4 Makanan Ini Sumber Whey Protein Terbaik

Whey protein tentu tidak asing lagi bagi Anda yang suka fitness. Jenis protein ini dianggap mampu meningkatkan massa otot. Tapi tahukah Anda, whey protein tidak hanya bisa didapat dari suplemen atau susu whey protein saja, namun juga dari beberapa sumber makanan.

4 makanan ini sumber whey protein terbaik

Pada umumnya, whey protein berasal dari susu dan berfungsi sebagai sumber protein lengkap yang menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Berbeda dengan kasein protein, whey protein dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh. Disamping suplemen fitnes whey protein, ada beberapa makanan yang merupakan sumber whey protein terbaik. Apa sajakah makanan-makanan tersebut

Keju Ricotta

keju ricotta makanan tinggi proteinKeju ricotta memiliki kandungan whey lebih banyak dari produk lainnya, karena keju ini terbuat dari whey protein. Selama proses pembuatan keju ini, dadih dipisahkan dengan whey. Selama bertahun-tahun, whey protein seringkali dijadikan limbah yang dibuang begitu saja dalam proses pembuatan beberapa makanan. Perbedaan utama keju ricotta dengan susu whey protein terletak dalam proses pembuatannya. Sekedar informasi, proses pembuatan susu whey protein menghilangkan kandungan gula dan lemak di dalamnya, sehingga susu whey protein lebih sehat. Oleh karena itu, jika Anda memilih keju ricotta sebagai sumber whey protein terbaik, pilihlah keju ricotta yang rendah lemak. Satu cangkir keju ricotta mengandung 28 gram protein.

Susu

susu makanan mengandung proteinSusu merupakan pilihan yang sempurna untuk merangsang pertumbuhan protein dalam tubuh. Susu mengandung 2 jenis protein, yakni kasein protein yang lambat dicerna dan whey protein yang lebih cepat dicerna. Susu sapi mengandung kurang lebih 80% kasein protein di dalamnya. Sementara itu, kandungan whey protein dalam secangkir susu sapi hanya 20%. Namun begitu, susu mengandung laktosa yang tinggi serta dapat menyebabkan alergi dan gangguan pencernaan. Menurut Muscle and Fitness, susu kambing mengandung protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh manusia. Kandungan hormon, pestisida, dan antibiotik dalam susu kambing juga lebih sedikit. Disamping itu, susu skim juga menyediakan 8 gram protein dalam setiap cangkirnya.

Yogurt

yogurt makanan berprotein tinggiYogurt diklaim sebagai salah satu makanan yang mengandung whey protein terbaik karena juga terbuat dari susu. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik atau bakteri flora alami yang berperan untuk memeliharan kesehatan usus dan pencernaan. Ketika diet, probiotik membantu proses penurunan berat badan secara alami karena dapat menyerap beberapa lemak tubuh dan dibuang selama proses pencernaan. Dalam satu cangkir yogurt rendah lemak mengandung 13 gram protein. Alternatif untuk menikmati yogurt adalah mengolahnya menjadi smoothie buah atau dikonsumsi dengan granola. Konon, Yogurt Yunani disebut sebagai sumber whey protein terbaik karena lebih banyak mengandung protein. Protein dalam satu cangkir Yogurt Yunani mencapai 18 gram.

Keju

keju makanan yang mengandung whey proteinHampir sebagian besar orang menyukai keju. Apapun jenis kejunya sudah pasti mengandung whey protein, karena makanan ini menggunakan bahan dasar susu. Akan tetapi, ada beberapa jenis produk keju yang dibuat dari enzim kasein yang mengenal, seperti keju cheedar, mozarella, dan keju swiss.

 

Artikel Terkait

Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Susu Whey

Susu Ngga Hanya Hewani Saja Lho

Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait