Advertisement
Advertisement

10 Aktivitas Honeymoon Seru di Jogjakarta

Sebagai kota budaya, Jogjakarta memang dikenal memiliki segudang destinasi menarik yang dapat Anda jadikan referensi bulan madu bersama pasangan. Selain disuguhkan panorama alam yang indah, di kota ini Anda dan pasangan dapat menikmati waktu bersama dengan aneka aktivitas seru. 

10 Aktivitas Honeymoon Seru di Jogjakarta

Destinasi bulan madu seolah tak pernah ada matinya, apalagi bagi pasangan yang hobi traveling, tiap sudut dunia ini seakan tidak pernah habis untuk ditelusuri. Selalu ada tempat dan aktivitas baru yang bisa dilakukan bersama.

Seperti halnya bulan madu di Jogja, yang memiliki banyak pilihan wisata seperti wisata alam, wisata seni, wisata budaya, dan wisata-wisata lainnya. Meskipun bukan tempat yang jauh, namun kota ini dapat membuat honeymoon Anda berdua sangat berkesan dan tak terlupakan!

Dari sekian banyak hal yang dapat dinikmati ketika bulan madu di Jogja, ini dia 10 aktivitas seru yang wajib dilakukan jika bulan madu di Jogja. Yuk baca!

1. Mengunjungi beragam kekayaan candi yang ada

Berbulan madu ke Jogjakarta pasti tidak terpisahkan dengan kunjungan ke dua candi termegah di Indonesia yaitu Borobudur dan Prambanan. Walaupun Candi Borobudur terletak di kota Magelang, jaraknya yang hanya satu jam dari Jogja membuat beberapa orang mengira bahwa candi tersebut terletak di Jogjakarta.

Selain dua candi tersohor itu, beberapa candi cantik lainnya yang juga patut dikunjungi adalah Candi Mendut, Candi Ratu Boko, dan Candi Ijo.

2. Biarkan matahari menilik setitik cahaya surga di Goa Jomblang

Walaupun aktivitas caving di Goa Jomblang termasuk tidak murah, namun pengalaman yang akan diperoleh tidak akan ada duanya. Anda dan pasangan akan diturunkan menggunakan tali ke kedalaman 60 meter. Lalu Anda akan disambut oleh hutan purba yang memiliki vegetasi unik, kemudian penjelajahan dilanjutkan dengan berjalan sepanjang kurang lebih 250 meter menuju Goa Grubug untuk melihat ‘cahaya surga’.

Cahaya Surga adalah ungkapan untuk cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah rimbun daun pada mulut Gua Grubug. Waktu terbaik untuk mengunjungi goa ini adalah sekitar pukul 10.00-12.00, karena posisi matahari sedang tinggi sehingga Anda bisa melihat ‘cahaya surga’.

Baca juga: 10 Trik Bulan Madu Hemat

3. Rasakan sensasi sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Meluncur dengan snowboard di Jogja mungkin adalah hal yang mustahil. Tapi jangan salah, Jogja ternyata punya wilayah gumuk pasir satu-satunya di Indonesia yang bisa Anda dan pasangan pergunakan untuk olahraga sandboarding. Letaknya di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta.

Sebagai info, lahan gumuk pasir hanya ada dua di dunia. Satu lagi terdapat di Meksiko. Di gumuk pasir ini, Anda bisa mencoba serunya menuruni bukit dengan papan seluncur. Jangan mengira ini mudah ya, karena Anda harus bisa menjaga keseimbangan kalau tidak ingin tergelincir. Namun tak perlu khawatir, olahraga ini tetap aman untuk pemula kok. Dan pastinya Anda akan merasakan sensasi liburan seru yang tak biasa.

4. Naik gondola tradisional di Pantai Timang

Sekilas, memang tak ada yang berbeda dari Pantai Timang dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya. Namun yang menarik adalah ada gondola tradisional di atas tebing yang mengaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang. Biasanya gondola ini digunakan nelayan untuk berburu lobster yang ada di pulau karang bernama Pulau Panjang di seberang pantai.

Anda bisa coba menaiki gondola kayu ini untuk menyeberangi ganasnya ombak di bawahnya sambil menantang maut. Setelah sampai di atas karang, Anda bisa melihat kumpulan nelayan lobster yang sedang sibuk dengan jalanya masing-masing. Jika Anda berniat menjajahi sensasi naik gondola tradisional di Pantai Timang, Anda harus konfirmasi terlebih dahulu pada pihak pengelola minimal 1 hari sebelumnya. Bagaimana, berani?

