Ini Manfaat Memasak Makanan Anda Sendiri

Syarat mutlak untuk memulai gaya hidup sehat adalah dengan memasak makanan Anda sendiri. Pasalnya, makanan yang Anda masak sendiri tentu lebih higienis, bersih, dan sehat. Sayangnya, banyak orang yang ingin menerapkan cara hidup sehat, tapi masih enggan untuk memasak makannya sendiri. Untuk membangkitkan semangat Anda agar tidak malas dalam mengolah menu makanan buatan sendiri, berikut adalah beberapa manfaat positif dari memasak makanan sendiri.

Ini Manfaat Memasak Makanan Anda Sendiri

Makanan buatan sendiri lebih bergizi

Aneka masakan yang disajikan di restoran, terutama restoran cepat saji, sarat akan kalori, lemak, sodium, dan karbohidrat yang berlebih. Di samping itu, kandungan gizi dan menu makanan yang dijual di luar rumah belum diketahui jelas kandungan gizinya. Sementara itu, dengan menerapkan cara memasak makanan sehat di rumah, Anda dapat memilih bahan-bahan penting untuk menjalankan pola makan sehat. Tak hanya sampai di situ, Anda pun bisa mengontrol penggunaan garam, gula, dan minyak pada hidangan yang Anda masak sendiri.

Meningkatkan pengetahuan tentang makanan

Untuk memulai gaya hidup sehat, Anda perlu memperluas pengetahuan tentang makanan. Jadi, Anda tak hanya mengetahui bahwa makanan yang harus masuk ke perut adalah makanan yang enak saja. Anda harus memahami jenis makanan yang baik untuk kesehatan, menjadi penyebab suatu penyakit, atau menjaga kesehatan organ-organ tubuh tertentu. Dengan memiliki pengetahuan yang luas tentang makanan, Anda pun bisa berkreasi dalam membuat aneka makanan sehat sehari-hari.

Baca juga: Makanan Penurun Kolesterol dalam Menu Anda

jual multivitamin daya tahan tubuh murah dan lengkap

Nikmati makanan buatan sendiri                       

Percaya atau tidak, makanan buatan sendiri akan terasa lebih enak di lidah si pembuatnya. Walaupun rasanya kurang asin atau terlalu banyak lada, tetapi toh pembuatnya akan menyantapnya juga untuk menghargai dirinya sendiri. Selain menganut pola makan sehat, usahakan untuk menikmati makanan secara perlahan. Karena makan dengan cepat tanpa mengunyah itu tidak sehat dan dapat meningkatkan berat badan.

Tidak makan secara berlebihan

Meskipun Anda sudah memasak makanan sendiri, tetapi Anda harus tetap makan dalam porsi yang normal. Seenak apapun masakan Anda, ingat bahwa Anda sedang menjalankan gaya hidup sehat. Jadi, makanlah secukupnya dengan porsi yang tidak berlebihan. Bila perlu berhentilah makan sebelum kenyang.

Bangun gaya hidup sehat

Sudah menganut pola makan sehat, tetapi berat badan Anda tetap tidak menurun? Cobalah untuk membangun cara hidup sehat dalam kehidupan Anda sehari-hari. Selain membuat menu makanan sehat, Anda juga harus melakukan olahraga secara teratur, minimal 2-3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk menyusun daftar aneka masakan untuk beberapa hari ke depan. Menyiapkan daftar masakan dari jauh-jauh hari bisa membuat Anda lebih fokus dalam memilih jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Baca juga: Diet Gluten Free, Yuk!

jual suplemen pelangsing murah

Kebersihan makanan lebih terjamin

Makanan yang dijual di luar belum tentu bersih. Bahkan, menu makanan di restoran mahal sekalipun belum terjamin kebersihannya. Sementara itu, jika Anda memasak makanan sendiri, Anda bisa lebih memperhatikan kebersihan makanan yang akan dimasak. Bahkan, saat memilih bahan-bahan makanan di pasar atau supermarket, Anda bisa memilih bahan yang terbaik.

Lebih hemat dan ekonomis

Percayalah, bahwa memasak makanan sendiri jauh lebih hemat dibanding Anda membeli makanan di luar atau berlangganan catering eat clean. Berlangganan catering sehat memang tidak masalah, tetapi mengingat harga catering tersebut umumnya sangat mahal, maka sebaiknya Anda memasak hidangan sehat itu sendiri. Bahkan, Anda bisa menabung sisa uang Anda setelah belanja bahan-bahan makanan ini. Menarik, bukan?
Kembali ke blog

1 komentar

Ohe ohe mantap

farhan nanyo

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait