Latamoxef

    Latamoxef merupakan antibiotik yang diresepkan untuk mengatasi infeksi-infeksi sensitif. Penggunaannya melibatkan administrasi melalui injeksi, yang harus sesuai dengan anjuran dokter.

    Golongan obat: Cephalosporin generasi ke-3 Merek dagang: Moxalactam, Latamox, Latamoxef Sodium

    Apa itu Latamoxef?

    Latamoxef adalah antibiotik yang termasuk dalam kelompok cephalosporin generasi ketiga yang digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi yang sensitif terhadap obat ini, seperti infeksi saluran pernapasan dan infeksi kulit.

    Dosis Latamoxef

    Latamoxef disediakan dalam bentuk solusi injeksi dan dosisnya bervariasi tergantung pada jenis dan keparahan infeksi, serta respons pasien terhadap terapi. Dosis dewasa biasanya adalah 2 hingga 6 gram per hari, dibagi menjadi beberapa dosis. Untuk anak-anak, dosisnya berkisar antara 50 hingga 100 miligram per kilogram berat badan setiap hari, dengan frekuensi sesuai keperluan medis. Dosis khusus perlu diterapkan bagi pasien dengan gangguan ginjal, termasuk mereka yang menjalani hemodialisis.

    Aturan Pakai Latamoxef

    Penggunaan latamoxef harus tepat sesuai dosis yang diresepkan oleh dokter dan dilakukan melalui penyuntikan intramuskular atau intravena. Penting untuk memberitahu dokter mengenai perubahan kondisi atau timbulnya gejala baru. Obat harus disimpan pada suhu ruangan dan terlindung dari cahaya serta kelembapan untuk menjaga kualitasnya.

    Efek Samping Latamoxef

    Beberapa efek samping yang mungkin muncul akibat penggunaan latamoxef antara lain:

    • Hipoprotrombinemia
    • Perdarahan serius
    • Demam
    • Nyeri di lokasi suntikan
    • Diare
    • Erupsi kulit
    • Eosinofilia
    • Leukopenia
    • Trombositopenia Tidak semua pasien akan mengalami efek samping di atas dan kemungkinan adanya efek samping lain yang tidak tersedia dalam dokumen ini. Konsultasikan ke dokter atau apoteker mengenai kekhawatiran atas efek samping tertentu.

    Peringatan dan Perhatian saat Pakai Latamoxef

    Sebelum menggunakan latamoxef, pastikan untuk memberitahukan dokter bila Anda memiliki alergi terhadap obat ini atau kelompok cephalosporin lainnya. Hindari penggunaan alkohol saat menjalani terapi dengan latamoxef untuk mengurangi risiko interaksi yang tidak diinginkan.

    Efek Latamoxef untuk Ibu Hamil dan Menyusui

    Belum ada penelitian komprehensif yang membahas risiko pemakaian latamoxef bagi ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, perlu konsultasi mendalam dengan dokter untuk mempertimbangkan manfaat serta risiko sebelum menggunakan obat ini.

    Interaksi Latamoxef dengan Obat Lain

    Interaksi antara latamoxef dengan obat lain bisa menyebabkan perubahan efektivitas pengobatan ataupun meningkatkan potensi efek samping yang serius. Pastikan dokter dan apoteker Anda mengetahui semua produk yang Anda gunakan, termasuk obat resep dan nonresep serta produk herbal. Jangan mulai atau hentikan penggunaan obat tanpa persetujuan dokter.

    Mau konsultasi seputar obat dan kesehatan?

    Tanya Apoteker
    Catatan
    FAVO Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.
    Kembali ke blog

    Produk Rekomendasi

    Tutup

    Ditinjau secara medis oleh apt. Diana Fatria, S. Farm

    Artikel terkait