5. Kulineran lokal ala Jogjakarta

Gudeg telah dikenal sebagai makanan khas lokal yang wajib Anda santap ketika liburan seru di Jogjakarta. Selain gudeg, ada juga beberapa makanan lainnya yang harus Anda cicipi, seperti nasi brongkos, oseng mercon, dan sate klatak.

Untuk nasi brongkos, Anda bisa menyambangi Warung Handayani di dekat alun-alun selatan keraton, atau Brongkos Bu Padmo di Jalan Magelang. Sementara, oseng mercon Bu Narti di Jalan Kyai Ahmad Dahlan, dan warung sate klatak bisa ditemukan di sekitar daerah Imogiri, salah satu tempat paling favorit adalah sate klatak Pak Bari di Pasar Wonokromo, Pleret.

Dapatkan paket bulan madu di Mesatila Resort and Spa Jogjakarta dengan harga Rp 3.691.000,- Beli di sini

6. Mengunjungi Taman Sari

Kegiatan naik becak berkeliling wilayah keraton tidak lengkap rasanya kalau belum melewati Taman Sari. Kompleks Taman Sari merupakan komplek yang terdiri dari beberapa bangunan, kolam pemandian, kanal air, dan terowongan-terowongan.

Menyusuri sejarah dan kemegahan arsitektur bangunan-bangunan di tempat ini adalah salah satu aktivitas liburan seru yang harus dilakukan oleh para pasangan saat sedang berbulan madu di Jogjakarta, namun hati-hati tersesat ya!

7. Temukan romantisme senja yang manis berbalut adrenalin di Bukit Parang Endog

Pantai Parangtritis memang tempat wisata perjalanan romantis yang sangat terkenal dari kota Jogja. Tetapi, kami tidak akan membahas pantai ini. Sebaliknya, di ujung timur Pantai Parangtritis, ada tempat bagus yang biasa digunakan sebagai landasan pacu olahraga paralayang bernama Bukit Parang Endog.

Jika tertarik untuk mencoba olahraga paralayang ini, Anda bisa melakukan paralayang tandem bersama pilot berpengalaman dengan membayar sekitar 300 ribu sekali terbang.

Tetapi kalau tidak, tempat ini juga tetap seru kok untuk sekedar bersantai. Dari atas bukit, Anda bisa melihat keelokan Pantai Parangtritis yang eksotis. Menyaksikan pemandangan sunset pun dari atas sini juga bagus.

8. Mendaki Gunung Api Purba atau Nglanggeran

Gunung Api Purba atau Gunung Nglanggeran adalah salah satu tempat wisata terbaik yang bisa dicoba selanjutnya. Jangan membayangkan gunung yang memerlukan pendakian berhari-hari, karena untuk mencapai puncak Gunung Api Purba, Anda hanya perlu treking selama 1,5 jam kok.

Bagi pasangan yang menyukai kegiatan hiking, pemandangan indah akan menjadi hadiah termanis di puncak. Disarankan untuk mendaki gunung ini di sore hari sehingga Anda bisa menikmati sunset dari puncak, namun jangan lupa membawa senter ya!

Baca juga: Trik Menghindari Pertengkaran dengan Pasangan Saat Honeymoon

9. Nikmati cantiknya lampu malam kota Jogja dari atas Bukit Bintang

Jika Anda tertarik dengan pemandangan lampu Kota Jogja di malam hari, ada tempat sempurna untuk disinggahi. Letaknya ada di Jalan Jogja, Wonosari, tepatnya di Bukit Pathuk, Gunung Kidul. Anda bisa melihat panorama kota Jogja di malam hari dari ketinggian 150 meter.

Di tempat ini, berjajar sejumlah warung makan di tepi jurang yang menawarkan aneka makanan dengan harga murah. Sembari menikmati jagung bakar dan segelas minuman hangat, Anda dan pasangan akan dimanjakan oleh hamparan 'bintang' yang berasal dari lampu rumah-rumah di Kota Jogja yang berkilauan.

10. Habiskan malam terakhir di Jogja dengan berjalan di Alun-Alun Selatan

Alun-alun selatan keraton terlihat cantik dan ramai sekali pada malam hari. Beberapa hal bisa dilakukan di sana, salah satunya adalah dengan mengajak dan menantang pasangan Anda untuk mencoba berjalan dengan mata tertutup melewati dua pohon beringin kembar.

Selain itu, Anda juga bisa menggowes sepeda mobil yang berhiaskan lampu terang warna-warni diiringi dengan alunan musik. Lanjutkan dengan menikmati jagung bakar atau minum wedang ronde. Keceriaan malam di alun-alun bisa menutup perjalanan romantis Anda berdua dengan seru, bukan?

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi