FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

10 Cara Jitu Mengatasi Kaki Berkeringat dan Bau

Terdapat sekitar 4-5 juga kelenjar keringat di tubuh manusia. Lebih dari 250.000 kelenjar keringat berada di kaki. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kaki rentan bau dan bekeringat.

KAKI yang berkeringat, selain menimbulkan bau juga bisa sangat mengganggu dan membuat rasa percaya diri Anda hilang, terlebih jika kaki menghasilkan keringat dalam jumlah banyak hingga membuat kaki Anda gerah.

Bau kaki dan keringat berlebih kaki adalah dua hal yang saling berkaitan namun harus diselesaikan secara terpisah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab kaki bau dan berkeringat.

Apa penyebab kaki berkeringat?

Proseses berkeringat adalah bagian penting dari sistem pendinginan tubuh. Untuk mengatur suhu tubuh, tubuh akan melepaskan panas berlebih melalui kelenjar keringat dalam bentuk keringat.

Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang mendapatkan tugas ini. Faktanya, kaki memiliki 250.000 kelenjar keringat, ini jumlah yang lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya.

Paling tidak, kaki akan menghasilkan sekitar setengah liter keringat setiap hari. Meskipun Anda tidak memiliki masalah keringat yang ekstrem, Kaki Anda akan tetap basah karena berkeringat. Jadi, kaki berkeringat sebenarnya adalah hal yang wajar.

Namun, memang ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keringat Anda lebih dari kondisi normal. Gen Anda, misalnya. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah bahwa kelenjar keringat di telapak kaki sebagian juga berfungsi untuk merespons emosi Anda.

Jadi, orang yang memiliki mudah cemas, gugup, atau yang memiliki banyak tekanan emosional akan lebih mudah berkeringat khususnya pada bagian kaki. Bagi sebagian orang, produksi keringat pada kaki bisa sangat banyak.

Bagi yang lainnya, mungkin keringat hanya akan muncul ketika ada aktivitas fisik atau perubahan suhu. Orang yang memiliki produksi keringat yang ekstrem pada kaki disebut dengan plantar hyperhidrosis.

Apa penyebab kaki bau?

Keringat bukan satu-satunya faktor yang membuat kaki yang beraroma busuk. Ketika bakteri di kulit Anda bercampur dengan keringat, itulah yang menyebabkan bau kaki.

Pada beberapa kasus, baunya bisa sangat busuk. Seiring berjalannya waktu, biasanya bau akan terkunci pada sepatu. Ini justru membuat keadaan menjadi lebih buruk lagi. Jadi, penyebab kaki bau dan berkeringat yang utama adalah bakteri.

Cara mengatasi kaki bau dan berkeringat

Penyebab kaki bau dan berkeringat yang utama adalah bakteri. Kaki bau disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat.

Jadi, cara menghilangkan kaki bau yang paling efektif adalah dengan meminimalisir bakteri di kaki. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kaki bau dan berkeringat.

1. Cuci kaki

Cucilah kaki Anda setiap hari dengan sabun antibakteri. Kaki yang kotor dan berkeringat dapat menarik bakteri penyebab bau kaki. Gunakan juga sabun antibakteri herbal yang mengandung pewangi herbal alami bagi kaki.

2. Gunakan antiperspiran

Antiperspiran adalah zat yang dapat mengurangi produksi keringat. Antiperspiran yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan keringat yang tidak diinginkan.

3. Gunakan deodoran spray kaki

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan deodoran di ketiak, namun mengapa Anda tidak menggunakannya pada kaki?

Semprotan deodoran ternyata juga bisa menjadi cara menghilangkan kaki bau yang efektif. Saat ini sudah tersedia banyak deodoran khusus kaki yang akan menghilangkan bau kaki sepanjang hari.

4. Bedak kaki

Anda juga bisa menggunakan bedak kaki, lho. Selain bisa menghilangkan bau, bedak kaki juga akan menjaga kulit kaki tetap kering dan bebas jamur. Setelah membersihkan kaki, taburkan bedak anti jamur. Cara ini cukup ampuh mengatasi kaki berkeringat dan berbau busuk.

5. Alkohol

Membersihkan kaki Anda dengan alkohol dapat menutupi pori-pori kaki Anda dan dapat mengurangi keringat secara temporer. Lakukan hal ini sebelum Anda mengenakan kaus kaki dan sepatu setiap harinya untuk hasil maksimal.

6. Tepung jagung

Tepung jagung memiliki fungsi yang sama dengan bedak kaki. Tepung jagung dapat menyerap keringat dan menjaga kaki Anda tetap kering dan nyaman. Taburkan tepung jagung dan biarkan kering sebelum menggunakan sepatu dan kaos kaki.

7. Baking soda

Cara menghilangkan kaki bau dengan baking soda adalah dengan memasukkan baking soda ke dalam sepatu setelah melepasnya untuk untuk menyerap kelembapan berlebih pada sepatu. Ini akan mencegah bakteri yang menimnulkan bau tidak sedap di dalamnya.

8. Pilih sepatu yang tepat

Gunakanlah sepatu yang bisa membiarkan kaki Anda 'bernapas'. Sepatu dengan sirkulasi udara yang buruk tidak akan mampu membantu mengatasi kaki Anda yang berkeringat.

Sebaiknya hindari sepatu berbahan plastik dan kulit. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kaos kaki jika menggunakan sepatu.

9. Sepatu kering

Jagalah sepatu Anda tetap kering untuk mencegah bakteri menumpuk. Gantilah sepatu jika sepatu dirasa terlalu basah. Sepatu yang basah akan menimbun bakteri dan akan membuat kaki semakin bau.

Baca juga: Kaki Bau karena Sering Pakai Sepatu? Ini 6 Cara Efektif Mengatasinya!

10. Kaus kaki

Kenakanlah kaos kaki yang tepat. Gunakanlah kaos kaki yang kering dan bersih. Sebisa mungkin ganti kaos kaki Anda setiap hari. Kaos kaki dari bahan wol adalah yang terbaik karena mampu menyerap keringat dan membiarkan kaki Anda bernafas.

 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi