Advertisement
Advertisement

10  Aktivitas Seru Bulan Madu di Riau

Selain untuk menghabiskan waktu berdua, bulan madu juga seringkali dijadikan kesempatan untuk berlibur sejenak dari segala aktivitas. Untuk itu, destinasi bulan madu dengan panorama indah sering menjadi pilihan melepas penat. Bagi Anda yang sedang merencanakan bulan madu, jika ingin mencari destinasi selain Bali dan Lombok, bagaimana jika kali ini mencoba berbagai petualangan seru di Riau?

10  Aktivitas Seru Bulan Madu di Riau

BICARA mengenai destinasi bulan madu seru, Indonesia memiliki banyak surga tersembunyi yang bisa Anda dan pasangan jelajahi untuk menikmati momen bulan madu. Tidak hanya seputar Bali dan Lombok, Indonesia masih memiliki pulau lain seperti Riau yang memiliki panorama indah.

Tidak kalah cantik dengan pulau lainnya, Riau juga menyimpan banyak kekayaan alam serta pilihan aktivitas menarik yang dapat Anda berdua lakukan dalam rangka liburan romantis. Penasaran apa saja aktivitas seru yang disuguhkan Riau? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Memancing di Pulau Senua

Aktivitas pertama yang dapat Anda lakukan bersama pasangan saat bulan madu di Riau adalah memancing di Pulau Senua. Pulau ini terletak di ujung Tanjung Senubing, Bunguran Timur, Natuna, Kepulauan Riau.

Menurut cerita, Senua dalam bahasa setempat berarti satu tubuh berbadan dua atau yang biasa disebut dengan hamil. Diceritakan pulau ini terbentuk dari seorang ibu hamil yang menjadi batu akibat sifatnya yang kikir, kemudian segala perhiasan yang dikenakannya saat itu menjadi burung layang-layang. Itulah mengapa Anda akan menemykan banyak burung layang-layang di tempat ini.

Di sisi lain, di balik legenda tersebut, pantai di Pulau Senua memiliki pasir putih dan air laut yang masih sangat jernih sehingga sangat cocok digunakan untuk memancing.Tidak hanya itu jarak tempuh dari Desa Sepempang ke Pulau Senua adalah sekitar 15 menit dengan menggunakan pompong carteran milik nelayan setempat.

2. Berfoto di Alif Stone Park

Bagi Anda yang suka berfoto dan ingin mengabadikan momen perjalanan romantis, aktivitas berikut sangat wajib dicoba. Bukan sekedar berfoto di tempat biasa, Anda dan pasangan akan diajak mengabadikan momen dengan berfoto di antara bongkahan-bongkahan batu besar yang berada di Desa Sepempang.

Bongkahan batu raksasa yang dikenal dengan Alif Stone Park ini mempunyai panorama yang sangat mempesona dan menakjubkan untuk dinikmati. Lokasinya tidak jauh dari ibukota Kabupaten Natuna, Ranai, Riau dan dapat ditempuh menggunakan motor atau mobil dengan waktu sekitar 10-15 menit saja.

Village Resort Grand Lagoi Bintan, Rp 2.810.000,-/ orang ; Beli di sini

3. Bersantai di Pantai Sisi

Aktivitas bulan madu seru di Riau selanjutnya adalah berkunjung ke Pantai Sisi. Pantai dengan pesona laut dan pasirnya yang indah ini dapat Anda kunjungi dengan mengarungi lautan Ranai ke Serasan menggunakan kapal selama 10-11 jam perjalanan.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di tempat ini, Anda dan pasangan dijamin tidak akan kecewa karena akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah. Sambil menikmati pemandangan, Anda dan pasangan dapat ditemani secangkir kopi atau teh yang banyak dijual oleh kafe-kafe di sekitar pantai. 

Selain duduk bersantai, di pantai ini Anda dan pasangan juga dapat menikmati serunya berselancar sehingga tempat ini jadi lokasi komplit bulan madu ke Riau.

4. Berwisata Sejarah ke Pulau Penyengat

Pulau Penyengat adalah sebuah pulau kecil yang berjarak 2 km dari kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini masih banyak tersimpan peninggalan bersejarah seperti Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para Raja, makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, komplek istana, kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi.

Selain itu, Anda juga dapat melihat replika rumah adat melayu yang pernah ada di Pulau Penyengat ini, serta melihat sumur air tawar yang ada di bawah bangunan. Konon sumur yang sudah berusia berabad-abad tersebut hingga saat ini airnya masih mengalir dan dapat langsung Anda minum untuk menyegarkan dahaga. 

Baca juga: Jenis Paket Honeymoon yang Harus Anda Tahu

5. Bersantai dan Menikmati Senja di Pantai Penat

Sesuai dengan namanya, pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat akibat terlalu lelah melakukan sederetan aktivitas liburan seru. Tidak sesuai namanya, Pantai Penat justru akan menawarkan keindahan pantai yang membuat pikiran Anda rileks dan nyaman.

Di pantai ini, Anda akan disuguhi pemandangan laut biru yang begitu luas, dengan pasirnya yang putih dan membentang di tepian pantainya, serta dilengkapi pemandangan alam hijau dari pepohonan rindang di sekitarnya.

Selagi bersantai, Anda juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya, seperti memancing, berselancar, ataupun hanya bersantai dan berjemur sambil menikmati keindahan sunset yang mempesona di Pantai Penat.

6. Menjelajahi Keseruan Pulau Bintan

Pulau Bintan menawarkan berbagai macam objek wisata yang dapat anda kunjungi bersama pasangan saat bulan madu ke Riau. Bintan Resort merupakan tujuan utama yang sering dikunjungi para pasangan yang berbulan madu, karena tempatnya memiliki pantai yang indah dengan berpasir putih dan menghadap ke Laut Cina Selatan.

Pantai ini menawarkan sejuta aktivitas yang menarik untuk dilakukan bersama pasangan, seperti berenang, memancing, snorkeling, berselancar, menyelam, hingga olahraga air yang seru. Tak berhenti di Bintan Resort, masih ada segudang koleksi alam yang disimpan oleh pulau ini, diantaranya adalah Pantai Sakera, Danau Biru, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, dan masih banyak lagi yang lainnya yang tentunya akan memanjakan liburan seru anda di Pulau Bintan.

Grand Hatika Hotel Belitung, Rp 3.928.000,-/ orang ; Beli di sini

7. Mendaki Gunung Ranai

Gunung Ranai adalah sebuah gunung dataran rendah yang terletak di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Di sini, Anda dan pasangan dapat mendaki sekaligus menikmati fenomena menarik berupa gradasi jenis-jenis tanaman dari hutan dataran rendah hingga hutan dataran atas. Pada ketinggian tertentu, Anda bahkan akan menemukan tipe-tipe vegetasi yang memperlihatkan ciri khas pegunungan dataran atas.

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, silahkan memilih salah satu puncak karena Gunung Ranai memiliki tiga puncak berbeda yaitu Puncak Serendit dengan ketinggian 968 mdpl, Puncak Erik Samali yang berada pada ketinggian 999 mdpl, dan Puncak Datuk Panglima Husin yang terletak pada ketinggian 1.035 mdpl.  

8. Menjelajahi Pantai Trikora dengan Paket Tur

Pantai Trikora adalah salah satu pantai wisata yang masih berlokasi di Pulau Bintan. Pantai ini dianugerahi pasir putih indah serta ombak yang landai dengan bebatuan di bibir pantainya. Di pantai ini, Anda akan dimanjakan dengan resort-resort mewah, kawasan konservasi padang lamun, rumah makan seafood, hingga hutan bakau yang sayang untuk tidak dikunjungi.

Untuk Anda yang berkunjung ke sini, tidak perlu bingung bagaimana menjelajahi pantai trikora karena beberapa hotel menyediakan paket tur untuk pasangan agar dapat menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, dan melakukan permainan air seperti banana boat, kano, dan lain-lain.

Baca juga: Ini Dia 10 Cara Menghemat Budget Honeymoon!

9. Menikmati Keindahan Alam di Gunung Bintan

Bulan madu ke Riau belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Gunung Bintan. Gunung yang sebenarnya mirip dengan sebuah bukit ini hanya mempunyai ketinggian sekitar 400 mdpl. Di gunung ini, Anda dan pasangan akan banyak mendapatkan hal-hal menarik selama mendaki seperti menyaksikan keindahan panorama alam di sekeliling Pulau Bintan.

Sebagai kawasan hutan hujan tropis, di gunung ini Anda juga dapat menikmati kekayaan flora dan fauna yang khas seperti tumbuhan tropis dan pohon-pohon raksasa. Gunung yang puncaknya dapat didaki hanya dalam waktu 2 jam ini memang menyimpan keindahan panorama alam yang menakjubkan untuk para pasangan yang suka berpetualangan seru saat menikmati bulan madu.

10. Mandi di Air Terjun Temurun

Air Terjun Temurun merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi perjalanan romantis yang ada di Desa Batu Belah, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Air terjun yang bermuara di Selat Peniting ini memiliki 7 tingkatan sehingga nampak sangat indah saat dipandang dari kejauhan.

Selain itu, air terjun setinggi 100 meter ini akan terlihat seolah-olah membelah hutan di perbukitan Pulau Siantan karena dikelilingi oleh pepohonan hijau. Dengan kondisi air terjun yang masih sangat asri dan alami, dilengkapi dengan pemandangan alamnya yang begitu indah menjadikan Air Terjun Temurun sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda dan pasangan sedang berbulan madu di Riau.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi