bebas dari bahan dasar minyak.



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_perawatan wajah, Beli kategori_kesehatan, Beli Kesehatan, Beli pembersih wajah pria, Beli pembersih wajah toner, Beli perawatan wajah, Beli perawatan wajah pria, Beli suplemen kesehatan kulit

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com